HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PEMBELAJARAN HYBRID DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH SDAM PRODI PTIK

Maisa Rahmatika

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pandemi Covid-19 yang membuat Kurangnya minat mahasiswa untuk belajar  Banyak mahasiswa kuran paham dengan materi pembelajaran Mahasiswa yang dapat shift online merasa terabaikan pada mahasiswa IAIN BUKITTINGGI.

Jenis Penleitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kuantitatif Assosiatif metode yang digunakan metode Korelasi Berdasarkan hasil penelitian tentang korelasi persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran Hybrid dengan hasil belajar pada mata pelajaran SDAM prodi PTIK di IAIN Bukittingg yang telah diuraikan Untuk korelasi antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran Hybrid dengan hasil belajar siswa memiliki korelasi positif dan signifikan yaitu sebesar 0,557. Hal ini membuktikan bahwa terdapat korelasi antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran Hybrid dengan hasil belajar mahasiswa pada mata pelajaran SDAM pada prodi PTIK.

Koefisien determinasi yang penulis dapatkan dalam penelitian ini adalah sebesar 29.9%, artinya besar sumbangan (kontribusi) dari persepsi mahasiswa terhadap hasi belajar sebesar 31,02% dan sisanya sebesar 70.168,98% disebabkan oleh faktor lain. untuk mengetahui signifikasi dari penelitian ini, maka didapatkan nilai sig Uji korelasi hitung sebesar o,00 dari yang jika dibandingkan kriteria nya yaitu nilai sig < 0,005. Artinya ada korelasi yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran Hybrid dengan hasil belajar pada mata pelajaran SDAM prodi PTIK IAIN Bukittinggi.

 

 

 

 


Full Text:

PDF 73-77


DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v7i1.15000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.