IMPLEMENTASI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI PONDOK PESANTREN DARUS SHOLIHIN KECAMATAN RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU

Syamsu Nahar, Candra Wijaya, Ahyar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pola Komunikasi Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu; 2) Upaya Kepala Madrasah dalam mengefektifkan komunikasi di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu; 3) Faktor pendukung dan penghambat  apasajakah yang mempengaruhi proses Komunikasi Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu; 4) Kaitan Komunikasi Kepala madrasah dengan peningkatan mutu guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan Tiga temuan yaitu: 1) Implementasi komunikasi yang dilakukan antara kepala madrasah dengan staf berjalan dengan lancar, bersuasana baik, serta komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan komunikasi lisan dan tulisan. Dengan terjalinnya komunikasi tersebut antara kepala madrasah dengan staf untuk tercapainya tujuan yang sudah diharapkan dalam visi dan misi  Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu; 2) Implementasi komunikasi yang dilakukan antara kepala madrasah dengan guru berjalan dengan lancar, serta menggunakan komunikasi lisan dan tulisan. Terlihat pada rapat yang dilaksanakan pada setiap minggu yaitu pada hari Kamis, kepala madrasah dengan guru mempunyai kerja sama yang baik untuk menuntaskan kendala yang ada pada guru yang belum memenuhi standart pendidikan atau yang sudah, dan menangani kendala yang lain serta menyiapkan kewajiban sebagai seorang guru; 3) Implementasi komunikasi yang dilakukan antara kepala madrasah dengan pengawas berjalan dengan baik, dan dibangun melalui komunikasi langsung untuk dapat bekerja sama dalam menangani kendala yang dialami guru atau mengenai hal lainnya serta dapat mencapai tujuan yang terdapat dalam visi dan misi  Pondok Pesantren Darus Sholihin Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.

Kata Kunci: Implementasi, Komunikasi, Guru


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Danim, Sudarwan. Agenda Pembaharuan Sistem Pendididan, Yogjakarta: Pustaka Pelajar, Cet. 1. 2003.

Fatimah, Djailani, Khairuddin. Komunikasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMA Negeri 1 Geumpang Kabupaten Pidie, Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 3, No.4. 2015

Handoko, T. Hani. Manajemen: Edisi 2. Yokyakarta: BPFE Yogyakarta. 2009.

Herabudiman. Administrasi dan supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2009.

Mesiono. Manajemen & Organisasi, Bandung: Citapustaka Media Perintis.2012

Muhammad, Arni. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. 1992.

Mulyasa, E. Standara Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Rosdakarya. 2007.

Nasution, Ismahuddin. Penerapan Manajemen Mutu Guru di SMK-TI PRAYATNA 2 MEDAN, UIN Sumatera Utara. 2013.

Ruliana, Poppy. Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2014.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.

Sulistiya, Mukhamad. Pengaruh Kepemimpinan Kepala SekolahTerhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, Vol 1, No. 2. 2013.

Syafaruddin. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers. 2005.

_________. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan (Konsep, Strategi, dan Aplikasi), Jakarta: PT Grasindo. 2016.

Syahri, Putri. Implementasi Komunikasi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru di MTS Darul Ulum Budi Agung Kecamatan Medan Marelan Repository UIN Sumatera Utara. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i1.8106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.