POLA PENDIDIKAN AGAMA DAN KARAKTER BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB NEGERI 0577704 KWALA BINGAI KEC. STABAT, KAB. LANGKAT

Handriyatul Akhbar, Mardianto, Rusydi Ananda

Abstract


Abstrak: Tunagrahita merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut anak atau orang yang
memiliki kemampuan intelektual di bawah ratarata atau bisa juga disebut dengan retardasi mental.
Anak tunagrahita ini fungsi intelektualnya yang lamban, yaitu IQ 70 ke bawah berdasarkan tes
intelegensi baku. Pola Pendidikan Agama Islam adalah Model yang digunakan untuk proses memasukkan
nilai-nilai Agama Islam pada diri peserta didik untuk mencapai tujuan yang mengarah kepada ketaqwaan
dan akhlakul karimah sehingga membentuk pribadi yang sempurna, bertanggung jawab, dan baik
dalam setiap perbuatan yang dilakukannya. Sedangkan Pendidikan Karakter dimaknai sebagai
cara berpikir dan berprilaku yang khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama baik dalam
lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
pola pendidikan agama dan karakter bagi anak tunagrahita di SDLB Negeri Kwala Bingai. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa
observasi,wawancara, dan studi dokumentasi dengan menitik beratkan sumberdata informasi yaitu:
kepala sekolah dan guru Agama Islam, untuk mengokohkan keabsahan data yang di peroleh. Dari
hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi diperoleh hasil bahwa Pola pendidikan agama
bagi siswa tunagrahita berjalan dengan baik disana guru menggunakan pola pembiasaan dan pola
intruksi satu arah. Guru sangat memperhatikan dan melakukan pendekatan perindividu ada beberapa
hal yang harus diperhatiakan untuk merangsang perhatian mereka yaitu menenamkan kepatuhan,
melakukan kontak mata langsung perindividu, Selain itu ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan
bagi guru dalam proses pembelajaran, yaitu menggunakan suara jelas dan keras, pemberian instruksi
jelas, singkat dan menggunakan bahasa yang sederhana. yang paling berperan menanamkan pendidikan
karakter adalah guru agama adapun nilai yang ditanamkan seperti nilai religi, nilai kejujuran, social,
tanggung jawab dan tolong menolong.
Kata Kunci : Pola Pendidikan, Tunagrahita Dan Karakter

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alim, Muhammad, pendidikan agama islam upaya pembentukan pemikiran dan kepribadian muslim,

Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Ali, Zainudin, dkk.Pendidikan agama islam Kontenporer, Jakarta:Yamiba, 2015

Arismantoro.Character Building: Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter, Yogyakarta: Tiara Wacana,

Darninta, Purwa, Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta: Balai Pustaka, 2001

Direktorat Pendidikan Luar Biasa.. Pedoman Umum PenyelenggaraanPendidikan Inklusif. Jakarta:

Dirjendikdasmen, 2004,

Kemis, Ati Rosnawati, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita, Jakarta: Luxima Metro

Media, 2013,

lampiran peraturan kemdikbud. / bpnbambon/ 2014/ 06/ 06

Meria, Aziza, Model Pembelajaran Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita, Di SDLB YPPLB Padang

Sumatera Barat, Vol. 11, No. 2 Th,.2015

Muhaimin,Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2004, Cet III,

Misnatun, Pola Pembentukan Karakter Anak Melalui Pendidikan Ramah Anak Dalam Perspektif Pendidikan

Islam ,Vol. 5, No. 2,Th, 2016

Nazarudin,Managemen Pembelajaran (ImplementasiKonsep Karakteristik dan Metodologi Pendidikan

agama islam di Sekolah Umum), Jogjakarta: Teras, 2007,

Pidarta , Made,Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: PT

Rineka Cipta, 2014, Cet. III

Purwadarninta,Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2001

Somantri, T. Sutjihati, Psikologi Anak Luar Biasa,Bandung: PT. Refika Aditama, 2017

Tri Na’imah, dkk, Pendidikan Karakter Untuk Anak Berkebutuhan Khusus , Studi Relasi Gender

Pada Keluarga Yang Memiliki Anak Tuna Grahita Ringan, Vol 1, No.1, Th, 2015

Warsono, dkk,Kebudayaan. kemdikbud.go. id mengutip Jack Corley dan Thomas Philip ,2000

Yosiani, Novita, Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar Di Sekolah

Luar Biasa, Vol. 1, No. 2 .Th, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.