IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU BERSERTIFIKASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PEMATANG SIANTAR
Abstract
kepribadian jujur guru bersertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri Pematang Siantar.? 3) Bagaimana kompetensi
kepribadian menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat guru bersertifikasi terhadap peningkatan
kompetensi guru dalam mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Pematang Siantar.? Metodologi penelitian
ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Kompetensi Kepribadian Beriman
dan Bertakwa Guru Bersertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri Pematang Siantar. Bahwa bertakwa, ramah,
energik, jujur, objektif dan berakhlak mulia, memiliki rasa ikhlas, merasa tanggungjawab dan dalam
memberikan ilmu kepada siswa/i, saling bekerja sama dalam kekeluargaan, mantab dan stabil. Guru
tepat waktu, harus menjalankan tugas dengan benar dan tanpa pamrih, walaupun harus mengorbankan
kepentingan pribadi. Disiplin menjalankan tugas sebagai seorang guru, bekerja keras, bersungguh-sungguh
dan hidup teratur dalam memanfaatkan waktu, ikhlas dalam arti apa yang dikerjakan kerana Allah.
Bekarja sebagai ibadah yang nantinya akan kita pertanggung jawabkan kepada Allah Swt, merupakan
kompetensi kepribadian beriman dan bertakwa. 2) Komptensi Kepribadian Jujur Guru Bersertifikasi di
Madrasah Aliyah Negeri Pematang Siantar. Bahwa kompetensi kepribadian jujur sangat tertanam pada
diri induvidu guru yang bersertifikasi, yakni terlihat pada datang kemadrasah dan pulang dari madrasah
sesuai dengan peraturan yang sudah disepakati, serta saat pemberian nilai mata pelajaran sesuai dengan
hasil evaluas/ujian dari siswa. Guru dilarang mengkatrol nilai yang rendah menjadi tinggi. 3) Kompetensi
Kepribadian Menjadi Teladan Bagi Peserta Didik dan Masyarakat Guru Bersertifikasi Terhadap Peningkatan
Kompetensi Guru Dalam Mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Pematang Siantar. Kompetensi kepribadian
menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat guru bersertifikasi terhadap peningkatan kompetensi
guru dalam mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Pematang Siantar Yang utama yang harus dilakukan
pendidik adalah memberikan contoh (tauladan) yang baik. Kepribadian pendidik yang matang akan
mampu menjadi model dan tauladan yang baik bagi siapapun khususnya siswa, karena pendidik harus
mampu menampilkan kepribadian yang menarik.Memiliki sikap yang terpuji dan berakhlak yang baik
sebagai pribadi seperti santun, jujur, amanah, disiplin dan kerjasama.
Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Pelaksanaan dan Sertifikasi
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Achmad, Sanusi,Pendidikan Profesi Keguruan Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif, (Bandung, Pustaka
Setia, 2015)
Ananda, Arif Firdausi, Amat Mukhadis, Andoko,Teknologi dan Kejuruan, VOL. 33, NO. 1, Pebruari 2010
Aqib, Zainal,Menjadi Guru Professional Berstandar Nasional, (Bandung: Yrama Widya, 2009)
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah,Ruh Al-Islam, Mathba’ah Lajnah Al-Bayan Al- ‘Arabi, 1964. Terjemahan
oleh Syamsuddin Asyrofi, Achmad Warid Khan, dan Nizar Ali,Beberapa Pemikiran Pendidikan
Islam, Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 1996
Creswell, John W.Research Design; Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, Cet. II Edisi IV
penerjemah Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari (Yogyakarta: Putaka Pelajar, 2017)
Departemen Pendidikan Nasional,Undang-undang RI. Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional beserta Penjelasannya, (Bandung: Fokusmedia, 2003)
Daradjat, Zakiah,Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)
DEPDIKNAS. RI,Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional: Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Guru dan
Dosen (Yogyakarta: Media Wacana, 2003).
Himpunan Peraturan Perundang-undangan,Undang-undang Guru dan Dosen, (Bandung: Fokusmedia, 2009)
Hidayatullah, Furqon,Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. (Surakarta: Yuma
Pustaka, 2009)
Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2002)
Ibrahim, Farid Wajdi, “Upaya Mewujudkan Pendidikan Islami Sebagai Bagian Pelaksanaan Syariat Islam di
Aceh,” dalam Islamic Studies Journal, vol. 2, no. 1, Juli-Desember 2012)
Kamus Besar Bahasa Indonesia., Versi Offline.
Kunandar,Guru Pofesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam
Sertifikasi Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014)
Muzahiri, Husai,Pintar Anak, (Lentera Basrirama, Jakarta, 1999)
Peraturan Menteri Agama RI Nomor 6 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Islam Pada
Sekolah Bab VI Pasal 16 Ayat 3.
Rimang, Siti Suwadah,Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna, (Bandung: Alfabeta, 2011)
Sunarto dan Ny, B. Agung Hartono, “Perkembangan Peserta Didik”, Jakarta: Rineka Cipta, 2008)
Sudarmanto,Kinerja dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
.
Subarsono,Analisis Kebijakan Publik (konsep. teori dan aplikasi), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)
Syafri, Ulil Amri,Pendidikan Karakter berbasis Al-Qur’an, (Jakarta: Rajawali Press, 2012)
Trianto, dan Titik T.T.,Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan
(Jakarta: Prestasi Pustaka, 2006)
UU Guru dan Dosen No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 8
Yusuf, Syamsu, dan Achmad Junantika Nurihsan,Teori Kepribadian, (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya,
Wahab, Solihin Abdul,Analisis Kebijakan : Dari Formulasi ke. Implementasi Kebijakan Negara, Edisi Kedua,
(Jakarta:Bumi Aksara, 2008)
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.