PERAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELEGIUS SISWA: STUDI KASUS DI MI 03 KERINCI

Dewi Sartika, Muhammad Fadhlan, Ahmad Fikri

Abstract


Karakter religious perlu diperhatikan disekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Rancangan dalam menguatkan karakter relegius melalui kegiatan Ekstrakurikuler, 2) Menjelaskan Evaluasi dan implikasi penerapan kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter relegius. Instrumen penelitian ini terdiri dari dua instrumen, yaitu instrumen utama dan instrumen pendukung. Perangkat utama dalam penelitian ini, sedangkan alat pendukungnya, adalah guru, siswa, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tiga cara, yaitu: Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Pada saat yang sama, teknik analisis data penelitian ini meliputi empat metode: Pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menjelaskan: Rancangan dan Evaluasi penanaman nilai Relegius Melalui kegiatan ekstrakurikule di MI O3 Kerinci meliputi 3 kegiatan yaitu kegiatan Pramuka, Drum-band, dan Tahfidz Qur’an. Dalam kegiatan pramuka terdapat nilai-nilai yang dapat ditanamkan oleh siswa yaitu: kepemimpinan, kejujuran, dan kedispilinan. Implikasi kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan nilai karakter siswa di MI O3 Kerinci meliputi beberapa hal. Pada kegiatan pramuka ekstrakurikuler pramuka memberikan nilai-nilai relegius seperti nilai kebersihan, nilai kesadaran, nilai saling menghargai, kerja sama, dan toleransi. Sedang kegiatan Drum-band terdapatnya nilai kerja sama, komunikatif non verbal dan verbal. Adapun kegiatan Tahfidz Qur’an terdapatnya perubahan dan pengembangan pada aspek spiritual dan keagamaan siswa

Full Text:

PDF 386-395

References


Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

Ambarjaya, B. (2013). Psikologi Pendidikan & Pengajaran Teori dan Praktek. Bandung: Caps Publisher.

Angkotasan, S., & Watianan, S. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI KAMPUS STIA ALAZKA AMBON. KOMUNITAS: Jurnal Ilmu Sosiologi, 4(2), 42–50. https://doi.org/10.30598/komunitasvol4issue2page42-50

Ardy, N. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492

Aswat, H., Kasiih La Ode Onde, M., Fitriani, Rosmitha Sari, E., & Muliati. (2021). Analisis Pelaksanaan Penguatan Karakter Religius Selama Masa Distance Learning pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6).

Fauziah, H. U., Suhartono, E., & Pudjantoro, P. (2021). Implementasi penguatan pendidikan karakter religius. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(4), 437–445. https://doi.org/10.17977/um063v1i4p437-445

Fitria Kautsari Azizah, & Lu’luil Maknun. (2022). Pengembangan Karakter dan Keterampilan peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.133

Habuddin, N. (2003). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Hary Priatna Sanusi, S. S. (2020). OPTIMALISASI MANAJEMEN PROGRAM BI’AH LUGHAWIYAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB (Vol. 2). Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema%0Ap-ISSN:

Kurniawan, M. A., Ysh, A. Y. S., & Artharina, F. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Jambean 01 Pati. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(2), 197–204.

Luthfi, K. M., Farhah, E., Malik, A., & Arummi, A. (2022). Penerapan Metode Eklektik dalam Pelatihan Peningkatan Skor Toafl Guru SMP Islam Al-Hadi. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 10(1), 23–38. https://doi.org/10.24252/saa.v10i1.25198

Mualimah, A., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF NAHWU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE PADA PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH PUTRI AL-ISHLAHIYAH MALANG. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 203–212. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p203

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Narimo, S. (2020). Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 32(2), 13–27. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i2.12866

Phytanza, D. T. P., Burhaein, E., Lourenço, C. C. V., & Andika, A. (2022). The Effect of Net Play on Forearm Passing Ability on Junior High School Level Inclusion Schools. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 10(5), 1067–1074. https://doi.org/10.13189/saj.2022.100525

Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak Sd. Journal of Nnovation in Primary Education, 1(1), 40–47.

Sahlan, A. (2009). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN-Maliki Press.

Sofyan, H. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kemahasiswaan. Artikel Dalam Buku Pendidikan Karakter, 3(Vol 8 No 3 (2020)), hlm.850.

Sudarminingsih, S., & Mundilarno, M. (2020). Manajemen Kemitraan Sekolah dan Keluarga Dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 55. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.3778

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). MANAJEMEN PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526

T Hani, H. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: BPFE.

Waroh, M., Arisanti, K., & Herwati, H. (2023). Penguatan Nilai – Nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Hadrah. Journal TA’LIMUNA, 12(1), 70. https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i1.1433

Widiana Rahayu, D. (2016). Internalisasi Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 12(22). https://doi.org/https://doi.org/10.36456/bp.vol12.no22.a618

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Zakiyah, N. H. M. A. Q. (2023). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 8 Nomor 8 Tahun 2023 e-ISSN: 2087- 0678X. Jurnal Pendidikan Islam, 8(8).

Zulkifli, Z., & Wirdanengsih, W. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfizd di SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 198–206. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.23




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i4.21963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.