KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MERANCANG TES (Analisis Aplikasi Anates Ganda Di Sekolah SMA Negeri 1 Hinai)
Abstract
agama Islam di sekolah SMA Negeri 1 Hinai dan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan guru PAI merancang tes serta kemampuan guru PAI dalam menganalisis tes dengan menggunakan
aplikasi Anates ganda di sekolah SMA Negeri 1 Hinai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang akan menghasilkan data berupa katakata
tertulis maupun lisan dari orang-orang yang dapat diamati, sedangkan yang menjadi instrumennya
adalah peneliti sendiri. Data diperoleh dari dua sumber, yaitu data sekunder dan data primer. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penjamin
keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data dilakukan secara interaktif
dengan proses analisis data reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja (menarik
kesimpulan penelitian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru pendidikan agama Islam
di sekolah SMA Negeri 1 Hinai yaitu melalui musyawarah MGMP agama Islam dan KKG Langkat,
kemampuan guru pendidikan agama Islam kelas X dan XII yaitu Ibu Masnia dan Nur Azizah cukup baik,
karena membuat soal pilihan ganda dan essay atau uraian berdasarkan kaidah-kaidah penulisan soal.
Namun perlunya perbaikan untuk meningkatkan kualitas soal yang lebih baik. 2) Melalui pelatihan, diklat,
worskop pendidikan agama Islam ataupun seminar pendidikan yang diiukuti oleh guru PAI akan meningkatkan
pemahaman dalam membuat atau merancang soal dengan benar dan tepat. 3) Kemampuan Ibu Marjiah
sebagai guru pendidikan agama Islam kelas XI kurang baik, sehubungan guru honor baru yang mengajar
di sekolah SMA Negeri 1 Hinai, karena tidak percaya diri dan mempermudah dalam pembuat soal dalam
ulangan semester ganjil dan genap.
Kata Kunci: Kemampuan, Guru, Merancang, Tes
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arif, Muchamad,Penerapan Aplikasi Anates Berbentuk Soal Pilihan Berganda, Jurnal Ilmiah Edutic Vol.1
No.1, 2014 .
Arikunto, Suharsimi,Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan: Edisi II (Jakarta: Bumi Aksara, 2015).
Daradjat, Zakiah, Kepribadian Guru,(Jakarta : Bulan Bintang, 2001).
Idris, Jamaluddin,Teknik Evaluasi Pendidikan Dalam Pendidikan dan Pembelajaran , editor Rusydi Ananda
(Bandung : Citapustaka Media Perintis, 2011)
Lilik Hidayati dan Ripai, “Sistem Komputasi Blackbox Untuk Optimasi Pengkoreksian Multi Tipe dan
Teknik Skorsing Soal Objektif” , Jurnal Prosiding: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan
Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 9 November 2013.
Majid, Abdul,Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)
Mulyasa,Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007)
Purwanto,Evaluasi Hasil Belajar (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)
Purwanto, Edy,Evaluasi Proses Dan Hasil dalam Pembelajaran, (Yogyakarta: Penerbit Ombak Duo, 2014)
Rusman,Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajagrafindo Persada,
Soewando,Sistem Pengajaran Kurikulum Berbasis Komptensi (Jakarta: Pusar Kurikulum Balitbang, Depdiknas,
Sudijono, Anas,Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persabda, 2009)
Sulistyorini,Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, (Yogyakarta: Teras, 2009)
UU RI No 14 Tahun 2005 pasal 1 ayat (10).
Yusuf Tayibnapis, Farida,Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian
(Jakarta: Rineka Cipta, 2008)
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i1.1577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.