Implementasi Filsafat Pendidikan Islam dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Islam Masa Kini
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memaparkan penerapan filsafat pendidikan Islam dalam kurikulum pendidikan Islam pada masa kini. Munculnya permasalahan dalam dunia pendidikan, menilik peran filsafat pendidikan Islam dalam memberikan gambaran referensi menyeluruh yang dapat membantu dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan seperti pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) yakni mempelajari tinjauan literatur secara sistematis melalui literatur komprehensif mencakup studi orisinal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa filsafat pendidikan Islam dapat diwujudkan dalam semua praktik, aktivitas, dan pengalaman, tidak hanya dalam pendidikan tetapi juga dalam setiap komponen kurikulum yang mencakup dasar-dasar kurikulum maupun ciri kurikulum dalam pendidikan Islam. Dalam perspektif filsafat pendidikan Islam, kurikulum masa kini harus berangkat dari keyakinan teologis (tauhid) serta menjaga nilai-nilai keislaman peserta didik, masyarakat, tenaga kerja, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alfiah Hairani, Alliyah Putri, Manna Wassalwa, Nurul Sakinah, S. Y. I. (2023). HAKIKAT KURIKULUM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora Vol. 2 No. 3, 2(3).
Aris. (2023). Filsafat Pendidikan Islam. Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Bagus, A., Romli, S., Shodiq, M. F., Juliansyah, A. D., Mawardi, M., & El-yunusi, M. Y. M. (2023). Implementasi Filsafat Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Islam Ahmad. AL-QALAM : Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 15(2), 214–223. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2340
Didit Haryadi, Kerwanto, Arifin Ilham, Z. M., & Risalatuna, S. Q. (2024). Peran Penting Filsafat Ilmu bagi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. EDUMULYA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 02(01), 72–82.
El-yunusi, M. Y. M., Azizah, C., Nabillah, S. Q., Sunan, U., & Surabaya, G. (2023). Kurikulum dan Problematika Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Masaliq: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3, 370–383.
Fathurohim. (2023). KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24, 184–194.
Firdaus. (2020). Manusia dan Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam ( Sebuah Kajian Aksiologis ). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5768
Nisa, R. (2019). Esensi Alam Semesta Dalam Perspektif Falsafah. IV(02), 20–21.
Rafika Nisa, Marzaniatun, Farida Hanum, A. A. (2024). Implemantation of an Independent Learning Curriculum in Enhancing Student Creativity in Primary Schools. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(2), 555–567. https://injoe.org/index.php/INJOE/article/view/148/161
Samad, S. A. A. (2021). Diskursus Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. 8(2), 97–108.
Syahid, N. (2021). LANDASAN PENDIDIKAN ISLAM DITINJAU DALAM PERSPEKTIF. 3(November), 67–80.
Syar’i, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam (Mahyuddin (ed.)). CV. Narasi Nara.
Tamam, A. C. (2022). Kontruksi Kurikulum Islam dalam Perspektif Fislafat Pendidikan Islam. Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman Volume 10, Nomor 1, 10, 1–16.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information System (IJIS), 1(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i1.22295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.