Pentingnya Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan upaya yang dilakukan untuk membantu mengembangkan dan mengarahkan jiwa individu dari sifat bawaannya menuju peradaban yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan betapa
pentingnya pendidikan akhlak pada anak usia dini dan melihat bagaimana penerapan akhlak pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini berhubungan dengan fenomena sosial di sekolah, yaitu menganalisis pendidikan anak usia dini di TK An-Nizzam pada masa setelah covid-19. Teknik
pengumpulan data yang utama dilaksanakan peneliti adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. melalui prosedur observasi lapangan, pengambilan data, dan analisis data penelitian. Peneliti melakukan crosscheck mengenai kevalidan data kepada guru dan para murid TK An-Nizzam.
Proses pembelajaran anak usia dini dihimbau untuk melaksanakan pembelajaran di kelas masing-masing. Guru tetap memantau perkembangan murid dalam pentingnya akhlak dan memberikan arahan kepada murid di TK An- Nizzam. Teknik pengumpulan data yang utama dilaksanakan peneliti adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan langkah-langkah: Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pendidikan akhlak anak dilakukan sejak dini, sebelum watak dan kepribadiannya terpengaruh lingkungan yang tidak parallel dan dari tuntunan agama. Oleh karena itu,dalam mendidik anak usia dini perlu adanya perhatian khusus bagi orang tua maupun guru dalam memperhatikan pendidikan akhlak anak. Karena baik dan buruknya perilaku anak, bergantung pada pendidikan yang diberikan kepada anak tersebut sejak usia dini, jika anak terebut menjadi anak yang baik dan begitu pula sebaliknya. Maka dalam hal ini perlu adanya Kerjasama antara orangtua dan guru agar anak usia dini dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang mempunyai akhlak yang mulia dan islami.
Full Text:
PDF 195-201References
Dian, R., Putri, P., Kurniawan, S. J., Pgsd, ), Dahlan, A., Bimbingan, ), & Konseling,
D. (2018). IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP. Seminar Nasional. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&scioq=Yatimin+Abdul lah%2C+Studi+Akhlak+dalam+Perspektif+al- Qur’an%2C&q=Implementasi+Nilai+Karakter++Pada+Anak+Usia+Dini+Melalui
+Metode+Pembelajaran+Field+Trip&btnG=
Mufarohah, L., Mujahidin, E., & Alim, A. (2018). 12 Pendidikan Akhlak Untuk Anak Usia Dini. Prosiding Bimbingan Konseling, 98–104.
Nasional, D. pendidikan. (2013). Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama. https://www.kemdikbud.go.id/
Saebani, B. A., & Hamid, A. (2017). Ilmu Akhlak (B. A. Saebani (ed.); 3rd ed.). Pustaka Setia. http://senayan.iain- palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13115&keywords=
Suhartono, S., & Latifah, N. (2019). Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 87–109. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i1.4
Suhartono, S., & Yulieta, N. R. (2019). PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI ERA
DIGITAL. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 36–53. https://doi.org/10.51468/JPI.V1I2.9
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i2.13166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.