DINAMIKA PERKEMBANGAN PESANTREN MODERN TAFIZHIL QURAN YAYASAN ISLAMIC CENTRE SUMATERA UTARA 1982-2017

Fatima Rahma Rangkuti, Siti Zubaidah, Salminawati

Abstract


Abstract: This research aims to analyze: 1) the dynamics of the development of educator in Modern
boarding school Tahfizhil Quran Islamic Center of North Sumatra Foundation, 2) the dynamics of the
development of students in Modern boarding school Tahfizhil Quran Islamic Center of North Sumatra
Foundation, 3) the dynamics of the development of curriculum in Modern boarding school Tahfizhil Quran
Islamic Center of North Sumatra Foundation, 4) the dynamics of the development of program in Modern
boarding school Tahfizhil Quran Islamic Center of North Sumatra Foundation. This study uses qualitative
methods that have a history shaped. The results showed that: 1) the development of educators in Modern
boarding school Tahfizhil Quran Islamic Center of North Sumatra Foundation 1982-2017 shows the
existence of dynamics. 2) learners in Modern boarding school Tahfizhil Quran in 1983 till 1986 totaled only
14 persons, i.e. students program Cadre of Scholars, that is because the Cadre of Scholars program
registration opened to new students only once in three years. 3) there are four curriculums that used in this
boarding school i.e. curriculum Cadre of Scholars, curriculum of Tahfizh, curriculum of national and
curriculum of religious schools. 4) tahfizh program was opened in the boarding school in 1989 which was
the first tahfizh institutions in the city of Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: 1) dinamika perkembangan pendidik di Pesantren Modern
Tahfizhil Quran Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara, 2) dinamika perkembangan peserta didik di
Pesantren Modern Tahfizhil Quran Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara, 3) dinamika perkembangan
kurikulum di Pesantren Modern Tahfizhil Quran, 4) dinamika perkembangan program tahfizh di Pesantren
Modern Tahfizhil Quran Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode
sejarah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perkembangan pendidik di Pesantren Modern
Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara 1982-2017 menunjukkan adanya dinamika perkembangan. 2)
Peserta didik di Pesantren Modern Tahfizhil Quran pada tahun 1983 sampai 1986 hanya berjumlah 14
orang, yaitu santri program Kader Ulama, hal tersebut dikarenakan program Kader Ulama hanya membuka
pendaftaran murid baru sekali dalam tiga tahun. 3) Adapun kurikulum yang digunakan dalam Pesantren
ini ada empat kurikulum yaitu kurikulum Kader Ulama, kurikulum Tahfizh, kurikulum Nasional dan
kurikulum Pesantren. 4) Program tahfizh dibuka di Pesantren Modern Tahfizhil Quran Yayasan Islamic
Centre Sumatera Utara pada tahun 1989 yang merupakan lembaga tahfizh pertama di kota Medan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asari, Hasan,Modernisasi Islam Tokoh, Gagasan dan Gerakan (Bandung : Citapustaka Media, 2007)

Barnawi, Imam,Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam (Surabaya: Al Ikhlas, 1993)

BukuPanduan Pelajar Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara Tahun Akademika 2018

Daulay, Haidar Putra, Historisitas dan Eksistensi Pesatren, Sekolah dan Pesantren (Yogyakarta : Tiara

Wacana, 2001)

——————————, Pertumbuhan danPerkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia

(Medan: Perdana Publishing, 2016)

Departemen Agama RI,Pola Pembelajaran di Pesantren (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama

Islam, 2003)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi II, (Jakarta : Balai Pustaka,

Efendi, Nur,Manajemen Perubahan di Pondok Pesantren (Yogyakarta : Kalimedia, 2016)

Indradjaja, Agustijanto, Awal Pengaruh Hindu Budha di Nusantara,Jurnal, Volt. 23, No. 2, 2014

Konflik Kelompok Agama di Indonesia,Jurnal Pelita Zaman, Volt. 15, No. 1, 2000

Masyhud, Sulthon, dan Moh. Khusnurdilo,Manajemen Pondok Pesantren (Jakarta : Diva Pustaka, 2004)

Muthohar, Ahmad,Ideologi Pendidikan Pesantren: Pesantren di Tengah Arus Ideologi-Ideologi Pendidikan

(Ikhtiar Memotret dan Mencari Formulasi Baru Sistem Pendidikan Pesantren dalam Berbagai

Ideologi Pendidikan Kontemporer) (Semarang: Pustaka Rizky Putra, 2007)

Qomar, Mujamil,Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi (Jakarta : Erlangga,

tt)

——————,Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi (Jakarta : Erlangga,

Tim Prima Pena,Kamus Besar Bahasa Indonesia (ttp, Gitamedia Press : tt)

Wahjoetomo,Perguruan Tinggi Pesantren (Jakarta : Gema Insani Press, 1997)

Dokumen temuan peneliti pada hari Rabu, 23 Mei 2018.

Dokumen temuan peneliti pada hari selasa, 12 Desember 2017.

Observasi pada hari Kamis, 7 Desember 2017 di Pesantren Modern Tahfizhil Quran Yayasan islamic centre.

Wawancara dengan Ustaz Irham Taufik, Wakil Direktur Pesantren, pada hari Senin, pukul. 14.00 WIB, di

Kantor Pesamtren , 12 Maret 2018.

Wawancara dengan Ustaz Zulfanuddin Marbun, Kepala MTZQ tahun 2018, pada hari Rabu, pukul. 17.00

WIB, di Kantor Kepala MTZQ , 12 Maret 2018.

Wawancara dengan Ustaz Charles Rangkuti, Kepala MA, pada hari Sabtu, pukul. 11.00 WIB, di Kantor

Kepala Madrasah Aliyah, 06 Mei 2018.

Wawancara dengan Ustaz M.Nazri, Guru Tahfizh, pada hari Kamis, pukul. 11.00 WIB, di Mushalla Putri, 05

Mei 2018.

Wawancara dengan Andi Zainal, Guru MTZQ, pada hari Kamis, pukul. 17.00 WIB, di Kantor MTZQ, 05

Mei 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i1.1715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.