INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL

Masdar Limbong, Firmansyah Firmansyah, Fauzi Fahmi

Abstract


Kualitas lulusan pendidikan era disrupsi tidak terlepas dari keberhasilan kurikulum yang menaunginya. Kurikulum pendidikan begitu penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini guna mendeskripsikan terkait pengembangan kurikulum pendidikan yang diterapkan berbasis multikultural di lembaga pendidikan. Pada penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mengandalkan dari sumber bibliografi seperti artikel jurnal ilmiah dan buku yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi dari kurikulum pendidikan berbasis multikultural mampu menggabungkan perbedaan kultural peserta didik, menciptakan pemahaman terhadap kebudayaan orang lain, adanya sikap toleransi antar peserta didik, membangkitkan semangat kebangsaan antar peserta didik, menjaga sikap dan perilaku yang baik serta menyamaratakan kesamaan antar peserta didik. 2) Implikasi kurikulum pendidikan multikulturl dari masa ke masa meliputi tiga dimensi yaitu kurikulum sebagai ide, kurikulum sebagai dokumen dan kurikulum sebagai proses.

Full Text:

PDF 343-352

References


Abdurrahmansyah, A. (2017). Pendidikan Multikultural Dalam Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Keagamaan Islam. MADANIA: JURNAL KAJIAN KEISLAMAN. Https://Doi.Org/10.29300/Madania.V21i1. 251

Banks, J. A. (2015). Cultural Diversity And Education: Foundations, Curriculum, And Teaching. In Cultural Diversity And Education: Foundations, Curriculum, And Teaching. Https://Doi.Org/10.4324/9781315622255

Chin, C. (2013). Key Dimensions Of A Multicultural Art Education Curriculum. International Journal Of Education And The Arts.

Dahlia. (2017). Pengembangan Kurikulum Multikultural Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam.

Demir, N., & Yurdakul, B. (2015). The Examination Of The Required Multicultural Education Characteristics In Curriculum Design. Procedia - Social And Behavioral Sciences. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2015.01.1085

Firmansyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal Of Social And Cultural Anthropology). Https://Doi.Org/10.24114/Antro.V5i2.14384

Huda, N. (2017). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Https://Doi.Org/10.33650/Al-Tanzim.V1i2.113

Istiqomah, L. (2017). Dinamika Perubahan Kurikulum: Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 PAUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.

Muntaha, P. Z., & Wekke, I. S. (2017). Paradigma Pendidikan Islam Multikultural: Keberagamaan Indonesia Dalam Keberagaman. Intizar. Https://Doi.Org/10.19109/Intizar.V23i1.1279

Popkewitz, T. S. (2011). Curriculum History, Schooling And The History Of The Present. History Of Education. Https://Doi.Org/10.1080/0046760X.2010.507222

Rosyada, D. (2014). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA SEBUAH PANDANGAN KONSEPSIONAL. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal. Https://Doi.Org/10.15408/Sd.V1i1.1200

Sangadji, K. (2016). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI (Sebuah Kajian Kurikulum). Biosel: Biology Science And Education. Https://Doi.Org/10.33477/Bs.V5i1.483

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan, KTSP Jakarta. In Kencana Prenada Media Group.

Sutjipto, S., Wibowo, U. B., & Hastutiningsih, A. D. (2017). IMPLEMENTASI KURIKULUM MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V2i1.618

Zainal Arifin. (2019). DASAR-DASAR KURIKULUM BERBASIS MULTIKULTURAL (Filsafat Kurikulum Yang Mengitarinya). Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman.

Zilliacus, H., Holm, G., & Sahlström, F. (2017). Taking Steps Towards Institutionalising Multicultural Education–The National Curriculum Of Finland. Multicultural Education Review. Https://Doi.Org/10.1080/2005615X.2017.1383810




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v5i4.12933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.