IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGAMALAN THARIQAT NAQSABANDIYAH DI PANTAI CERMIN

Mayudin, Achyar Zein, Edi Saputra

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan meneliti tentang: Bagaimana Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Islam
dalam Pengamalan Thariqat Naqsabandiyah di Pantai Cermin.? Bagaimana Kontribusi Thariqah Naqsabandiyah
terhadap Pendidikan Islam di Pantai Cermin? Bagaimana Korelasi Thariqah Naqsabandiyah dalam Pengamalan
Pendidikan Islam di Pantai Cermin? Metodologi penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berfokus
kepada wawancara dan penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1).
Ketika suatu ajaran sudah tertanam di dalam hati seseorang maka mereka tidak akan berani melanggar
atau mengingkari apa yang sudah diyakininya yang akan menjadi suatu prinsip yang menjadi suatu jalan
agar selalu dekat dengan Allah, apalagi pengikut Tarekat Nagsyabandiyah semuanya melalui proses bai’at.
Seperti halnya dzikir wajib ketika mereka tidak bisa mengamalkan seperti biasanya maka harus diganti di
waktu yang lain dan itu merupakan hutang kita kepada Allah, dengan begitu kita akan selalu konsisten
dalam beribadah karna Allah selalu mengawasi kita dan tidak luput dari pengawasannya. dan dalam
pengamalan dikehidupan sosial diharapkan manusia selalu berbuat baik kepada sesama, menciptakan
kerukunan dan keharmonisan di lingkungan masyarakat, sehingga menjadi indufidu yang mempunyai
akhlak yang baik (akhlak kepada Allah Swt, mursyid, sesama teman sejawat, diri sendiri, hewan, tumbuhan
dan lingkungan sekitar) serta etika yang baik. 2). Nilai-nilai pendidikan Islam terdapat dalam ajaran
Tarikat Naqsyabandiyah terdapat dalam makna maqamat yaitu tingkatan ruhani untuk mendekatkan diri
kepada Allah Swt. Nilai-nilai maqâmat yang terkandung pada pendidikan Islam tersebut adalah, Zuhud,
Wara’, Fakir (faqr), Sabar, Tawakkal, Riha. Maqâmat merupakan arah dari tujuan pendidikan Islam. 3).
Pelaksanaan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Tarekat Naqsyabandiyah mulia diawali dengan taubat
yaitu kesadaran akan semua kesalahan baik kepada Allah Swt. Nilai-nilai dalam ajaran tarikat merupakan
proses pengalaman yang terintegrasi dalam pola kehidupan sehingga dapat tumbuh dan berkembang
secara spontan untuk mendorong perilaku yang membawa kebaikan.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Sufisme dan Tarekat Naqsabandiyah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aboebakar,Pengantar Ilmu Tarekat (Solo, Ramadhani, 1996)

Al-Abrasyi, M. Athiyah,Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1970)

Arifin, Disertasi,Sistem Pendidikan Rohani Tarekat Sammaniyah Majelis Taklim Ihya Ulumuddin Medan

(Medan: Pascasarjana UIN Sumatera Utara, 2018)

As, Asmaran,Pengantar Studi Tasawuf (Jakarta: PT RajaGraindo, 1996)

—————————,Tarekat-Tarekat di Kalimantan Selatan, Jurnal Al Banjari Vol. 12, No.2, Juli 2013

Achmadi,Ideologi Pendidikan Islam, Paradigma Humanisme Teosentris, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)

Al-Attas, Naquib,Konsep Pendidikan Islam. (Bandung: Mizan,1984)

Bruinessen, Martin van,Tarekat Naqsabandiyah di Indonesia (Bandung: Mizan, 1996)

Daradjat, Zakiah,Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Departemen Agama Republik Indonesia,Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta, 1985)

Daulay, Haidar Putra, dan Nurgaya Pasa, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah (Jakarta: Kencana,

——————————————,Kapita Selekta Pendidikan Islam (Medan: Perdana, 2012)

Faisal, Yusuf Amir,Reorientasi Pendidikan Islam (Jakarta : Gema Insani Press,1995)

https://id.wikipedia.org/wiki/Tarekat (diakses pada 19 Desember 2017)

https://www.kompasiana.com/agusprasetyo/pendidikan-nilai-definisi-nilai-menurut-beberapatokoh_

d5be3a333119f1e2e3cf2 (diakses pada 19 Desember 2017)

https://id.wikipedia.org/wiki/Tarekat_Naqsyabandiyah (diakses pada 19 Desember 2017)

Hafiz,Indonesia Negara Dengan Aliran Tarekat Terbanyak Di Dunia, dalam http:/www.nu.or.id.post.read.indonesia

(diakses pada 19 Desember 2017)

Isna, Mansur,Diskursus Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2001)

Jumantoro, Totok,Kamus Ilmu Tasawuf (Wonosobo: Amzah, 2012)

Kaelan,Pendidikan Pancasila, (Yogyakarta: Paradigma, 2008)

KBBI Offline Versi 1.3, Freeware@2010-2011 by Ebta Setiawan.

al-Kurdi, Muhammad Amin,Al-Mawahib as-Sarmadiyah fi Manaqib an Naqsyabandiyah (Kairo: ttp, tt)

Mujieb, M. Abdul, dkk.,Ensiklopedia Tasawuf Imam Ghazali (Jakarta: Hikmah, 2009)

Muhaimin,Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Cet.

Ke-4, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)

Nur, Djamaan,Tasawuf dan Tarekat Naqsyabandiyah, (Medan: USU Press, 2004)

Nasution, Harun,Islam di Tinjau Dari Beberapa Aspeknya (Jakarta, UI Press, 1986)

An Nawawi, Abdurrahman,Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, (Jakarta: Gema Insani

Press, 1995)

Pawestri, Zuni,Pembelajaran PAI dalam Kerangka Pendidikan Nilai, Khamdan (ed.),Strategi Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam di Sekolah, cet. ke-1(Yogyakarta: Idea Press, 2012)

Purwadaminta, W.J.S.,Kamus Umum bahasa Indonesia (Jakarta; Balai Pustaka, 1999)

Al Rasyidin,Falsafah Pendidikan Islam Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan aksiologi Praktik

Pendidikan (Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2008)

Roqib, Moh.Ilmu Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat

(Parangtritis: Lkis, 2009)

Ramayulis dkk,Dasar-dasar Kepribadian,(Padang: Zaky Press Center, 2009)

———————,Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta: KALAM MULIA, 2012)

———————,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta Pusat: Kalam Mulia, 1998)

Setiadi, M. Elly,Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Jakarta: Kencana, 2006)

Siddik, Dja’far,Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Citapustaka, 2011)

Siregar, L Hidayat,Tarekat: Doktrin dan Sejarah (Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2008)

Simuh, Tasawuf dan Perkembangannya Dalam Islam (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1997)

Said, A Fuad,Hakikat Tarikat Naqsyabandiyah (Jakarta: Pustaka Alhusna Baru, 2005)

Smith, Muhammad b. Zein b.Ghayah al-Qashd wa al-Murad (Beirut: Dar Ihya al-Kutub al-‘Arabi, tt.)

Al-Syaibani, Oemar Muhammad al-Thoumy,Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, (Jakarta:

Bulan Bintang, 1979)

Suharyanta,Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam KTSP, Khamdan (ed.),Analisis Kebijakan

Pendidikan Islam (Yogyakarta: Idea Press, 2012)

Siraj, Said Agil,Tasawuf Sebagai Krisis Sosial Mengedepankan Islam Sebagai Inpirasi Bukan Aspirasi,

(Bandung: PT Mizan Pustaka, 2006)

Thoha, M. Chabib,Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)

Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Cet. 10 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)

Trimingham, J. Spencer,The Sufi orders in Islam (London: Oxford University Press, 1971)

Uhbiyati, Nur, dan dan Abu Ahmadi,Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: CV. Pustaka Setia, 1997)

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003, Bab VI Bagian Kelima Pendidikan Nonformal Pasal 26 ayat 4.

Zahri, Mustafa,Kunci Memahami Ilmu Tasawuf (Surabaya, PT. Bina Ilmu, 1995)

Zuhairini,et. al. Filsafat pendidikan Islam (Jakarta : Bina Aksara, 1995)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i4.4070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.