STRATEGI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA GURU DI MTS PERSIAPAN NEGERI HADUNDUNG KECAMATAN KOTA PINANG KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

Candra Wijaya, Achyar Zein, Ali Ahmad Rapi Tanjung

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Strategi perencanaan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan. 2) Strategi pelaksanaan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan. 3) Strategi pengawasan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan Tiga temuan yaitu: Hasil temuan peneltian adalah: 1) Strategi perencanaan kepala madrasah dalam mengembangkan sumberdaya guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan seperti untuk mengadakan program pelatihan untuk mengembangkan sumber daya guru untuk mewujudkan kualitas kerja guru yang profesional. 2) Strategi pelaksanaan kepala madsarasah dalam mengembangkan sumber daya guru bawasannya kepala sekolah melakukan rapat MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) kepada seluruh guru yang ada di madrasah tersebut. Kemudian kepala sekolah mengirimkan beberapa guru-guru dalam setiap tiga bulan sekali mengikuti pelatihan, pembina seperti worshop,diklat serta pembuatan RPP, silabus dan kurikulum 2013. Untuk mengembangkan dan pembinaan para guru-guru tersebut. 3) Strategi pengawasan kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kab. Labuhanbatu Selatan bahwasannya kepala sekolah dengan melakukan mengobservasi kelas dan melihat kondisi kelas dan kemudian kepala sekolah melakukan komunikasi dengan baik dengan para guru-guru dan kepala sekolah memberi pengembangan guru berupa pelatihan untuk kesejatraan guru.

Kata Kunci: Strategi, Manajemen, dan Guru

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amiruddin. Administrasi Pendidikan. Bandung: Cipta Pustaka. 2011.

Barret, Richard.Vocational Bussiness: Training, Developing and Motivating People. t.th. t.p.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya. 2010.

Griffin, R. Bussiness. New York: Prentice Hall. 2007.

Hadijaya, Yusuf. Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidik Efektif. Medan: Perdana Publishing. 2013.

Ismail, Mhd.Gade. Penelitian Kualitatif. Banda Aceh: Syiah Kuala. 1993.

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary. Management. New York: Prentice Hall. 2007.

Rochaety, Eti, dkk. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. 2010.

Rohiat. Manajemen Sekolah. Bandung:Refika Aditama. 2009.

Syafaruddin dan Asrul. Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Citapustaka Media. 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i1.8111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.