IMPLEMENTASI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI UNTUK PENINGKATAN SELF EFFICACY SISWA KELAS 1 MAN 1 MEDAN

Saiful Akhyar Lubis, Neliwati, Ferizal

Abstract


Abstrak: Kecemasan yang dialami siswa ketika menghadapi pelajaran tertentu dapat timbul bukan
hanya disebabkan oleh beban yang dirasa bisa mengancam, tetapi juga dikarenakan bagaimana
persepsi siswa terhadap kemampuannya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan tersebut yang
merupakanself-efficacy. Peran guru pembimbing sangat penting, karena kebutuhan mereka harus
dipenuhi, seperti kebutuhan akan perhatian, bimbingan dalam menghadapi permasalahan belajarnya
sehingga lebih mampu dalam meningkatkan aktualisasi diri dalam aktivitas belajarnya. Apabila keadaan
ini tidak diberikan perhatian dan bimbingan maka bisa memberikan dampak pada diri siswa untuk
melakukan tindakan yang kurang baik seperti suka bolos dari sekolah, berkelahi dengan teman dan
sebagainya. Agar siswa dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan mampu mengarahkannya menjadi
individu yang berkembang secara optimal maka dibutuhkan suatu bantuan seperti diberikannya
bimbingan dan konseling di sekolah terutama dengan pembinaan belajar dengan memberikan layanan
penguasaan konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program bimbingan dan
konseling yang dilaksanakan, bagaimana implementasi layanan penguasaan konten dalam pembinaan
self efficacy, bagaimana peran implementasi layanan penguasaan konten dalam peningkatan self
efficacy, apa hambatan dan bagaimana upaya mengatasi implementasi layanan penguasaan konten
dalam peningkatan self efficacy siswa kelas I MAN 1 Medan. Penilitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data penelitian yang dilakukan
adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara
mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik penjamin keabsahan
data dengan cara kredibilitas, transferabilitas, defendabilitas dan konfirmabilitas.
Kata kunci: Layanan Penguasaan Konten, Self Efficacy

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Lubis, Saiful Akhyar.Konseling Islami dan Kesehatan Mental. Bandung: Citapustaka Media Perintis. 2011.

M. Luddin, Abu Bakar M. Luddin.Kinerja Kepala Sekolah dalam Kegiatan Bimbingan dan Konseling.

Bandung: Cita Pustaka Media Perintis. 2009.

Moleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2017.

Musnamar, Thohari. Dasar-Dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islami, Yogyakarta: UII Pres. 2002.

Nurfauziah.Kecemasan Siswa dalam Aktivitas Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2012.

Prayitno.Seri Layanan Konseling: Layanan L.1-L.9. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri

Padang. 2004.

Santrock, JW.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2001.

Tohirin.Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo

Persada. 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i4.6876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.