ANALISIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER BUDIMAN SISWA (STUDI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA)

Nur Ika Sukmawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh isu meningkatnya kemerosotan moral yang terjadi di lingkungan masyarakat, terutama lingkungan pendidikan. Pendidikan sebenarnya merupakan salah satu solusi yang cukup strategis untuk mengatasi kemerosotan moral yang terjadi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui sejauh mana pendidikan (Pendidikan Agama Islam) dalam membentuk dan memperbaiki karakter pada siswa. Metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan (study literature) yakni menggali informasi dari berbagai sumber kepustakaan yang dalam hal ini menaruh fokus ke arah pemikiran Ki Hajar Dewantara. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa pendidikan agama Islam adalah salah satu  agen perubahan yang signifikan dalam membentuk karakter budiman siswa, hal ini sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Dalam pelaksanaan pembelajaran, PAI memiliki konsep pengajaran dan materi yang secara langsung maupun tidak langsung dapat memperbaiki karakter siswa, yang tentunya harus dibarengi dengan langkah dan strategi yang tepat dari semua pihak yang terkait dalam proses pendidikan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ainiyah, Nur. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1).

al-Abrasy, M. Athiyyah. (t.t). Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bulan Bintang.

al-Nahlawi, Abdurrahman. (1995). Usulut Tarbiyah alIslamiyah wa Asalibuha atau Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, terj. Shihabuddin. Jakarta: Gema Insani Press.

Amin Abdullah, M. (2014). Religion, Science And Culture: An Integrated, Interconnected Paradigm Of Science. Al-Jami’ah, 52(1), 175–203. Https://Doi.Org/10.14421/Ajis.2014.521.175-203.

At-toumy, Omar Mohammad. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta : Bulan Bintang.

Bali, Muhammad Mushfi El Iq, and Nurul Fadilah. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9 (1), 15.

Dewantara, Ki Hadjar. (1966). Asas-asas dan Dasar-dasar Tamansiswa. Yogjakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Dewantara, Ki Hadjar. (1967). Karya Ki Hadjar Dewantara: Bagian Pertama, Pendidikan. Yogyakarta: Majlis Luhur Tamansiswa.

Dradjat, Zakiah. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Efendy, Rustan, dan Irmwaddah. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa, Dialektika: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Fadilah dkk. (2021). Pendidikan Karakter. Jawa Timur: Agrapana Media.

Hamdani, Ihsan dkk. (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayah, R. N. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(2).

Husaini, Adian. (2011). Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab. Bogor: Komunitas Nuun Bekerjasama dengan Pps Pendidikan dan Pemikiran Islam UIKA.

Khusni, M. F. (2018). Fase Perkembangan Anak Dan Pola Pembinaannya Dalam Perspektif Islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). Https://Doi.Org/10.21274/Martabat.2018.2.2.361-382

Marzuki, S., Kistoro, H. C. A., & Ruiya, S. (2021). Kedisplinan Shalat Siswa Di Smk Muhammadiyah 2 Sleman Ditinjau Dari Pengaruh Penggunaan Gadget. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5, 27–39.

Maulana, Aldi, dkk. (2023). Relevansi Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Akhlak dalam Islam di Sekolah. Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Keagamaan, 7(1).

Maulida, Ali Imran Sinaga, dan Wahyudin Nur Nasution. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Pembentukan Karakter Islami Siswa SMA Negeri 1 Model Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Keagamaan, 3(1).

Nasrullah dan Hanif Cahyo Adi Kistoro. (2022). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Ajaran Ki Hajar Dewantara, Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 20(2), 1269-1278.

Nata, A. (2005). Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Purnamasari, D. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1. Https://Doi.Org/10.29240/Jbk.V1i1.233

Puspitasari, Novi, Linda Relistian, Reonaldi Yusuf. (2022). Peran Pendidikan Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik, Atta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57-68.

Ulwan, Abdullah Nasih. (t.t). Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Terj Sefullah Kamalie Dan Hery Noer Ali, Jilid 2. Semarang: Asy-Syifa.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i2.15962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.