Pembelajaran STEAM Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun

Kartika Indah Lestari, Peny Husna Handayani

Abstract


Seseorang perlu dilatih kreativitasnya dalam merancang/menciptakan sesuatu yang baru dan berguna bagi diri sendiri dan lingkungan untuk mengekspresikan diri terutama pada anak usia dini usia 5-6 tahun untuk menuju jenjang yang lebih tinggi yaitu sekolah dasar. Dalam memberikan pengalaman kepada anak yaitu salah satunya menggunakan pembelajaran STEAM dimana pembelajaran yang mengintegrasikan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic dan dapat memfasilitasi pengembangan kreativitasnya meliputi aspek kelancaran, keluwesan, elaborasi dan keaslian dalam idenya untuk berpikir. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran STEAM terhadap kreativitas anak usia dini usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan tujuan untuk menguji efek dari Penerapan pembelajaran STEAM terhadap kreativitas anak usia dini usia 5-6 Tahun. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-Eksperimen, bentuk dari desainnya adalah One –Group Pretest-Posttest. Teknik analisis yang dilakukan adalah teknik statistik deskriptif dengan penyajian data yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data telah terkumpul, diketahui bahwa hasil penelitian yang sudah dilaksanakan yaitu pada tahap pretest menunjukkan hasil skor rata-rata berjumlah 6,9 pada kategori MB (Mulai Berkembang). Sedangkan pada tahap posttest hasil skor rata-rata berjumlah 11,9 dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hasil akhir pada penelitian ini setelah dilakukan uji statistik Wilcoxon SPSS 26 menunjukkan bahwa pada 11 sampel yang diberikan perlakuan data pretest dan posttest mengalami peningkatan dan hasil signifikansi berjumlah 0,003 < 0,05 maka hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran STEAM terhadap kreativitas anak usia dini usia 5-6 tahun.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anjarsari, Novia. Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Vol. 8, 2019.

Damayanti, Anita, Sriyanti Rachmatunnisa, Universitas Muhammadiyah Jakarta, And Loose Parts. “Jurnal Buah Hati Volume 7 , Nomor 2 , September 2020 Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam” 7, No. 2 (2020): 74–90.

Fakhriyani, Diana Vidya. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini” 4, No. 2 (2016).

Faujiah, Nurlaila Wahidah, Fajar Nugraha, And Rikha Surtika Dewi. “Penerapan Metode Belajar Steam Dengan Bahan Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini,” 2021, 40–45.

Fitri, Dwi Anisak Nurul, And Dadan Suryana. “Pembelajaran Steam Dalam Mengembangkan Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, No. 2 (2022): 12544–52.

Mu’minah, Iim Halimatul, And Yeni Suryaningsih. “377702-Implementasi-Steam-Science-Technology-En-Fd9b7a7c (1).” Jurnal Bio Educatio Vol 5, No. April (2020): 65–73.

Nuraini, Febri. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok A1 Di Ra Sunan Averrous Bogoran, Bantul,” 2015.

Prameswari, Titania Widya, Anik Lestariningrum, Universitas Nusantara, And Pgri Kediri. “Steam Based Learning Strategies By Playing Loose Parts For The Achievement Of 4c Skills In Children 4-5 Years” 7, No. 1 (2020): 24–34.

Pratiwi, Lire. “Penggunaan Pendekatan Steam Pada Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Untuk Melatih Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Hang Tuah Kota Bengkulu.” Penerapan Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Kb Al-Amar Ngoro Jombang Dalam Masa Pandemi Covid-19, 2021, 1–112.

Priyanti, Nita, And Jhoni Warmansyah. “The Effect Of Loose Parts Media On Early Childhood Naturalist Intelligence.” Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 2021. Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.152.03.

Rohmah, Umi. “Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini ( Aud )” 4 (2018): 85–102.

Simaremare, Aman, Roni Sinaga, And Santa Murni A. Situmorang. “Metodologi Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini,” Cetakan Ke., 296 Hlm, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i1.19806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.