SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN AL-HAMIDIYAH SEI SIONGGOTON KECAMATAN SIMANGAMBAT KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

Abbas Siregar, Saiful Akhyar Lubis, Abd. Mukti

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Bagaimana sistem pendidikan di Pondok
Pesantren Al-Hamidiyah Kabupaten Padang Lawas Utara? 2) Apa saja faktor pendukung dalam
mengimplementasikan sistem pendidikan di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Kabupaten Padang
Lawas Utara. 3) Apa saja faktor penghambat dalam mengatasi sistem pendidikan di Pondok Pesantren
Al-Hamidiyah Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah
Pimpinan umum Pesantren Al-Hamidiyah Sionggoton, kepala madrasah, ustadz/ustadzah, dan beberapa
orang santri dan santriyah yang dapat memberikan informasi tambahan terhadap data-data yang
dibutuhkan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah
Kabupaten Padang Lawas Utara memiliki lima komponen sistem pendidikan, yaitu: Adanya tujuan
pendidikan, pendidik, peserta didik, kurikulum dan sarana dan prasarana. Pesantren Al-Hamidiyah
Sionggoton memiliki dua lembaga pendidikan, yaitu MTs Swasta Al-Hamidiyah Sionggoton dan MA
Swasta Al-Hamidiyah Sionggoton. 2) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan sistem pendidikan
di Pesantren Al-Hamidiyah Sionggoton Kabupaten Padang Lawas Utara di antaranya: pendidik
yang berkompeten, pengasuh yang bijaksana, pengurus yang tegas, sarana dan prasarana yang
memadai, lingkungan pondok yang nyaman, kemampuan pengasuh dalam menjalin hubungan dengan
pihak luar pesantren, pemimpin yang kuat dan bervisi, peraturan yang konsisten, kurikulum, meningkatkat
kualitas ekstrakurikuler, dan keorganisasian. 3) Faktor penghambat sistem pendidikan di Pesantren
Al-Hamidiyah Sionggoton di antaranya: kurangnya kesadaran peserta didik, Santri dan santriyah
yang tidak disiplin, adanya santri dan santriyah malas, Santri dan santriyah yang membawa elektronik,
dan latar belakang keluarga santri dan santriyah.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Daud, Muhammad Ali dan Habibah Daud,Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada, 1995.

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES,

Mas’ud, Abdurrahman, dkk.,Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Mastuhu,Dinamika Sitem Pendidikan Pesantren, Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan

Pesantren. Jakarta: INIS, 1996.

Putra, Haidar Daulay,Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta

: Kencana, 2009.

Qomar, Mujamil,Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2007.

Umar, Nasaruddin,Rethingking Pesantren. Jakarta: Elek Media Komputindo, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i3.6345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.