Peran Guru dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits

Aufi Nadra Izzati, Alya Fadhluna ZamZam, M. Inggit Prabowo

Abstract


Dalam dunia pendidikan, keberadaan pendidik dan peserta didik sangatlah penting. Peran guru menjadi krusial karena mereka menjadi sumber panduan bagi para peserta didik. Dalam pendidikan, seorang pendidik yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajar peserta didik harus memenuhi syarat, memiliki tugas, dan kepribadian yang ditentukan. Selain itu, penting untuk memahami bagaimana pendidik dalam konteks Al-Qur'an dan Hadis yaitu murabbi, mu'allim, mu'addib, mudarris, muzakki, dan ustadz. Penulis bertujuan untuk menganalisis dan menulis jurnal dengan judul "Hakikat Pendidik dalam Pendidikan Islam" dengan menggunakan metode kualitatif yaitu pengumpulan data. Menurut penulis, untuk dapat menciptakan generasi yang cerdas dengan akhlak dan tutur kata yang baik, seorang pendidik harus memenuhi syarat-syarat, tugas, dan kepribadian yang mencerminkan seorang guru profesional.


Full Text:

251-259 PDF

References


Baidlawie, B. T. E. S. & M. H. (2018). Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Iktibar (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(2), 68–75.

Christina. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan Rahmat Tuhan yang Maha Esa Presiden. Zitteliana, 19(8), 159–170. Retrieved from bisnis ritel - ekonomi

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kopetensi, dan Tanggung Jawab menjadi Guru ProfesionalNo Title. Jurnal Edukasi., 163.

Fitriana, S. (2019). Peran Kepribadian Guru Dalam Proses Belajar Mengajar (Analisis Kritis-Konstruktif Atas Pemikiran Zakiah Daradjat). Jurnal Muslim Heritage, (Peran Kepribadian Guru Dalam Proses Belajar Mengajar (Analisis Kritis-Konstruktif Atas Pemikiran Zakiah Daradjat)), 282–291.

Gunawan, G., & Pasaribu, S. (2022). Alat Dan Media Pembelajaran Dalam Perspektif Tafsir Al-Misbah. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 15(1), 86-106.

Harmani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.; H. Abadi, ed.). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.

Hasanah, S. R. M. (2018). Pendidik Dalam Perspektif Hadits Rasulullah Saw. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 9(1), 33–37. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i1.54

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Pendidikan, 1(1), 24–44.

Ramadanti, F. (2023). Surat At-Taubah Ayat 122, Tegaskan Pentingnya Menuntut Ilmu. Detik Hikmah. Retrieved from https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6605892/surat-at-taubah-ayat-122-tegaskan-pentingnya-menuntut-ilmu

Samuji. (2021). Mengenal Persyaratan Pendidikan Bagi Guru dalam Upaya Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Paradigma, 11(April 2021), 45–63.

Sanjani, M. A. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 36–37.

Tarmisi. (2016). Kepribadian Guru Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Kependidikan Dan Konseling, 21.

Yumriani5, A. R. B. S. A. M. A. F. Y. K. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 25. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul%250




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v7i4.16442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.