Peran Guru Sebagai Murabbi Dalam Perspektif Islam
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alfin Khusaini, A. (2022). Implementasi Manajemen Pengetahuan di Lingkungan MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i2.585
Asqolani, A. bin H. (1988). Fathu al-Bari bi Syarhi Shahih al-Bukhori. In 5.
Daradjat, Z. (1987). Islam untuk Disiplin Ilmu Pendidikan. In Jakarta: Bulan Bintang.
Jaafar, N., & Rashed, Z. N. (2015). Model kualiti guru Pendidikan Islam sebagai murabbi. Tinta Artikulasi Membina Ummah, 1(1).
Jaafar, N., Tamuri, A. H., Muhamad, N. A. F., Ghazali, N. M., Amat, R. A. M. @, Raus, N. M., & Hassan, S. N. S. (2012). The Importance of Self-Efficacy: A Need for Islamic Teachers as Murabbi. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.421
Jayadi, I. (2018). Sifat-Sifat Pendidik: Perspektif Al-Qur’an. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(2). https://doi.org/10.32489/al-riwayah.6
Jumari. (2020). Memperbincang Esensi Ilmu Pendidikan Islam. Widya Balina, 3(6).
kementrian agama republik indonesia. (2022). al-quran kemenag. Layanan Kemenag.
Kholidah, L. N. (2023). Manajemen Pembelajaran Nilai-Nilai Keislaman dalam Perspektif Pendidikan Islam Transformatif. Educational Journal of Islamic Management, 3(1). https://doi.org/10.47709/ejim.v3i1.2498
Marinu, W. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).
Muhammad. (2021). Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam. Kajian Pendidikan Agama Islam, 3(1).
Mulyasa, H. . (2012). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah / H. E. Mulyasa. Researchgate Net, June.
Nor, M., Pengajian, J., Politeknik, A., & Perai, S. (2021). Pendidikan Islam bagi Kanak-Kanak Berkeperluan Khas: Guru sebagai Murabbi (Islamic Education for Children with Special Needs: Teacher as Murabbi). JQSS-64 JQSS-Journal of Quran Sunnah Education and Special Needs, 5(February).
Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02). https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327
Siddik, H. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Islam (Perspekstif Al-Quran, Al-Hadits, Filosofis, Yuridis Formal, Psikologis, dan Sosiologis). Al- Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(1).
Sobirin, M. (2009). Konsep Ahmad Tafsir tentang Pendidikan Islam sebagai Usaha Membentuk Insan Kamil. Walisongo Institutional Repository.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. Bandung:Alfabeta.
Supriani, Y., Nurwadjah, & Suhartini, A. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Suriadi, S., & Mursidin, M. (2020). Teori – Teori Pengembangan Pendidik: Sebuah Tinjauan Ilmu Pendidikan Islam. Jurnal Al-Qiyam, 1(1). https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.127
Tamuri, A. H., & Haji Nor, S. M. (2015). Prinsip Pembelajaran Aktif Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Pendidikan Islam. Julnal Pendidikan Fakulti Pendidikan, 2(3).
Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273
Yaacob, A., & Mohd Fadzil, F. S. (2022). The Philosophy And The Concept Of Islamic Literature According To Sidek Baba. International Research Journal of Shariah, Muamalat and Islam, 4(10). https://doi.org/10.35631/irjsmi.410004
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i1.22528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.