PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 17 MEDAN

Sarfika Saragih, Ali Imran Sinaga, Mardianto

Abstract


Abstract: This study attempts to (1) make and depelove of multicultural based teaching materials PAI about
matter tolerance and appreciate differences, (2) described a study results and response of students about that,
(3) to know a results effective for that. Using method research and development (R & D), refers to Borg and
Gall models. Subject trial consisted of material experts, design experts, PAI teachers, students of class IX-3 at
School, individual trials (3 students), small group trials (9 students), limited field trials (30 students). Data
about a quality of development this collected by questionnaire. The results of the study indicates: (1) material
expert validation includes aspects of eligibility content with an average of 87.5% with the criteria of “very
good” the feasibility aspect of presentation with an average of 80.35% with the criteria “good”, language
aspects 80.35% with the criteria “good”. (2) validation of design experts with an average of 83.62% with the
criteria of “good”. (3) the responses data PAI teacher with an average of 82.35% with the criteria of “good”,
(4) individual trials with an average of 84.72% with “very good criteria, small group trials with an average of
84.25 with the criteria of” very good “, limited field trials with an average of 95.83% with criteria for “very
good”. this proves that multicultural based PAI teaching materials development is appropriate for use in
learning matter Q.S. Al-Hujurat/49: 13 about tolerance and appreciate differences and hadiths related for the
students of class IX-3 at Public Junior High School 17 Medan.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan dan menghasilkan Bahan Ajar PAI berbasis multikultural,
(2) mendeskripsikan hasil belajar dan respon siswa terkait dengan Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis
Multikultural, (3) mengetahui hasil efektivitas Bahan Ajar PAI Berbasis Multikultural yang dikembangkan pada
materi Toleransi dan Menghargai Perbedaan pada siswa kelas IX-3 SMP Negeri 17 Medan. Metode penelitian
yang digunakan Research and Development (R&D) model Borg dan Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli
materi, ahli desain, guru PAI, dan siswa kelas IX-3, perlakuan uji coba yaitu uji coba perorangan (3 siswa), uji
coba kelompok kecil (9 siswa), uji coba lapangan terbatas (30 siswa). Data tentang kualitas produk pengembangan
dikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi aspek
kelayakan isi dengan rata-rata 87,5% dengan kriteria “Sangat Baik”, aspek kelayakan penyajian dengan ratarata
80,35% dengan kriteria “Baik”, aspek bahasa 80,35% dengan kriteria “Baik”, (2) validasi ahli desain
dengan rata-rata 83,62% dengan kriteria “Baik” (3) data tanggapan guru PAI dengan rata-rata 82,35% dengan
kriteria “Baik” (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 84,72% dengan kriteria “Sangat Baik, uji coba
kelompok kecil dengan rata-rata 84,25 dengan kriteria “Sangat Baik”, uji coba lapangan terbatas dengan ratarata
95,83% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hal ini membutikan bahwa pengembangan bahan ajar PAI
berbasis multikultural layak digunakan pada pembelajaran materi Q.S. Al-Hujurat/49: 13 tentang Toleransi
dan Menghargai Perbedaan dan hadits terkait di kelas IX SMP Negeri 17 Medan.
Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Pendidikan Agama Islam, Berbasis Multikultural

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Achmadi. 2005.Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Afif, Ahmad. Model Penngembangan Pendidikan Islam Berbasis Multikultural. Jurnal Tadris Volume 7

Nomor 1, Juni 2012.

Alismail, Halah Ahmed. 2016.Multicultural Education: Teachers’ Perceptions and Preparation. Journal of

Education and Practice, Vol.7, No.11.

Arifin. 1991. Ilmu Pendidikan Islam, cet. I. Jakarta: Bumi Aksara

Arifudin, Iis.Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan:

Insania/Vol.12/No.2/Mei Agustus 2007.

Arifin, H.M. 1976.Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Ar Rasyidin,Falsafah Pendidikan Islami. Bandung: Cita Pustaka, 2008.

Azhari Kamal Tarigan. 2018.Strategi Membumikan Akhlak Bagi generasi Millineal (Bagian I). Waspada:

Jum’at 19 Oktober.

Banks, J.A. 1989.Approach to Multicultural Curriculum. Trotter Review Vol 3.

Banks, J.A. 1993.Multicultural Education: Development, Dimensions, and Challenges. Phi Delta Kappan

Vol 75 No. 1.

Bahan Pelatihan Penguatan metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk

Daya Saing dan Karakter Bangsa, Oleh Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian

dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010.

Hasan Langgulung. 1988.Asas-Asas Pendidikan Islam. cet. II. Jakarta: Pustaka Al-Husna

Ibrahim, Rustam. 2013.Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan relevansinya dengan Tujuan

Pendidikan Islam. Addin, Vol. 7, No. 1, Februari.

Jalaluddin. 2016.Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Kawuran, Sekar Purbarini. 2009.Handout Pendidikan Multikultural. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas

Yogyakarta.

Lestari. 2013.Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akdemia.

Mahfud, Choirul. 2016.Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul. 2011.Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Mardianto dan Fridiyanto. 2018.Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Penelitian: Suku, agama,Ras

Gender, Urban. Yogyakarta: CV. Gre Publishing.

Marimba, Ahmad D. 2017.Pengantar Fisafat Pendidikan Islam. Bandung: Al Ma’arif.

Moleong, Lexy J. 2014.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Misrawi, Zuhairi. 2017.Alquran Kitab Toleransi. Jakarta: Pustaka Oasis

Munawwir, Ahmad Warson. 1984. Al-Munawir: Kamus Arab-Indonesia. Yogyakarta.

Muliadi, Erlan. 2012. Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Sekolah.

Jurnal Pendidikan Islam: Volume I, Nomor 1 Juni.

Nana, Sukma. 2015.Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Nata, Abuddin. 2010.Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Nata, Abuddin. 2016.Pendidikan Dalam Perspektif Alquran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Permendikbud No. 37 tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum

pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Prastowo, A. 2015.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar novatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka.

Ramayulis. 2015.Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis. 2002.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Salim danSyahrum. 2007. Metodologi Peneltian Kualitatif. Bandung: Cita Pustaka Media.

Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sustiawati, Ni Luh. 2011.Kontribusi Seni Tari Nusantara dalam Membangun Pedidikan Multikultural. Mudra

. Jurnal Seni Budaya: Volume 26, Nomor 2, Juli.

Suparman, Heru. 2017.Multikultural dalam Perspektif Alquran. AL QUDS: Jurnal Studi Al Quran dan Hadis

vol. 1, no 2.

Suryana, Yaya dan A. A. Rusdiana. 2015.Pendidikan Multikultural. Bandung: CV Pustaka Setia.

Tilaar, H.A.R. 2004.Multikulturalisme Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam transformasi Pendidikan

Nasional. Jakarta: PT. Grasindo.

Tonbuloglu, B dkk. 2016.Theacer’s Awareness of Multicultural Education and Diversity in School Setting.

Eurasian Journal of Educational Research, Issue 64.

UU Nomor 2 tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanl . Pasal 1 Ayat 1.

UU Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1 Ayat 1.

UU Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008. Tentang Penghapusan Diskriminasi ras dan etnis. Pasal 1

Walter Borg and M.D. Gall. 1983.Educational Research and Intrudaction. New York: Loongman.

Zamroni. 2011.Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i1.4161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.