PERSEPSI GURU TENTANGPUNISHMENT DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN MEDAN TEMBUNG

Anri Naldi, Wahyudin Nur Nasution, Syaukani

Abstract


ABSTRACT: This research aims to analyze: 1) How is the teacher’s perception about punishment in
elementary school of Medan Tembung district? and 2) How is punishment implementation in learning
conducted by a teacher in elementary school of Medan Tembung district? This research uses qualitative
method, with use science approach to the interpretation of data obtained through interviews, observation
and documentation. The results showed that: 1) Teacher’s perception of punishment is a punishment that
educates students who have a deterrent effect because they have committed a violation, the purpose of
which is to improve behavior, personality, character and discipline. And 2) There are two implementations
of giving the punishment: First, it is carried out in general in accordance with the regulations in the
elementary school of Medan Tembung district. Second, it is carried out specifically by the teacher in the
learning process at Islamic elementary school in Medan Tembung district. Giving the punishment by teacher
has been implemented in the learning process and activities outside of learning hours with the purpose
function and basics of giving punishment and use a strategy of combining punishment methods and
technic in the learning process in the Islamin elementary school at Medan Tembung district.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Bagaimanakah persepsi guru tentang punishment di
Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Medan Tembung? Dan 2) Bagaimanakah implementasiPunishment
dalam pembelajaran yang dilakukan guru di Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Medan Tembung? Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi.Teknik penarikan sampling yang digunakan
adalahpurposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi guru tentangpunishment
adalah hukuman yang mendidik yang memberikan efek jera kepada siswa karena telah melakukan pelanggaran,
yang tujuannya untuk memperbaiki tingkah laku, kepribadian, akhlak dan kedisiblinan. 2) Implementasi
pemberianpunishment yang dilakukan ada dua: Pertama, dilakukan secara umum yaitu sesuai dengan
peraturan di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Medan Tembung. Kedua, dilakukan secara khusus oleh
guru dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Medan Tembung. Pemberian
punishment yang dilakukan guru telah di implementasikan dalam proses pembelajaran dan kegiatan
diluar jam pembelajaran dengan tujuan, fungsi dan dasar-dasar pemberianpunishment, serta menggunakan
strategi penggabungan antara metode dan teknikpunishment dalam proses pembelajaran di Madrasah
Ibtidaiyah di Kecamatan Medan Tembung.
Kata Kunci:Persepsi, Punishment dan Implementasi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

B. Hurlock, Elizabeth, Perkembangan anak, terj. Med. Meitasari Tjandrasa, Jakarta: Erlangga, 1990.

Bahri Djamarah, Syaiful, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Rineka Cipta, 2010.

Muhammad bin Jamil Zainu,Kiat Sukses Mendidik Anak, Yogyakarta, Pustaka Al-Haura,2009.

Nurdin Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta:PT. Raja Grafind, 2002.

Purnomo, Halimah dan Husnul Khotimah Abdi,Model reward dan punishment Perspektif Pendidikan Islam.

Purwanto, M. Ngalim,Ilmu Pendidikan Toretis dan Praktis.

Rahman Shalih Abdullah, Abdur,Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut Al-Qur’an serta Implementasinya.

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia, 1994.

Slameto,Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Suair, ScootMotivasi Leadership, Cet. I; Jakarta: Prenada. 2008.

Susilo, M. Joko, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah

Menyongsongnya.

Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i3.1813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.