Pengembangan Handbook Anti Korupsi sebagai Media Pembelajaran Inklusi
Abstract
Upaya optimalisasi pendidikan antikorupsi dapat dilakukan melalui pengembangan media interaktif dalam pembelajaran. Melalui media tersebut diharapkan pembelajaran menjadi lebih bermakna dan mengembangkan potensi siswa sebagai pembelajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat media pembelajaran interaktif pendidikan antikorupsi? Tujuan penelitian yang ingin dihasilkan adalah untuk mengetahui pembuatan media pembelajaran interaktif pendidikan antikorupsi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode air terjun yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Pendekatan yang diterapkan adalah kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik studi literatur dan studi dokumentasi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Buku
Ariani, Niken dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Dwi Surjono, Herman. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.
Gunawan, G., & Ritonga, A. A. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0.
Handoyo, Eko. 2013. Pendidikan Antikorupsi. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Puspito, Nanang. T. 2011. Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Puspito, Nanang. T. dan Marcella Erwina S. (Ed). 2016. Buku Panduan Dosen Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Jurnal dan Prosiding
Bassil, Youssef. 2012. A Simulation Model For The Waterfall. International Journal of Engineering & Technology, Vol. 2, No. 5.
Cheng, Gary. 2009. Using Game Making Pedagogy to Facilitate Student Learning of Interactive Multimedia. Australasian Journal of Educational Technology, Vol. 25, No. 2, pp. 204-220.
Mahfudz, Asep. 2019. Pembinaan Nilai Karakter Antikorupsi di Perguruan Tinggi Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Kewarganegaraan Universitas Ahmad Dahlan, pp. 39-44.
Montessori, Maria. 2012. Pendidikan Antikorupsi sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Demokrasi, Vol. 11, No. 1, pp. 293-301.
Pradana, Yudha. 2021. Pengembangan Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Prodising Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2021 Universitas Sebelas Maret Surakarta, pp. 504-508.
Pradana, Yudha. 2022. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mengembangkan Pemahaman tentang Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 11, No. 1, pp. 111-117.
Uswatun Hasanah, Siti. 2018. Kebijakan Perguruan Tinggi dalam Menerapkan Pendidikan Anti Korupsi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 2. No. 1, pp. 1-13.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i1.20413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.