IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU

Candra Wijaya, Syamsu Nahar, Ahmad Azhar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pelaksanaan supervisi pengajaran di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, 2) Pelaksanaan fungsi-fungsi supervisi pengajaran di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, 3) Prestasi kerja guru di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, 4) Pelaksanaan supervisi pengajaran dalam meningkatkan prestasi kerja guru di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan empat temuan, yaitu: 1) Pelaksanaan supervisi pengajaran di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu sudah di rencanakan dan di laksanakan di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, 2) Pelaksanaan fungsi-fungsi supervisi pengajaran di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, melihat beberapa hal, yaitu: mengkoordinasi semua usaha sekolah; memperluas pengalaman guru-guru (pelatihan); memperlengkapi kepemimpinan sekolah, 3) Prestasi kerja guru di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu sudah terlaksana sesuai dengan indikator prestasi kerja guru yang harus dicapai, 4) Pelaksanaan supervisi pengajaran dalam meningkatkan prestasi kerja guru di SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu, dilaksanakan dengan berbagai cara, yaitu: penyusunan rencana pembelajaran; pelaksanaan interaksi proses belajar mengajar; penilaian interaksi peserta didik; pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar; pelaksana bimbingan dan penyuluhan; disiplin kerja; tanggung jawab dan loyalitas dalam tugas.

 

Kata Kunci: Supervisi, Pembelajaran, Prestasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfonso, R. J. Instructional Supervision. Boston: Allyn and Bacon. 1982.

Asrul. Pengaruh Pengawasan Kepala Madrasah dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Medan. Medan: Pusat Penelitian Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara. 2003.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid II. Jakarta: Lentera Abadi. 2010.

Haris, Ben. M. Supervisory Behavior in Education. New Jersey: Prentice Hall-englewood. 1975.

Huberman, A.M. dan Miles, M.B. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Baverly Hills: California Sage. 1984.

Neagley, Ross L dan Evans, N. Dean. Handbook for Effective Supervision of Instruction. New Jersey:Prentice Hall. 1980

Supardi. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2013.

Syafaruddin dan Asrul. Manajemen Pengawasan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media. 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i1.8108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.