PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH: STUDI KASUS DI MTS 1 KERINCI

Sri Sudewi Aria, Muhammad Fadhlan, Ahmad Fikri, Harisah Harisah

Abstract


Kegagalan lembaga pendidikan dalam mempertahankan mutu pendidikan di Sekolah dasar disebebkan kurangnya peran kepala sekolah dalam mempertahakan Eksistensi Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif.  Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam perancangan, peroganasasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, 2) Menjelaskan dampak peran kepala sekolah. Instrument penelitian ini terdiri dari dua Istrumen yaitu Instrumen kunci dan Instrumen pendukung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi 3 cara yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini meliputi 4 cara yaitu: Pengumpulan data, penyajian data, kondenisasi data, dan memberi kesimpulan pada data. Hasil temuan pada penelitian ini meliputi: 1) pembentukan visi dan misi sekolah serta penentuan kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan pengadaan rapat merupakan suatu rancangan yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi pendidikan di sekolah, 2) pengadaan koordinator dengan guru-guru mata pelajaran dan guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler 3) pemberian reward dan motivasi kepada guru, 4) pengadaan evalusi mingguan, triwulan, dan semesteran dalam mempertahankan eksistensi pendidikan dan keberhasilan peserta didik disekolah. 


Full Text:

PDF 305-314

References


Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.5585

Angkotasan, S., & Watianan, S. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI KAMPUS STIA ALAZKA AMBON. KOMUNITAS: Jurnal Ilmu Sosiologi, 4(2), 42–50. https://doi.org/10.30598/komunitasvol4issue2page42-50

Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314

Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). URGENSI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192

Asrita, R. (2022). MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. Hijri, 11(2), 159. https://doi.org/10.30821/hijri.v11i2.13072

Astriyani, Triyono, & Hitipeuw, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 806–809. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11220

Bangun, S. Y. (2019). PERAN PELATIH OLAHRAGA EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT OLAHRAGA PADA PESERTA DIDIK. JURNAL PRESTASI, 2(4), 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Danil, M. (2018). IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR SABBIHISMA PADANG. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 86. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.68

Fahruddin, A. A. (2020). Implementasi Total Quality Management dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Mamba’ul Hisan Sidayu Gresik. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.15

Fasilitas, P., Prasarana, D. A. N., & Sekolah, D. I. (2022). Studi Perbandingan Untuk Meningkatkan Kualitas. 8(1), 173–182.

Firdaus, F. (2020). Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882

Fitria Kautsari Azizah, & Lu’luil Maknun. (2022). Pengembangan Karakter dan Keterampilan peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.133

Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas. Jurnal Pendidikan, 10(1), 89–102. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v10i1.68

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN PROFESI GURU INDONESIA (JPPGI), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42

ermawan, R. (2021). Tingkat Kompetensi Guru Pasca Pelatihan Substantif Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar Siswa. Jurnal Perspektif, 14(2), 269–282. https://doi.org/10.53746/perspektif.v14i2.52

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). KONSEP DASAR EVALUASI DAN IMPLIKASINYA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Husni, F., & Wahyudiati, D. (2022). Relevansi Manajemen Strategik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Daya Saing di Sekolah Dasar Pendahuluan Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki berbagai aspek yang memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya . Di dalamnya. 8(1), 34–47. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.2796

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMIK COVID-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.33005/baj.v3i1.57

Karima, Z., Shafira, A., Ayu, A., & Salma, J. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Perspektif Islam. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 15–30. https://doi.org/10.21093/twt.v5i1.2279

Khikmah, N. (2020). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3, 123–130. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p123

Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53–69. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31630

Kurniawati, N. B., & Pardimin, P. (2021). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 470. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.9120

Ma’sum, T. (2020). Eksistensi Manajemen Pemasaran dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(2), 133–153. https://doi.org/10.33367/ji.v10i2.1243

Makmur Jaya, Evanirosa, & Marlina. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.57251/ped.v1i2.137

Manurung, R., Harahap, E., Tahrun, T., & Suharyadi, A. (2020). Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.33747

Novi Ariyanti, & Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo. (2021). Evaluasi Manajemen Hubungan Masyarakat dan Sekolah (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 103–126. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.133

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Prihanto, S. D., & Hawanti, S. (2021). Pengaruh Pengelolaan Kelas Guru Bahasa Indonesia Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tambak-Banyumas. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 71. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9743

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sinar Manajemen, 6(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.56338/jsm.v6i1.551

Rahmanto, A. (2019). Peningkatan Kedisiplinan Guru Melalui Pemberian Reward Di Sd Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.306

Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 150. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30308

Sabariah, S. (2021). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 116–122. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1764

Sahid, D. R., & Rachlan, E. R. (2019). Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran Guru dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 25–39.

Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Kegiatan Evaluasi Pembelajaran. SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 2021, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.350

Siahaan, A., Akmalia, R., Amelia, Y., Wulandari, T., Hrp, S. A. F., & Pasaribu, K. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(2), 3840–3848. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1068

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359

Sudarminingsih, S., & Mundilarno, M. (2020). Manajemen Kemitraan Sekolah dan Keluarga Dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 55. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.3778

Sugiarti, E., Mukrodi, M., & Mawardi, S. (2021). MONITORING KINEJA DOSEN :Manfaat Dan Dampaknya Terhadap Perguruan Tinggi. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economics, Accounting, Management, and Business, 4(4), 816–822. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i4.386

Wibowo, A., Tinggi, S., & Islam, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Ahmad Zawawi Subhan PENDAHULUAN Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting dalam kehidupan manusia itu sendiri . Manusia pada hakikatnya tak hanya akan tergantung pada alam tanpa . 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i2.10527

Witantina, A., Budyartati, S., & Tryanasari, D. (2020). Implementasi Pembelajaran Lagu Nasional pada Pembelajaran SBDP di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(Merdeka Belajar di Era Normal), 117–121.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i3.21962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.