N I L A I - N I L A I P E N D I D I K A N DA L A M A L Q U R A N (KAJIAN TAFSIR KISAH NABI MUSA DALAM SURAH AL -QASAS AYAT 1-13)

Muazzinah, Achyar Zein, Syamsu Nahar

Abstract


Abstact: This Risearch aims to reveal the value of education contained in the story of prophet Musa as,
There are three are three questions asked in this study, namely, how the story of prophet Musa in Surah Al-
Qasas verse 1-13. How is the values education on the story of prophet Muas as in surah Al-Qasas verse
1-13 to education at the present time ? the method used in this research is qualitative research by the way
of description in the from of words and language in a context of special natural way using various
scientific methods. This research is : Al-qur’an as a source of knowledge and education. there are many
regulations that must be explained in this life so that in accordance with the Qur’an. In Surah Al-Qasas
verses 1-13 there are some educational values such as: Cultivation of values of Faith, Historical Value,
Values of Virtue, Values of Justice, Values of Tolerance and Values of Love. The Relevance of the Story
of Moses in Surah Al-Qasas verses 1-13 of the present-day education are: The Cultivation of the Values of
Faith, the Prohibition of Destruction, the Value of Worship in Choosing a Good Life Spouse, Maintaining
good relations with the Creator Prayer, the spirit of science.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kisah
Nabi Musa as,. Ada tiga pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu : Bagaimana kisah
Nabi Musa dalam SurahAl-Qasas ayat 1-13?, Bagaimana nilai-nilai pendidikan pada Kisah Nabi
Musa dalam Surah Al-Qasas ayat 1-13? , dan Apa relevansi Kisah Nabi Musa dalam Surah Al-
Qasas ayat 1-13 terhadap pendidikan pada masa sekarang? Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian kualitatif, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada
suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Hasil
penelitian disini adalah : Alquran sebagai sumber ilmu pengetahuan dan pendidikan, banyak sekali
peraturan yang harus dijalankan dalam kehidupan ini sehingga sesuai dengan Alquran. Dalam surah
Al-Qasas ayat 1-13 ada beberapa nilai pendidikan diantaranya : Penanaman nila- nilai keimanan,
Nilai sejarah, Nilai Akhlak, Nilai Keadilan, Nilai Toleransi dan Nilai Kasih sayang. Adapun Relevansi
Kisah Nabi Musa dalam Surah Al-Qasas ayat 1-13 terhadap pendidikan pada Masa Sekarang
yaitu: Penanaman Nilai Keimanan, larangan keras berbuat kerusakan, Nilai Ibadah Dalam Memilih
Pasangan Hidup yang baik, Menjaga hubungan baik dengan pencipta banyak berdoa, dan anjuran
untuk semangat menuntut ilmu.
Kata Kunci; Nilai, Pendidikan, Alqur’an, dan Nabi Musa

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. (Jakarta: Bina Aksara. 1987 ).

————.Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritik dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner.(Jakarta:

Bumi Aksara. 2008).

Bertens, K.Etika, (Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, Cet VIII, 2004)

Bakhtiar, Amsal, Filsafat Ilmu, (Jakarta, RajaGrafindo Persada, 2010)

Djumransjah, HM, dan Abdul Malik Karim Amrullah,Pendidikan Islam “Menggali Tradisi Mengukuhkan

Eksistensi”, (Malang: UIN Malang Press, 2007)

Daud, Wan Mohd Nor Wan,Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naqiub AL-Attas, (Bandung

: Mizan, 1998).

Hasan, Khalifah Muhammad,Sejarah Agama Yahudi, (Riau: Tafaqquh Media)

Mulyana, Rohmat,Mengartikulasikan Pendidikan Nilai,(Bandung: Alfa Beta , 2011). h. 198).

Marimba, Ahmad D.Pengantar Filsafat Pendidikan (Bandung : Al Ma’arif, 1989).

Muhaimin dan Mujib, Abdul, Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung: Trigenda Karya, 1993)

Al-Maraghi, Ahmad Mustafa,Terjemah Tafsir Al maraghi,(Semarang: Toha Putra: 1989).

Nata, Abudin, Al-Qur’an dan Hadits, (Jakarta: Rajawali Press, 1992)

Priatna, Tedi, Rektualisasi Pradigma Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004)

Purwadarminta, W.JS, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1999)

Al- Rasyidin,Falsafah Pendidikan Islam, (Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2017)

Shihab, M. Quraish,Tafsir Al-Misbah, Pesan,Kesan, dan keserasian al-qur’an. (Jakarta: lentera Hati,

as-Siddiqy, Hasby,Ilmu-Ilmu Alquran, (Jakarta: Bulan Bintang, 1988)

Sarjono,Nilai-Nilai Pendidikan Islam. (Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. ll, No. 2, 2005).

Soemanto, Wasty, dan Hendyat Soetopo, Dasar dan Teori Pendidikan Dunia, (Surabaya : Usaha

Nasional, 1982).

Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007)

Thoha, HM. Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winkel. W.S,Psikologi Pengajaran I, (Jakarta: Grasindo, 1996).




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i2.1805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.