Desain Media Pembelajaran Interaktif Komputer Jaringan Dasar Kelas X Menggunakan Powtoon di SMKN 4 Payakumbuh

Rahmawati Qodri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang desain media pembelajaran interaktif komputer jaringan dasar menggunakan powtoon di SMKN 4 Payakumbuh. Hasil wawancara bersama guru mata pelajaran KomputerJaringan dasar bahwa media yang digunakan masih berupa papan tulis dan Microsoft Power Point seadanya sehingga kurangnya variasi media pada penyampaian materi.

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Decide, Design, Develop, Evaluate (DDD-E). Nilai uji validitas rata-rata adalah 0,89 (sangat valid), nilai tes kepraktisan rata-rata adalah 0,86 (sangat tinggi), dan rata-rata uji efektivitas adalah 0,88, sesuai dengan temuan pengujian produk yang dilakukan dengan berbagai dosen, guru, dan siswa. (sangat efektiv). Dengan demikian media pembelajaran ini bersifat valid, praktis dan efektiv untuk digunakan.


Full Text:

PDF 78-87

References


Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, 5(1), 15–25. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411

Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119–128. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375

Jenisa, K., & Lubis, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Tgb Smk Negeri 1 Lubuk Pakam. Educational Building, 2(1), 77–86. https://doi.org/10.24114/eb.v2i1.3850

Khomarudin, A. N., & Efriyanti, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72–87. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543

Kuswandi, I., & Kuswandi, I. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita Dengan Mengoptimalkan Penggunaan Media Yang Ada Di Lingkungan Sekolah Di Sekolah Dasar Luar Biasa Saronggi Kabupaten Sumenep. Jurnal Autentik, 1(2), 30–42.

Lam, S., Nasution, A., Windari, F., & Zuhri Harahap, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Bidang Studi Akutansi Di Feb Universitas Labuhanbatu. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 67–75.

Maulinisa, R., & Anrada, A. (2021). Aplikasi Media Pembelajaran pada Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku di MIN 2 Kebonagung Imogiri Bantul, Yogyakarta. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 1(1), 185–204. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.331

Megawati, L. Efriyanti, Supriadi, H. A. Musril, S. M. D. (2022). Perancangan Media Pembelajaran TIK Kelas XI Menggunakan Google Sites di SMA Negeri 1 Junjung Sirih. IRJE : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 164–175.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4(2), 121–134. https://doi.org/10.30983/educative.v4i2.2340

Purwandari, A., & Wahyuningtyas, D. T. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas Ii Sdn Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163–170. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11717

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/jt.v19i3.55




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v7i1.14976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.