PENERAPAN METODE TAKRIR DAN MURAJA’AH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD YAYASAN PENDIDIKAN SHAFIYYATUL AMALIYYAH MEDAN
Abstract
study was conducted at the Medan Shafiyyatul Education Foundation Elementary School. The research
data was collected through observation, interviews, and document analysis. The results of the study
revealed that: 1) Planning of takrir and muraja’ah methods in learning the Qur’an in YPSA Elementary
School Medan began with teacher selection and training carried out for 2 months, determining the time
of learning, compiling memorization targets, preparing lesson plans according to the target memorization.
2) The process of applying takrir methods in Al-Qur’an learning begins with students listening to
the teacher’s reading several times, then following the reading. After memorizing, proceed to the next
verse. That is how the process is carried out until the memorization target or verse is about to be
memorized. While the process of applying for the Muraja’ah method starts in the morning, after completing
the midnight prayer in congregation and before the students go home guided by their homeroom
teacher. 3) The success of the application of the takrir and muraja’ah methods can be seen from the
results of the evaluations carried out every day after finishing memorization, mid semester and semester
assessments. Overall results show good results. 4) Obstacles to the application of the takrir and muraja’ah
methods in learning the Qur’an in YPSA Elementary School Medan are because there are still students
who have not been able to read the Qur’an properly and fluently, there are many of the same verses, less
versatile ‘ ah and also lack of time management.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Medan. Data penelitian
dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa: 1) Perencanaan metode takrir dan muraja’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD YPSA Medan
dimulai dengan seleksi dan pelatihan guru yang dilaksanakan selama 2 bulan, menentukan waktu pembelajaran,
menyusun target hafalan, menyusun RPP sesuai dengan target hafalan. 2) Proses penerapan metode
takrir dalam pembelajaran Al-Qur’an diawali dengan siswa mendengarkan bacaan guru beberapa kali,
kemudian mengikuti bacaan. Setelah hafal dilanjutkan ke ayat berikutnya. Begitulah seterusnya proses
yang dilakukan sampai kepada target hafalan atau ayat yang hendak dihafal. Sedangkan proses penerapan
untuk metode muraja’ah dimulai pagi hari, setelah selesai shalat zuhur berjama’ah dan sebelum siswa
pulang dengan dibimbing oeh wali kelasnya. 3) Keberhasilan penerapan metode takrir dan muraja’ah
dalam dapat dilihat dari hasil dari evaluasi yang dilakukan setiap hari setelah selesai hafalan, penilaian
mid semester dan semester. Hasil secara menyeluruh menunjukkan hasil yang baik. 4 ) Hambatan
penerapan metode takrir dan muraja’ah dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD YPSA Medan adalah karena masih terdapat siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan lancar, banyaknya
ayat-ayat yang sama, kurang muraja’ah dan juga kurang manajemen waktu.
Kata kunci : pembelajaran Al-Qur’an, Metode Takrir dan Metode Muraja’ah.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Achrom, M. Nur Shodiq.Pendidikan dan Pengajaran Al-Qur’an Sistim Qoidah Qiro’aty. Malang : Ponpes
Shirotul Fuqoha’, 2006.
Adhim, Abdul Said.Nikmatnya Membaca Al-Qur’an. Solo : Aqwam, 2013.
Ahmad, Hasan Bin,Kitabul Al-Tashrif Jilid I. Surabaya : Raihan Bangil, t.t.
Al-Rasyidin.Falsafah Pendidikan Islam. Medan : Citapustaka Media Perintis, 2015.
Az-Zawawi, Yahya Abdul Fattah,Metode Praktis Cepat Hafal AlQur’an (Solo: Pustaka Iltizam 2013).
Hamalik, Oemar,Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta : Bumi Aksara, 2013).
Hidayat, Adi, Muslim Zaman Now : 30 Hari Hafal Al-Qur’an (Jawa Barat : Institut Quantum Akhyar,
.
Ma’arif, Mudhawi.sahabatqurancom.blogspot.com/2015/.../langkah-langkah-dasar-menghafal-al-quran
(di akses tanggal 15 Oktober 2018).
Makyaruddin, D.M,Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Qur’an (Jakarta : Naura Book, 2013).
Munawir,Kamus Al-Munawir (Yogyakarta: Pustaka Progressif, 1984).
Qosimi, Hafizh, Abu Hurri, Cepat dan Kuat Hafal Juz’amma (Solo: Al Hurri.Al-laahim, 2010).
Rauf, Abdul Aziz,Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur’ân Da’iyah (Bandung: Syamil Cipta Media, 2004).
Sa’dullah,Cara Praktis Menghafal (Jakarta : Pustaka Amani 2010).
Uma,Dokumen sekolah, Senin 19 Nopember 2018.
Wirianto, Dicky. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. XIII no. 1.Metode taqrir sebuah pendekatan yang Menyenangkan,
Agustus 2012 (di akses 30 Nopember 2018).
Zawawie, Muchlisoh,P-M3 Al-Qur’an Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal AlQur’an (Jakarta
: Al-Hikmah 2011).
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i2.5544
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.