KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA ATAU SUMBER BELAJAR
Abstract
Sumber belajar harus berorientasi pada peserta didik. Sumber belajar harus berorientasi pada peserta didik secara individual yang berbeda dengan sumber belajar tradisional (yaitu sumber belajar yang dibuat berdasarkan pada pendekatan yang berorientasi pada guru/lembaga pendidikan). Sumber belajar yang perlu dikembangkan dalam KTSP di sekolah/madrasah antara lain laboratorium, pusat sumber belajar dan perpustakaan serta tenaga pengelola yang professional. Sumber belajar tersebut perlu didayagunakan seoptimal mungkin, dipelihara dan disimpan sebaik-baiknya. Dalam pada itu, kreativitas guru dan peserta didik perlu senantiasa ditingkatkan untuk membuat dan mengembangkan alat-alat pembelajaran serta alat peraga lain yang berguna bagi peningkatan kualitas pembelajaran. Kreativitas tersebut diperlukan bukan semata-mata karena keterbatasan pemerintah, tetapi adalah kewajiban yang harus melekat pada setiap guru untuk berkreasi, berimprovisasi, berinisiatif dan inovatif.
Full Text:
PDF 214-227References
Anitah, Sri, (2008), Media Pembelajaran, UNS Press, Surakarta
Arsyad, Azhar, (2005), Media Pembelajaran, PT Raja Grapindo Persada, Jakarta
Bafadal, Ibrahim, (1992 : 41), Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru, Bumi Aksara, Jakarta
Ellington, Henry and Fred Percival, (1984), Teknologi Pendidikan (Terjemahan Sudjarwo), Erlangga, Jakarta
Gunawan, G. (2019). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTION COMIC DAN EFEKTIVITASNYA DALAM PENYAMPAIAN MATERI AKHLAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR NAMIRA MEDAN. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
Mulyasa, (2007), Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, PT Remaja Rosda Karya, Bandung
Munadi, Yudhi, (2008), Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press, Jakarta
Pidarta, Made, (2000), Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta
Prastowo, Andi, (2012), Pengembangan Sumber Belajar, PT Pustaka Insan Madani, Yogyakarta
Rivai, Ahmad dan Nana Sudjana, (2007), Teknologi Pengajaran, Sinar Baru Algesindo, Bandung
Sardiman, (2001), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja Grapindo Persada, Jakarta
Setiyawan, Adhi dan Zainal Arifi, (2012), Pengembangan Pembelajaran Aktif Dengan ICT, PT Skripta Media Creative, Yogyakarta
Siddik, Dja’far, (2006), Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam, Cita Pustaka Media, Bandung
Syukur, Fatah, (2008), Teknologi Pendidikan, Rasail Media Group, Semarang
Uno, Hamzah B, (2010), Desain Pembelajaran, MQS Publishing, Bandung
Warsita, Bambang, (2008), Teknologi Pembelajaran : Landasan dan Aplikasinya, PT Rineka Cipta, Jakarta
Yusuf, Pawit M, (2010), Komunikasi Instruksional, Bumi Aksara, Jakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v5i3.12927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.