Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Leaning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas IX di MTS Negeri 1 Tapanuli Tengah

Dini Enzeli Syaputri Pohan, Ruminda Hutagalung, Dahris Arifin

Abstract


Penelitian eksperimental kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar Fiqh siswa Kelas IX di MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah. Penelitian ini terdiri dari dua kelas, yang berfungsi sebagai kelompok eksperimen dan kontrol, di lembaga tersebut. Tujuannya ada tiga: pertama, menilai hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran PjBL; kedua, untuk mengevaluasi hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran PjBL; dan ketiga, menganalisis pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana pada data nilai akhir siswa untuk menguji hipotesis. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran PjBL. Peningkatan ini menunjukkan adanya pengaruh positif model PjBL terhadap pembelajaran Fiqih di Kelas IX MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah. Oleh karena itu, temuan tersebut mendukung kesimpulan bahwa pemanfaatan model Project Based Learning (PjBL) meningkatkan hasil belajar siswa pada pendidikan Fiqh pada institusi yang ditentukan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Acesta, A. (2014). Penerapan PendekatanKeterampilan Proses Sains untukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: PT. Rajawali Perss.

Ahmad Dahlan. (2015). Model Project Based Learning. Blog Ahmad Dahlan.http://www.eurekapendidikan.com/2014/12/model-project-based- learninglandasan.html (Diakses pada 13 September 2015).

Ahmad Falah. (2009). Materi dan PembelajaranFiqh MTs-MA. Jakarta: PT.Rajawali Press.

Aisya Mutmainna. (2015). Kelebihan danKekurangan Model PembelajaranBerbasis Proyek (Project Based Learning). Blog AisyaMutmainna.http://kerjaonlineaisah.blogspot.co.id/2014/08/kelebihan-dan-kelemahan-model.html (Diakses pada 13 September 2015).

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2014).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Askin Asan dan Zeynep Haliloglu. (2005).Implementing Project Based Learning

in Computer Classroom. The Turkish OnlineJournal of Educational

Technology TOJET.

Aulia, N. (2013). Penerapan Model PembelajaranPicture and PictureHubungannya dengan Efektivitas Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Materi Kalimat Tayyibah: Penelitian Terhadap Siswa Kelas IV MI Al-Istiqomah Kabupaten Bandung (Tesis doktor, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Azzam, Abdul Aziz Muhammad. (2014). FiqhMuamalah Sistem Transaksi dalam

Fiqh Islam. Jakarta: AMZAH.

Daryanto dan Rahardjo, M. (2012). ModelPembelajaran Inovatif. Yogyakarta:Gava

Media.

Efgivia, M. G. (2019). Pengaruh MediaBlandeddan E-Learning Terhadap HasilBelajarMahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan.

Elvi Sukesih. (2015). Efektifitas PenerapanModelPembelajaran Berbasis ProyekTerhadap Hasil Berlajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Pokok Bahasan Penggunaan Dasar Internet di SMPN 1 Kaliwungu (Skripsi S1 Program Pendidikan TIK, Universitas Pasundan).

Siti Masholekhatin, Budi Handoyo, & Sumarmi. (2007). Pengaruh Model Project

Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Geografi. Diakses dari http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel842B30313E88C7F60B08A3EE6FBD68FA.pdf.

Sohari Sahrani, & Ru‟fah Abdullah. (2011). Fikih Muamalah. Bogor:Ghalia Indonesia. Sumadi Suryabrata, (2016). Metode Penelitian, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Tim Penyusun, (2009). Buku Ajar Fiqih Kelas IX semester ganjil, Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah.

Trianto Ibnu Badar al –Tabany, (2014) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI), Jakarta: Prenada Media, 2014.

Trianto Ibnu Badar al-Tabany, (2014).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual,Jakarta : Prenada Media.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D).




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i1.19662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.