NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM ALQURAN (Studi Analisis Kisah Nabi Adam as Pada Q.S. al-Baqarah: 30-39)

Agus Salim, Achyar Zein, Syamsu Nahar

Abstract


Abstract: As a majority Muslim country, Indonesia is far from Islamic values. One of the problems faced is
the moral crisis. One story of moral education is in the memorial of the prophet Adam’s story in Q.S al
Baqarah: 30-39 with the phenomenon of moral shift in human life. The purpose of this study is to examine
the views of mufassir, understanding, and describe the implementation of moral education values contained
in Q.S al Baqarah: 30-39. This research is library research and qualitative approach. Data were
taken from related books and commentaries, and analyzed data using tafsir tahlili method. The results of
this study indicate that: the values contained in Q.S al Baqarah: 30-39 are humble, proud prohibition,
prohibition of envy, and forgiving. Implementation of a humble attitude as the main foundation in understanding
and mastering science, the arrogant prohibition when it has any merit in order not to use it in
pride let alone degrading others, the spiteful embedded in the self makes discomfort when looking at the
person of a higher position, the forgiving nature that in the end muffling any pent-up liver disease. Actualization
of moral education will be realized by prioritizing the positive traits taken in Q.S al Baqarah: 30-39.
Sebagai negara muslim mayoritas, Indonesia jauh dari nilai-nilai keislaman. Salah satu problem yang
dihadapi adalah krisis akhlak. Salah satu kisah pendidikan akhlak ada dalam peringatan kisah nabi
Adam as dalam Q.S al Baqarah: 30-39 dengan fenomena pergeseran moral di dalam kehidupan manusia.
Tujuan penelitian adalah menelaah pandangan mufassir, memahami, dan mendeskripsikan implementasi
nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Q.S al Baqarah: 30-39. Penelitian ini menggunakan
library research dengan pendekatan kualitatif. Data diambil dari buku-buku dan tafsir yang berkaitan,
dan menganalisis data menggunakan metode tafsir tahlili. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: nilai
yang terkandung dalam Q.S. al Baqarah ayat 30-39 adalah rendah hati, larangan sombong, larangan
dengki, dan pemaaf. Implementasi sikap rendah hati sebagai pondasi utama dalam memahami dan
menguasai keilmuan, larangan sombong ketika mempunyai kelebihan apapun agar tidak memanfaatkannya
dalam kesombongan apalagi merendahkan orang lain, sifat dengki yang tertanam dalam diri membuat
ketidaknyamanan ketika melihat orang yang kedudukannya lebih tinggi, sifat pemaaf yang pada akhirnya
meredam segala penyakit hati yang terpendam. Aktualisasi pendidikan akhlak akan terealisasi dengan
mengutamakan sifat-sifat positif yang diambil dalam Q.S al Baqarah: 30-39.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abd. Aziz,Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam, Yogyakarta: TERAS,

Abu Dawud,Sunan Abuu Dawud Kitab al Adab Bab fi al Hasad, No. 4257

Abudin Nata,Metodologi Studi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

Ahmad Muhammad Al Hufy,Akhlak Nabi Muhammad saw Terj. Mashdar Helmy, (Jakarta: Bulan Bintang,

Ahmad Syadaly dan Ahmad Rafi’i,Ulumul Quran II (Bandung: Pustaka Setia, 2004.

Athiyah al Abrasyi,dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam Terj. Bustami A. Ghani dan Johar Bahri (Jakarta:

Bulan Bintang, 1970.

Azyumardi Azra,Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti ‘Membangun kembali anak Bangsa’, (jurnal.upi.edu,

, No. 1/XX/2001)

Hamdani Ihsan dan A. Fuad Ihsan,Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Hasan Sadily,Ensiklopedia (Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeva, 1980.

Jefry Iang,Bahkan Malaikat pun Bertanya, Membangun Sikap Berislam yang Kritis (Jakarta: Serambi Ilmu

Semesta, 2001.

Moh. Hailani & Syamsul Kurnaiwan,Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Muhaimin,Pendidikan Islam: Mengurangi Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Muhammad ‘amiyyah al-Abrosyi,Ruhu al-Tarbiyyah wa al-Talim, Bairut: Dar al Ihya’, 1950.

Muhammad Thalhah Hasan,Dinamika Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Jakarta: Lantabora Press.

Sa’id Hawwa,al Asâs fî Tafsîr (Alih Bahasa oleh Syafril Halim) Jakarta: Rabbani Press, 2000.

Shalah Al Khalidi,Kisah-kisah Al-Qur’an, pelajaran dari Orang-Orang dahulu, Jakarta: Gema Insani, 1999.

Syekh Mustafa Ghalayani,Bimbingan Menuju ke Akhlak yang Luhur, Semarang: Toha Putra, 1976.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung:

Citra Umbara, 2000.

Zakiah Dradjat, dkk,Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i1.1709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.