Evaluasi Manajemen Pengelolaan Madrasah di MAS Islamiyyah Hesa Air Genting

Reza Alamsyah

Abstract


penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang evaluasi manajemen pengelolaan madrasah di sekolah madrasah Aliyah swasta hesa air genting, karena pada saat sekarang ini sering terjadi perubahan mentri dan mempengaruhi berubahnya juga undang-undang pendidikan, dampaknya juga dapat mempengaruhi berubahnya kurikulum, aturan sekolah, maka dari itu perlu adanya evaluasi dalam merencanakan atau mengelola madrasah. adapun analisis datanya, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan melalui wawancara serta dibarengi dengan dokumendokumen yang lengkap, valid dan dapat dipercaya, karena dari sumbernya langsung.temuan peneliti di mas Islamiyyah hesa air genting a)Dalam proses belajar mengajar diharapkan guru dapat meningkatkan penggunaan metode dan model pembelajaran yang bervariasi seperti penggunaan teknoliogi (contohnya infocus ) agar siswa tidak merasa bosan ketika belajar. b)Bagi Mas Islamiyah Hessa Air Genting, agar dapat mempertahankan nama baik sekolah dengan meingkatkan kompetensi, motivasi, serta pengayoman terhadap siswa. c) Diharapkan adanya majlis guru dan semua pihak untukmendorong siswa agar lebih giat lagi dalam kegiartan pembelajaran danekstrakurikuler.

Full Text:

PDF 315-322

References


Hasil Wawancara dengan Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum,

Kesiswaan, dan Ketua Perpustakaan MAS Islamiyyah Hesa Air Genting.

Meleong, Lexy J. (2002). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Maulida Hasanah. (2021). Evaluasi Kurikulum MIS Ti Al- Musththafawiyah. EduReligia: Jurnal kajian Pendidikan Islam dan Keagamaan. 5 (4). 376-377.

Mulyasa,E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks

Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, I. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Sunhaji. (2006). Manajemen Madrasah, Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2011). Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i4.13049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.