KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MTS AL WASHLIYAH PADANG MATINGGI

Candra Wijaya, Syamsu Nahar, Aliamsah Ritonga

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1)  Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al Washliyah Padang Matinggi; 2)  Bentuk-bentuk motivasi belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa di di MTs Al Washliyah Padang Matinggi; 3)  Faktor pendukung dan penghambat pada strategi kepala sekolah dalam meningkatkan Hasil Belajar belajar siswa di MTs Al Washliyah Padang Matinggi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan Tiga temuan yaitu: 1) MTs Al Washliyah Padang Matinggi bahwa semua melakukan motivasi terhadap siswa agar semangat belajarnya tinggi, akan tetapi ada guru yang sering melakukan itu, ada juga guru yang jarang melakukan itu; 2) bentuk-bentuk strategi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwasannya MTs Al Washliyah Padang Matinggi banyak bentuk motivasi yang dilakukan, seperti membuat program seperti: Membuat olimpiade untuk para murid, Membuat penilaian murid terbaik, Membuat penilaian siswa terajin, Pemilihan kelas terbaik setiap akhir bulan, Program sedekah terbanyak setiap minggu dan Program walikelas terbaik; 3) MTs Al Washliyah Padang Matinggi memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat pada strategi motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: Kepemimpinan dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2001.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1990.

Makmuri dan Mukhlas. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2012.

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1989.

Purwanto, Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2002.

R. Terry, George. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. 1982.

Soekarto dan Indrafachrudi. Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik. Jakarta: Ghalia Indonesia. 1994.

Suprapto, Johannes. Tehnik Pengambilan Keputusan. Jakarta:Rineka Cipta. 1991.

Sutomo. Manajemen Sekolah. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2007.

Wahjoesoemidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i1.8109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.