Mengulas Hakikat Manusia serta Implikasinya dalam Pendidikan Islam

Fatma Ayu Winata, Nurul Aisyah, Dinda Amalia, Akhirul Aman Dasopang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman yang mendalam tentang hakikat manusia dalam Islam dan menganalisis implikasinya dalam konteks pendidikan. Metode studi pustaka digunakan untuk melakukan pencarian, pemilihan, dan analisis terhadap literatur yang relevan, seperti buku dan jurnal, yang berkaitan dengan pemahaman hakikat manusia dalam pendidikan Islam. Data yang terkumpul dianalisis secara kritis dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif.

Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman hakikat manusia dalam Islam memiliki dampak signifikan dalam konteks pendidikan. Pendidikan Islam yang berpusat pada hakikat manusia dapat membantu individu mencapai potensi penuh mereka dan menjadi anggota masyarakat yang berkontribusi secara positif. Implikasi ini memerlukan perhatian yang lebih besar dalam perencanaan kurikulum, metode pengajaran, dan pembinaan pendidik agar pendidikan Islam dapat efektif dalam membentuk individu yang berkualitas, berakhlak mulia, dan berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Alim, A. S. (2020). Hakikat Manusia, Alam Semesta, dan Masyarakat dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(2), 144–160. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i2.1760

Basyit, A. (2017). Memahami Fitrah Manusia Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Rausyan Fikr, 13(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2130

Burga, M. A. (2019). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Al-Musannif, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i1.16

Daulai, A. F. (2021). Hakikat Manusia Dan Pendidikan. Tazkiyah, 10(02). http://dx.doi.org/10.30829/taz.v10i2.1222

Hanum OK, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam (Sebuah Pengantar) (Cetakan Kedua). CV. Scientifik Corner Publishing.

Jarbi, M., & Ag, S. (2022). Hakikat Manusia Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendais, 4(01).

Nisa Pangesti Br Tarigan, G., Limbong, R., Wiryanti Siregar, W., & Hanum Ok, A. (2022). Hakikat Manusia Dalam Pendidikan Islam. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(3), 99–110. https://doi.org/10.58192/populer.v1i3.408

Saihu, M. (2022). Eksistensi Manusia Sebagai Khalifah dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(2). https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/804

Satriadi, I. (2009). Tujuan Penciptaan Manusia Dan Nilai Edukasinya (Kajian Tafsir Tematis). Ta’dib, 11(2). https://doi.org/10.31958/jt.v12i1.153

Sinaga, P. W., Fazryn, I., Mrp, Z. N., & Siregar, M. U. (2022). Hakikat Manusia dan Implikasinya terhadap Pendidikan dalam Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 9597. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9900

Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar, 8(2). http://dx.doi.org/10.29300/jpkth.v8i2.2582

Syakban, I. (2019). Eksistensi Manusia Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(1). https://doi.org/10.31869/jkpu.v2i2.1543

Syarif, M. (2017). Hakekat Manusia dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2). https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1042

Yunitasari, D., & Pd, M. (2018). Mengupas Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pendidikan Dan Implikasinya. Jurnal PPKn dan Hukum, 13(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v7i3.16235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.