Peran Guru Sebagai Murabbi Dalam Perspektif Islam

Srikandi Yudistira, Maynur Andriya, Muslim Afandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran guru sebagai pendidik dan administrator dalam perspektif Islam. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data dari berbagai sumber primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak hanya bertanggung jawab mengajarkan ilmu, tetapi juga membangun karakter dan nilai moral pada siswa. Peran guru sebagai murabi sangat penting dalam memaksimalkan potensi siswa dan membimbingnya menuju kematangan emosi dan spiritual. Kesimpulannya, peran guru sebagai murabi dalam pendidikan Islam sangat penting untuk mengembangkan sumber daya manusia yang cerdas dan berakhlakul karimah.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfin Khusaini, A. (2022). Implementasi Manajemen Pengetahuan di Lingkungan MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i2.585

Asqolani, A. bin H. (1988). Fathu al-Bari bi Syarhi Shahih al-Bukhori. In 5.

Daradjat, Z. (1987). Islam untuk Disiplin Ilmu Pendidikan. In Jakarta: Bulan Bintang.

Jaafar, N., & Rashed, Z. N. (2015). Model kualiti guru Pendidikan Islam sebagai murabbi. Tinta Artikulasi Membina Ummah, 1(1).

Jaafar, N., Tamuri, A. H., Muhamad, N. A. F., Ghazali, N. M., Amat, R. A. M. @, Raus, N. M., & Hassan, S. N. S. (2012). The Importance of Self-Efficacy: A Need for Islamic Teachers as Murabbi. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.421

Jayadi, I. (2018). Sifat-Sifat Pendidik: Perspektif Al-Qur’an. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(2). https://doi.org/10.32489/al-riwayah.6

Jumari. (2020). Memperbincang Esensi Ilmu Pendidikan Islam. Widya Balina, 3(6).

kementrian agama republik indonesia. (2022). al-quran kemenag. Layanan Kemenag.

Kholidah, L. N. (2023). Manajemen Pembelajaran Nilai-Nilai Keislaman dalam Perspektif Pendidikan Islam Transformatif. Educational Journal of Islamic Management, 3(1). https://doi.org/10.47709/ejim.v3i1.2498

Marinu, W. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).

Muhammad. (2021). Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam. Kajian Pendidikan Agama Islam, 3(1).

Mulyasa, H. . (2012). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah / H. E. Mulyasa. Researchgate Net, June.

Nor, M., Pengajian, J., Politeknik, A., & Perai, S. (2021). Pendidikan Islam bagi Kanak-Kanak Berkeperluan Khas: Guru sebagai Murabbi (Islamic Education for Children with Special Needs: Teacher as Murabbi). JQSS-64 JQSS-Journal of Quran Sunnah Education and Special Needs, 5(February).

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02). https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327

Siddik, H. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Islam (Perspekstif Al-Quran, Al-Hadits, Filosofis, Yuridis Formal, Psikologis, dan Sosiologis). Al- Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(1).

Sobirin, M. (2009). Konsep Ahmad Tafsir tentang Pendidikan Islam sebagai Usaha Membentuk Insan Kamil. Walisongo Institutional Repository.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. Bandung:Alfabeta.

Supriani, Y., Nurwadjah, & Suhartini, A. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.

Suriadi, S., & Mursidin, M. (2020). Teori – Teori Pengembangan Pendidik: Sebuah Tinjauan Ilmu Pendidikan Islam. Jurnal Al-Qiyam, 1(1). https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.127

Tamuri, A. H., & Haji Nor, S. M. (2015). Prinsip Pembelajaran Aktif Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Pendidikan Islam. Julnal Pendidikan Fakulti Pendidikan, 2(3).

Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273

Yaacob, A., & Mohd Fadzil, F. S. (2022). The Philosophy And The Concept Of Islamic Literature According To Sidek Baba. International Research Journal of Shariah, Muamalat and Islam, 4(10). https://doi.org/10.35631/irjsmi.410004




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i1.22528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.