NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM ALQURAN SURAH AL-LAHAB (STUDI ANALISIS TAFSIR AL-QURAN)
Abstract
al-Lahab and the application of educational values to the surah al-Lahab in the world of education. The
research methodology carried out by the author here is by using the library (library research) The results of
this study indicate some of the educational values contained in the surah al-Lahab globally, namely
aqidah and akhlak education. Among the values of education that are understood, namely the educational
value of faith/creed which is the form of disbelief and belie the truth, and reject the religion brought
by the Prophet Muhammad will be able to bring a person into hell, instead someone who obeys and
believes in the end and day of vengeance will become a group of believers and enter into heaven. The value
of moral education that can be concluded is: the obligation to protect themselves from despicable qualities
including the nature of evil, jealousy, the nature of spreading slander which is not true, and envy of humans.
And is obliged to take care of yourself from the fire of hell such as happy to spread bad traits,
eventually going back to yourself, then still keeping the family from the characteristics that bring about the
wrath of Allah Almighty. Implicitly the surah al-Lahab contained educational values which were concluded
among others; 1) the value of moral and attitude coaching, 2) the concept of achieving wealth and
learning towards the blessing of Allah swt, 3) avoiding the nature of slander.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja nilai-nilai pendidikan dalam Alquran
pada Q.S. al-Lahab dan aplikasi nilai-nilai pendidikan pada surah al-Lahab dalam dunia pendidikan.
Metodologi penelitian yang dilakukan penulis disini dengan menggunakan kepustakaan (library research).Hasil
penelitian ini menunjukkan beberapa nilai pendidikan yang terdapat dalam surah al-Lahab secara global
yaitu pendidikan akidah dan akhlak. Di antara nilai pendidikan yang dipahami, yaitu nilai pendidikan
keimanan/akidah yaitu bentuk kekafiran dan mendustakan kebenaran, dan menolak agama yang dibawa
Nabi Muhammad saw akan dapat membawa seseorang terseret masuk ke dalam neraka. Nilai pendidikan
akhlak yang dapat disimpulkan yaitu: kewajiban untuk menjaga diri dari sifat-sifat tercela di antaranya
sifat ba!il, sifat iri dengki, sifat menyebar fitnah yang tidak benar kebenarannya dan iri hati terhadap
manusia. Dan diwajibkan untuk menjaga diri sendiri dari api neraka seperti senang menyebar sifat buruk,
pada akhirnya akan kembali kepada diri sendiri, kemudian tetap menjaga keluarga dari sifat-sifat yang
mendatangkan kemurkaan Allah swt. Secara implisit surah al-Lahab terdapat nilai-nilai pendidikan yang
disimpulkan antara lain; 1) nilai pembinaan moral dan sikap, 2) konsep meraih harta dan menuntut ilmu
menuju ridha allah swt, 3) menjauhi dari sifat fitnah.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Islam, Surah al-Lahab, Alquran
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anshari, Muhammad Fazlurrahman.Konsepsi Masyarakat Islam Modern. Bandung: Risalah, 1984.
Amin, M. Syukur.Pengantar Studi Islam. Semarang: Pustaka Nuun, 2010.
Al-Qaradhawi, Yusuf.Al-Iman Wa Al-Haya, dalamPustaka Pengetahuan Alquran, Jilid I. Jakarta: Rehal
Publika, 2007.
Ahmadehirjin, Moh., Alquran dan Ulumul Quran (Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Primayasa, 1998.Al-
Shalih, Shubhi, Mabahia fi ‘Ulumul Qur’an. Beirut: Dar al-‘Ilm Al-Malayyin, 1985.
Al-Munawar, Said Agil Husin. Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta:
Ciputat Press, 2005.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1997.
Darajat, Dzakiyah.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Darajat, Zakiyah.Ilmu Pendidikan Agama Isla. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Hisham, Ibn.Siratu al-Nabiy li Abi Muhammad ‘Abd al-Malik bin Hisham. Juz II,Mesir: Dar al-Sahabah li
al-Turath, 1995.
Isma’il, Abu al-Fida’i Ibn ‘Umar Ibn Kasòir.Tafsir al-Qur’an al-‘Azòòim, ed. Sami´ Ibn Muhòammad Salamah,
Jilid IV, t.t.p. : Dar Tòayyibah li al-Nasòr wa al-Tauzòi’, 1999.
Khon, Abdul Majid,Hadis Tarbawi, Jakarta: Karisma Putra Utama, 2013.
Langgulung, Hasan,Asas-Asas Pendidikan Islam, cet. II. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992.
Manzur, Ibnu,Lisân al-‘Arab. Beirut: Dar Sadir, t.t.
Maslikha. Ensiklopedia Pendidikan. Salatiga: STAIN Salatiga Press, 2009.
Munawwir, Ahmad Warson,Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia. Yogyakarta: TP. 1984.
Muhammad, Abu Abdullah bin ‘Isma’il al-Bukhari.Sahih al-Bukhari, Juz VI. t.tp: Dar Tuq al-Najah, t.t.
Muhammad, Syeikh bin Salih al- ‘Uthaimin.Tafsir Juz ‘Amma. Riyad: Dar Ibn al-Jauzy, t.t.
Qaththan, Manna’ Khalil.Mabahia fi ‘Ulum Al-qur’an. Riyadh: Mansyurat Al-‘Asr Al-Hadis, 1973.Qardhawi,
Yusuf. Konsep Kaidah Dalam Islam. Surabaya: Central Media, 1993.
Ramayulis.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Muliah, 2002.
Subagyo, Joko.Metodologi Penelitian: Teori dan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta, 1991.
Syafaruddin. Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umat. Jakarta: Hijri Pustaka Utama,
Tim Penyusun,Ensiklopedi al-Qur’an Dunia Islam Modern. Yogyakarta: Dana Sakti Primayasa, 2005.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta:
CV. Eka Jaya, 2003.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yogyakarta: Buku Obor, 2008.
Zahuw, Abu. Muhammad. Al-Hadisu Wal Muhadditsun. Mesir: Al-Malikatu Al-‘Arabiyah As-Saudiah,
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i4.4071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.