DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANDROID DI SMP N 2 TALAMAU

Vero Yunanda

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada kemajuan dalam inovasi data yang menggabungkan pengaruh positif pada dunia pengajaran. Dimana saat ini bentuk pembelajaran sudah mulai dikolaborasikan dengan pembelajaran elektronik. Salah satu kemajuan dalam inovasi data yang berkembang pesat saat ini adalah smartphone. Namun pencipta melihat bahwa smartphone lebih sering digunakan untuk kesenangan semata, sebaliknya jika digunakan secara sah dapat digunakan dalam pegangan pembelajaran. Hasil wawancara penulis dengan pengajar dan siswa mata pelajaran IPA SMP N 2 Talamau, media pembelajaran bersumber dari buku paket dan internet, guru lebih sering menggunakan metode ceramah dikarenakan keterbatasan waktu karena mempersiapkan media membutuhkan

waktu yang cukup lama. para siswa mengatakan bahwa instruktur menjelaskan pelajaran juga cepat dan cenderung membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan sebuah media pembelajaran Ipa berbasis Android yang dibuat dengan memanfaatkan software  Adobe flash CS6 dan beberapa dukungan lainnya.


Full Text:

PDF

References


M. Maimunah, “Metode Penggunaan Media Pembelajaran,” Al-Afkar J. Keislam. Perad., 2016.

S. N. Farida, “Hadis-hadis Tentang Pendidikan (Suatu Telaah tentang Pentingnya Pendidikan Anak),” Diroyah J. Stud. Ilmu Hadis, 2018.

I. A. Huda, “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, 2020.

V. Azizah Mutiara, “Teknologi Informasi Komunikasi dan Perkembangannya,” Teknol. Inf. Komun. dan perkembangannya, 2020.

G. K. Assidik, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital yang Interaktif dan Kekinian,” Semin. Nas. SAGA Univ. Ahmad Dahlan, 2018.

E. Sulis, “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Adobe Flash Profesional CS6,” issn, 2018.

N. Ibrahim and I. Ishartiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SMP,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, 2017.

Laila Raudatul Fauziah, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6,” Al Murabbi, 2020.

R. F. Rahmat, L. Mursyida, F. Rizal, K. Krismadinata, and Y. Yunus, “Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital,” J. Inov. Teknol. Pendidik., 2019.

B. A. Pangestu, “Pemanfaatan media pembelajaran dalam pendidikan,” Semin. Nas. Pendidik., 2017.

S. Wahyuni, “Pengembangan Bahan Ajar IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP,” Pros. Semin. Nas. Fis. dan Pendidik. Fis., 2015.

Wikipedia, “Android (sistem operasi) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,” Android. 2013.

R. Okra and Y. Novera, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan,” J. Educ. J. Educ. Stud., 2019.

T. B. G. Egziabher and S. Edwards, “Pengertian Media Pembelajaran Media,” Africa’s potential Ecol. Intensif. Agric., 2013.

h Metode Pembelajaran Authentic Material Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa,” J. Educ. J. Educ. Stud., vol. 4, no. 1, p. 15, 2019, doi: 10.30983/educative.v4i1.966.

Gunawan, G., & Ritonga, A. A. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v7i2.15001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.