MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI IAIN TAKENGON

Maulida Maulida

Abstract


Penelitian ini untuk mendiskripsikan manajemen tenaga pendidik di IAIN Takengon. Adapun tujuan penelitian untuk mengungkapkan proses perencanaan, pelaksanaan program dan evaluasi tenaga pendidik di IAIN Takengon. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan kemudian menyimpulkan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa: a) Manajemen tenaga pendidik di IAIN Takengon berjalan dengan baik dan lancar. Meskipun masih ada pembenahan di beberapa aspek karena lembaga ini baru berdiri. Semua pihak ikut berperan melaksanakan manajemen tenaga pendidik di IAIN Takengon. Proses perencanaan tenaga pendidik dilakukan dengan cara menganalisis kebutuhan tenaga pendidik melalui Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja, selanjutnya diusulkan formasi kebutuhan tenaga pendidik ke Kementerian Agama RI dan baru keluar formasi. b) Proses pelaksanaan program tenaga pendidik dilakukan melalui seleksi tenaga pendidik sesuai dengan formasi yang sudah direncanakan, penempatan atau penugasan sesuai homebase prodi melalui SK Rektor IAIN Takengon mewakili Kementerian Agama RI. Pembinaan dan pengembangan tenaga pendidik melalui seminar, pelatihan, workshop dan peningkatan kualifikasi akademik untuk melanjutkan program doktoral. Pelaksanaan manajemen tenaga pendidik di IAIN Takengon mengalami sedikit kendala seperti anggaran, dan sumber daya manusia, tetapi masih dapat diatasi dengan melakukan berbagai upaya. c) Evaluasi tenaga pendidik dilakukan secara periodik setiap tahun, setiap semester dan setiap tiga bulan. Penilaian kinerja tenaga pendidik melalui Sasaran Kinerja Pegawai, Laporan Beban Kerja Dosen, angket dan absensi kehadiran.


Full Text:

PDF 265-279

References


Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Al Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2017.

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

E. Mulyasa, Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017.

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Hasan Asari (Ed), Hadis-Hadis Pendidikan: Sebuah Penelurusan Akar-Akar Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2014.

Hasil wawancara dengan Wakil Rektor 1 dan Wakil Rektor 2, Kabag. Administrasi, Akademik, Kehamasiswaan dan Umum (AAKU) serta para Ketua Jurusan pada IAIN Takengon.

Jejen Musfah, Redesain Pendidikan Guru: Teori, Kebijakan dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kelima, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

Karman, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Linda Darling-Hammond & John Bransford (Ed), Preparing Teachers For A Changing World: What Teachers Should Learn And Be Able To Do, United States of America: Jossey-Bass A Wiley Imprint, 2005.

Mahmud, Manajemen Pendidikan Tinggi: Berbasis Nilai-Nilai Spiritualitas, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

Mahyudin, Tafsir Tarbawi: Kajian Ayat-Ayat Al-Qur’an Dengan Tafsir Pendidikan, (Jakarta: Kalam Mulia, 2018

Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Mukhlisoh, Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh, Jurnal Kependidikan, http://jurnalkependidikan.iainpurwokerto.ac.id, Vol. 6 No. 2 November 2018.

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru dan Dosen.

Rosidin, Ilmu Pendidikan Islam: Berbasis Maqashid Syariah dengan Pendekatan Tafsir Tarbawi, Depok: Rajagrafindo Persada, 2019.

Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan: Perspektif Sains dan Islam, Medan: Perdana Publishing, 2017.

Syamsu Nahar, Standar Kompetensi Kepribadian Guru: Kajian Berbasis Data Penelitian Lapangan, Yogyakarta: Atap Buku, 2017.

U. Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i3.12885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.