PERAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELEGIUS SISWA: STUDI KASUS DI MI 03 KERINCI
Abstract
Full Text:
PDF 386-395References
Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185
Ambarjaya, B. (2013). Psikologi Pendidikan & Pengajaran Teori dan Praktek. Bandung: Caps Publisher.
Angkotasan, S., & Watianan, S. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI KAMPUS STIA ALAZKA AMBON. KOMUNITAS: Jurnal Ilmu Sosiologi, 4(2), 42–50. https://doi.org/10.30598/komunitasvol4issue2page42-50
Ardy, N. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Aswat, H., Kasiih La Ode Onde, M., Fitriani, Rosmitha Sari, E., & Muliati. (2021). Analisis Pelaksanaan Penguatan Karakter Religius Selama Masa Distance Learning pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6).
Fauziah, H. U., Suhartono, E., & Pudjantoro, P. (2021). Implementasi penguatan pendidikan karakter religius. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(4), 437–445. https://doi.org/10.17977/um063v1i4p437-445
Fitria Kautsari Azizah, & Lu’luil Maknun. (2022). Pengembangan Karakter dan Keterampilan peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.133
Habuddin, N. (2003). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Hary Priatna Sanusi, S. S. (2020). OPTIMALISASI MANAJEMEN PROGRAM BI’AH LUGHAWIYAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB (Vol. 2). Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema%0Ap-ISSN:
Kurniawan, M. A., Ysh, A. Y. S., & Artharina, F. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Jambean 01 Pati. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(2), 197–204.
Luthfi, K. M., Farhah, E., Malik, A., & Arummi, A. (2022). Penerapan Metode Eklektik dalam Pelatihan Peningkatan Skor Toafl Guru SMP Islam Al-Hadi. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 10(1), 23–38. https://doi.org/10.24252/saa.v10i1.25198
Mualimah, A., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF NAHWU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE PADA PEMBELAJARAN NAHWU DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH PUTRI AL-ISHLAHIYAH MALANG. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 203–212. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p203
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Narimo, S. (2020). Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 32(2), 13–27. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i2.12866
Phytanza, D. T. P., Burhaein, E., Lourenço, C. C. V., & Andika, A. (2022). The Effect of Net Play on Forearm Passing Ability on Junior High School Level Inclusion Schools. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 10(5), 1067–1074. https://doi.org/10.13189/saj.2022.100525
Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak Sd. Journal of Nnovation in Primary Education, 1(1), 40–47.
Sahlan, A. (2009). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN-Maliki Press.
Sofyan, H. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kemahasiswaan. Artikel Dalam Buku Pendidikan Karakter, 3(Vol 8 No 3 (2020)), hlm.850.
Sudarminingsih, S., & Mundilarno, M. (2020). Manajemen Kemitraan Sekolah dan Keluarga Dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 55. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.3778
Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). MANAJEMEN PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526
T Hani, H. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: BPFE.
Waroh, M., Arisanti, K., & Herwati, H. (2023). Penguatan Nilai – Nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Hadrah. Journal TA’LIMUNA, 12(1), 70. https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i1.1433
Widiana Rahayu, D. (2016). Internalisasi Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 12(22). https://doi.org/https://doi.org/10.36456/bp.vol12.no22.a618
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Zakiyah, N. H. M. A. Q. (2023). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 8 Nomor 8 Tahun 2023 e-ISSN: 2087- 0678X. Jurnal Pendidikan Islam, 8(8).
Zulkifli, Z., & Wirdanengsih, W. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfizd di SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 198–206. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.23
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i4.21963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.