PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL ANAK USIA DINI (5-6 TAHUN) DI RAUDHATUL ATHFAL AL -HAFIZH

Fatimah, Khadijah, Edi Saputra

Abstract


Abstact: Therefore, this study was conducted to analyze the influence of audio visual media on Interpersonal
and Intrapersonal Intelligence (5-6 years) at RA Al-Hafizh. This research is Quasi Experimental research. The
population in this study were all early childhood group B (5-6 years) at Raudhatul Athfal (RA) Al-Hafizh,
which amounted to 50 childrens. Samples in this study is 26 childrens on A class and 24 childrens on B class.
Instruments used are the observation sheet Interpersonal and Intrapersonal intelligence. The data analysis
used is two-way independent samples t-test and simple regression test. The results show that: (1) there is an
influence the audio visual media towards Interpersonal intelligence of early childhood (5-6 old) in RA Al-
Hafizh; (2) there is an influence the audio visual media towards Intrapersonal Intelligence of early childhood
(5-6 old) in RA Al-Hafizh; (3) the percentage of influence the audio visual media towards Interpersonal
intelligence of early childhood is 55.7% until 57.5%, while the rest 42.5% until 44.3% is influenced by other
factors than audio visual media; and (4) the percentage of influence the audio visual media towards Intrapersonal
intelligence of early childhood is 38,1% until 40,6%, while the rest 59,4% until 61,9% is influenced by other
factors than audio visual media
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan Interpersonal
dan Intrapersonal anak usia dini (5-6 tahun) di RA Al-Hafizh. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi
Eksperimental. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak usia dini kelompok B (5-6 tahun) di Raudhatul
Athfal (RA) Al-Hafizh yang berjumlah 50 anak. Sampel pada penelitian ini, yaitu: 26 anak kelas A dan 24
anak kelas B. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal.
Analisis data yang digunakan adalah ujiindependent samples t-test (uji-t) dua arah dan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan Interpersonal
anak usia dini (5-6 tahun) di RA Al-Hafizh; (2) terdapat pengaruh media audio visual terhadap
kecerdasan Intrapersonal anak usia dini (5-6 tahun) di RA Al-Hafizh; (3) besarnya persentase pengaruh
media audio visual terhadap kecerdasan Interpersonal siswa sekitar 55,7% sampai dengan 57,5%, sedangkan
sisanya yaitu sekitar 42,5% sampai dengan 44,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain media audio visual;
dan (4) besarnya persentase pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan Intrapersonal siswa sekitar
38,1% sampai dengan 40,6%, sedangkan sisanya yaitu sekitar 59,4% sampai dengan 61,9% dipengaruhi
oleh faktor lain selain media audio visual.
Kata kunci: kecerdasan Interpersonal, kecerdasan Intrapersonal, media audio visual

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amstrong, Thomas,Multiple Intellegences in the classroom, terjemah Yudhi Murtanto, (Jakarta: Kaifa, 2002)

Armanila, upaya meningkatkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal melalui pembelajaran tematik di

Taman Kanak-kanak (5-6 tahun) Zulhijjah Medan, (Tesis, Universitas Medan Area, 2016)

Arsyad, Azhar,Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009)

Arikunto, Suharsimi,Pengelolaan Materil, (Jakarta; Prima Karya, 1987)

Arifin, Muzayyin,Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Direktorat Tenaga Teknis,Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun, (Jakarta: Ditjen PLSP

Depdiknas, 2003)

Departemen Pendidikan dan kebudayaan,Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta:Balai Pustaka, 1991)

Hanisah, Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Melalui Kegiatan Berceritera Berbantuan Media

Film/ VCD di Kelompok B5 RA Ummatan Wahida di Kota Curup, (Skripsi, Universitas Bengkulu,

Howard Gardner,Multiple Intellegences and Education (http://www.infed.org/thinkers/ gardner.htm/)

Jalaludin,Teologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003)

Khadijah,Pendidikan Prasekolah, (Medan: Perdana Puplishing, 2016)

——————-,Media Pembelajaran Anak Usia Dini, (Medan: Perdana Puplishing, 2015)

Fatimah: Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Anak

Megawangi, Ratna, dkk,Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan, (Jakarta: Indonesia Heritage Foundation,

———————, dkk, 2005,Pendidikan Holistik,Jakarta: Indonesia Heritage Foundation

Muhadjir, Noeng,Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Suatu Teori Pendidikan, (Yogyakarta: Penerbit

Rake Sarasin, 1997)

Mangoenprasodjo, A Setiono dan Sri Nur Hidayati,Anak Masa Depan dengan Multiple Intelegensi, (Yogyakarta:

Pradipta Puplishing, 2005)

Munadi, Yudhi,Media Pembelajaran:Sebuah Pendekatan Baru, (Jakarta: Referensi, 2013)

Nata, Abuddin,Tokoh-tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Poerbakawatja, Soegarda, dkk,Ensiklopedi Pendidikan, (Jakarta: Gunung Agung, 1981)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan

Anak Usia Dini.

Suyadi,Psikologi Belajar PAUD, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2010)

Safaria, T.Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak, (Yogyakarta:

Amara Books, 2005)

Santoso,Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Citra Pendidikan, 2002)

Susilana dan Cepi Riyana,Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian,

(Bandung; Wacana Prima, 2007)

Usman, Basyiruddin,Media Pembelajaran, (Jakarta; Ciputat Pers, 2002)

Undang-Undang Repuplik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta:

Eko Jaya, 2003)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i2.1729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.