Tantangan Dan Potensi Pendidikan Islam Di Era Milenial

Dewi Aryanti

Abstract


Pendidikan Islam di Era Milenial, bahwasanya era milenial itu banyak pekerjaan yang telah diselamatkan, dengan peluang dan tantangan yang harus diselesaikan dan dijawab. Salah satunya adalah generasi muda Islam yang telah mencapai milenial, sehingga berdampak pada sikap dan perilaku yang dihasilkan. Tren dan ketergantungan pada teknologi dan komunikasi adalah fenomena yang paling umum. Siswa mulai menghabiskan banyak waktu di depan ponsel mereka. Silaturahmi, tatap muka dan diskusi jarang terjadi. Munculnya zaman milenial, dan idealnya dunia pendidikan Islam harus merespon dengan cepat. Sifat dan tujuan dari sudut pandang pendidikan Islam, sangat jelas bahwa manusia diciptakan. Butuh strategi untuk mencapai tujuan pendidikan Islam dalam perjuangan zaman Islam milenial. Oleh karena itu, pendidikan Islam harus berani merekonstruksi atau merumuskan kembali paradigma pendidikan yang memungkinkan mereka muncul dan bersaing di tengah gelombang milenial.

Keywords:

Tantangan;

Potensi;

Pendidikan Islam;

Era Milenial;

 


Full Text:

PDF 181-194

References


Arifin, Muzayyin. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Barni, Mahyuddin. (2019). Tantangan Pendidik di Era Millennial. Jurnal Transformatif, 3 (1)

Daulay, Haidar Putra. (2004). Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: Kencana

Djazaman, Mohammad. (2009). Konsep Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, (1)

Djohar. (1999). Soal Reformasi Pendidikan Omong Kosong, Tanpa Mengubah UU No. 2/89. Kedaulatan Rakyat

Habibi, Muhammad. (2018). Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12 (1)

Handayani, Titik dan Lailatis Saadah. (20019). Islamic Schools as A Means of Millenial Generations Education. Tadris, 14 (1)

Hidayat, Andi. (2018). Metode Pendidikan Islam Untuk Generasi Millennial. Fenomena, 10 (1)

Jalal, Fasli. (2001). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita

Mastuhu. (1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam: Strategi Budaya Menuju Masyarakat Akademik. Jakarta: Logos

Muhaimin (2012). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers

Nata, Abuddin. (2018). Pendidikan Islam di Era Milenial. Conciencia, 18 (1)

Priatmoko, Sigit. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1 (2)

Putra, Yanuar Surya. (2017). Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Stiema

Rembangy, Musthofa. (2010). Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikaan Di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras

Ritonga, Ahmad Husein dan Fahmi Bafadhal. (2018). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam Pada Era Milenial. Innovatio: Journal for Religious-Innovation Studies, 18 (1)

Sanaky, Hujair AH. (1999). Studi Pemikiran Pendidikan Islam Modern. Jurnal Pendidikan Islam, Konsep dan Implementasi, V (IV)

Tafsir, Ahmad. (2011). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tilaar, H.A.R. (1999). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Bandung: Rosdakaraya

Uhbiyati, Nur. (1998). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i2.13162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.