KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI SMU MUHAMMADIYAH 10 RANTAU PRAPAT

Candra Wijaya, Achyar Zein, Lahmudin Hasibuan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat, 2) Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat, 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan tiga temuan, yaitu: 1) Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat memimpin dan membina guru-guru melalui cara demokrasi, 2) Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat yaitu melalui pelatihan-pelatihan, pengarahan dan pembinaan terhadap guru-guru, 3) Adanya beberapa faktor yang mendukung dan menghambat gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat, yaitu kurangnya kepatuhan guru dalam mematuhi peraturan sehinggan memicu penghambatan sedangkan faktor pendukung yang bisa dijadikan acuan dalam meningkatkan gaya kepemimpinan adalah seringnya pelatihan-pelatihan atau seminar diadakan untuk meningkatkan profesionalitas guru.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kompetensi Profesionalisme


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. Organisasi dan Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2014.

Bakar, Rosdiana A. Dasar-Dasar Kependidikan. Medan: CV. Gema Ihsani. 2015.

Mesiono, Manjemen Organisasi. Bandung: Citapustaka Media Perintis. 2012.

Muhaimin. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah. Jakarta: Kencana. 2011.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Cet. X. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2009.

Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta. 2011.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group. 2013.

Shulhan, Muwahid. Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Teras. 2013.

Suriyati. “Kepemimpinan dan Peningkatan Profesionalisme Guru”. Jurnal Tarbiyah. Vol. 22, No. 1. 2015.

Syafaruddin. Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Cita Pustaka Media. 2015.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Press. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i1.8110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.