Systematic Literature Review :Alam Semesta dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam

Fatma Gustina

Abstract


Penelitian ini adalah kajian ilmu tentang hakikat alam semesta menurut pandangan filsafat Pendidikan islam. alam semesta bermakna sesuatu selain Allah Swt, maka apa-apa yang terdapat di dalamnya baik dalam bentuk konkrit (nyata) maupun dalam bentuk abstrak (ghaib) merupakan bagian dari alam semesta yang berkaitan satu dengan lainnya. Penelitian ini  menggunakan Systematic Literature Review (SLR) merupakan istilah suatu cara identifikasi, evaluasi, dan interpretasi semua ketersediaan penelitian yang relevan terhadap rumusan masalah atau area topik yang diteliti. tujuan penciptaan alam semesta pada dasarnya adalah sarana untuk menghantarkan manusia pada pengetahuan dan pembuktian tentang keberadaan dan kemahakuasaan Allah Swt. Keberadaaan alam semesta merupakan petunjuk yang jelas tentang keberadaaan Allah Swt. Islam menegaskan bahwa esensi alam semesta adalah selain dari Allah Swt. Dia adalah al-Rabb, yaitu Tuhan Maha Pencipta yang menciptakan seluruh Makhluk yang makro dan mikro kosmos.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alim, A. S. (2019). Hakikat Manusia, Alam Semesta, dan Masyarakat dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Keislaman.

D. Dian, S. F. (2023). Implementasi Tupoksi Human Resources Departement (HRD) Di Sekolah Alam Gaharu. . Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Dian, A. N. (2023). Optimizing Islamic Religious Colleges In Facing The Era of Globalization. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education.

Maragustam. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Masruri, M dan Rossidy, I, (2007), Filsafat Sains Dalam Alqur`An Melacak Kerangka Dasar Integrasi Ilmu dan Agama. Malang: Uin Malang Press.

Napitupulu, D. S, (2017), Esensi Alam Semesta Perspektif Filsafat Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. Vi, No.1.

Nisa, R,(2019), Esensi Alam Semesta Dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islam, Jurnal Al-Hadi Volume Iv No. 02.

Nurhasanah, L. R dan Gumati, R. W, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

RI, D. A. (n.d.). Alqur`an dan Terjemahannya. Bandung: TSygma Examedia Arkanleema.

Rifki Rosyad, D. D. (2022). Model Pendidikan Perdamaian di Sekolah Pondok Peacesantren Garut. Bandung: PRODI S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sada, H. J, (2016), Alam Semesta Dalam Persepektif Al-Qur’an Dan Hadist, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.7.

Sudarto, (2021), Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Subagyo Joko,(1991), Metode Penelitian dalam Praktek, (Jakarta: Rhineka

Cipta,).

Sofyan, Dkk, (2021), Evaluasi Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Rostitawati, T. (2018). Tuhan, Manusia, dan Alam dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Irfani.

Suharto, T. (2006). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzzma Media.

Suharto, T. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i1.22291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.