Esensi Kurikulum dalam Pendidikan Islam
Abstract
Kurikulum menjadi salah satu bagian terpenting dalam sistem pendidikan, sebab kurikulum merupakan alat buat memperoleh tujuan pendidikan dan sekaligus menjadi acuan aplikasi pengajaran dalam semua jenis serta jenjang pendidikan. Pada Islam, istilah kurikulum bermakna manhaj, yang berarti jalan terang yang diikuti oleh pendidik dan peserta didik buat berbagi pengetahuan, keterampilan, serta sikapnya. Tujuan dari penelitian ini ialah buat mengetahui hakikat kurikulum pendidikan Islam. Penelitian ini memakai metode penelitian kepustakaan atau library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum adalah pedoman yang digunakan pendidik buat membina peserta didiknya mengarah tujuan tertinggi pendidikan Islam dengan cara memperoleh banyak pengetahuan, keterampilan, serta sikap. Oleh karena itu, proses pendidikan Islam bukanlah proses yang dianggap tidak penting, melainkan harus mengarah di bentuk konseptual manusia sempurna (insan kamil), yang strateginya disusun secara terstruktur pada kurikulum pendidikan Islam.
Full Text:
242-250 PDFReferences
Alhaddad, M. R. (2018). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Raudhah: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 57–66. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.23
Assegaf, Abd. R. (2013). Aliran Pemikiran Pendidikan Islam: Hadharah Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern. (1st ed.). Raja Grafindo Persada.
Bainar. (2019). Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Kurikulum. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(2), 271–293. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/25
Dermawan, R., Safitri, D., Thohirkan Sirait, M., & Hanum OK, A. (2023). Mahami Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Ikram: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 25–32.
Drajat, M. (2020). Re-orientasi Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 3(2), 172–185. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue/view/4
Hanum OK, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam (Revisi). CV.Scientifik Corner Publishing.
Jalaluddin. (2017). Filsafat Pendidikan Islam: Dari Zaman Ke Zaman (1st ed.). Rajawali Pers.
Janah, F., Asror, F. M., & Purnomo, E. (2022). Kurikulum Pendidikan Islam: Hakikat dan Komponen Pengembangannya. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 249–259. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i2.1144
Mustaqim, Y. (2014). Pengembangan Konsepsi Kurikulum dalam Pendidikan Islam. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 1–24. http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.761
Nidawati. (2021). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(1), 22–42. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i1.8427
Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam. 15(28), 68–73. http://dx.doi.org/10.18592/ittihad.v15i28.1934
Nurmadiah. (2016). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Ilmu Keislaman dan Peradaban, 2(2), 41–54. https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93
Pane, M., & Noer Aly, H. (2023). Orientasi dan Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1388
Setiyadi, S., Rohima, Sari, Y., & Andri Yani, M. (2020). Komponen Pengembangan Kurikulum. Jurnal Likhitaprajna, 22(1), 13–21. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v22i1.171
Sukmawati, H. (2021). Komponen-Komponen Kurikulum dalam Sistem Pembelajaran. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 7(1), 62–70. https://doi.org/10.59638/ash.v7i1.403
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v7i4.16444
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.