Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga TerhadapAkhlak Remaja di Desa Pergulaan Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai

Ade Yunita Tri Harlin, Ramlan Padang

Abstract


Pendidikan agama merupakan bagian yang sangat penting dalam pendidikan karena berkaitan dengan sikap dan nilai, termasuk etika dan agama. Oleh karena itu, pendidikan agama juga menjadi tanggung jawab keluarga, masyarakat dan pemerintah. Pendidikan Islam Dalam Keluarga adalah upaya orang tua mengajarkan dan membimbing anaknya untuk memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam dan menjadikannya sebagai pedoman hidup, baik untuk pribadi, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan metode riset lapangan dengan corelation research, adapun jumlah populasi yang terdapat pada penelitian ini sebanyak 251 remaja dengan sampel yang diambil 15% yaitu sebanyak 37 remaja yang dijadikan sampel. Hasil pengujian ini menunjukan pendidikan agama Islam dalam keluarga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap akhlak remaja, hal ini menyatakan dari nilai t hitung > t tabel (11.008 > 1,68957). Sedangkan dari hasil Koefisien determinasi variabel pendidikan agama Islam sangat kuat mempengaruhi akhlak remaja dengan nilai yang dihasilkan sebesar 77,6 %.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aat Syafaat. Peran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Abu Bakar, “Mengenal Etika dan Akhlak Islam”, Lentera, Jakarta, 2003

Alamsyah yang berjudul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Sikap Beragama Siswa (2018)”, Universitas Muhammadiyah Makasar, 2018

Arifin Muzayyin, “Filsafat Pendidikan Islam”, Bumi Aksara, Jakarta, 2012

Departemen Agama RI Al-Quran dan Terjemahnya. PT Tiga Serangkai, 2007

Departement Agama Republik Indonesia Qur'an dan Terjemahan, QS. At Tahrim ayat 6

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponerogo, 2005.

Hendriati Agustiani, “Psikologi Perkembangan”, REFIKA Aitama, Cet. II, Bandung, 2009

Indah Kurnia Diazyustika, “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Akhlak Siswa Kelas V di SDN 01 Karangwidoro”, Universitas Muhammadiyah Malang, 2022

Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponerogo, 2012.

Imam An-Nawawi, Al-Minhaj Syarh Sahih Muslim ibn Al-Hajjaj Jilid XI, Terj. Fathoni Muhammad dan Futuhal Arifin, (Jakarta: Darus Sunah, 2011)

Jalaluddin Rahmat. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995.

Khoirul Bariyyah, M farid. “Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja.” PSikologi Indonesia 5, no. 2 (2016): 137–144.

Mela Tri, “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Di Keluarga Terhadap Spiritual Well Being Siswa Di MAN 1 Kota Malang”, Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang, 2019

M. Yatimin Abdullah. Studi Akhlak Dalam Perspektif Al Qur’an. Jakarta: Amzah, 2007

Muhammad Alim, “Pendidikan Agama Islam”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011

Muhammad Heriyanto, “Pengaeuh Pendidikan Agma Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius dan Religius Sekolah terhadap Akhlak Karimah Peserta Didik MTs Wathoniyah”, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati, Cirebon, 2020

Muhammad Nasruddin yang berjudul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam di Sekolah Terhadap Perilaku Anak di Rumah Studi Kasus TK Aisyiyah 5 Kota Malang (2021)”, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, 2021

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori, “Psikologi Remaja”, PT.Bumi Aksara, Cet. 6, Jakarta, 2010

Nana Sayodih Sukmadinata. Pendekatan Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Ramadhan, P. Buku Sakti Kuasai SPSS. yogyakarta: Star Up, 2017.

Ramayulis, “Metodologi Pendidikan Agama Islam”, Rajawali, Bandung, 2014

Rudi Iskandar, “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa SMA Islam Sinar Cendekia Tangerang Selatan”, Institut PTIQ Jakarta, 2019

S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Suharso, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang, Widya Karya 2018

Syarifah Habibah. “Akhlak dan Etika dalam Islam.” Jurnal Pesona Dasar Vol.1, no. 4 (2015)

Tamrin Fathoni, “Pengaruh Tingkat Pendidikan Agama Islam Orang Tua Terhadap Karakter Religius Peserta Didik”, Institut Agama Islam Sunan Giri, Ponogiri, 2021

Ulil Amri Syafri, “Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an”, PT. Raja Grafindo Persada, 2014

Uswatun Khasanah, “Pengaruh Pendidikan Islam Dalam Keluarga Terhadap Akhlak Karimah Pada Santriwati Di Asrama Mahasiswi Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Komplek VI Yogyakarta”, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2018

Yadianto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Bandung, M2s, 1996

Zaenal Abidin yang berjudul “Akhlak Mulia Ditinjau Dari Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga (2018)”, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, 2018

Zakiah Daradjat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Zakiah Darajat, “Peranan Agama Dalam Kesehatan Mental”, Jakarta, 1982.

Zulkifli L. Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Zuhairini, dkk, “Filsafat Pendidikan Islam”, Cet. II, Jakarta, Bumi Aksara, 1995




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i4.22239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.