Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengembangan Soft Skill

Dedi Wahyudi, Nikma Pujiana Safitri

Abstract


Abstrak

Pendidikan agama merupakan bagian pendidikan yang sangat penting yang berkenaan dengan aspek-aspek sikap dan nilai, antara lain akhlak, keagamaan dan sosial masyarakat. Dengan demikian tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa pendidikan Aqidah akhlak mutlak diberikan, terutama di lembaga-lembaga pendidikan Islam yang sasaran utamanya adalah untuk membentuk anak didik memiliki kemantapan iman/aqidah dan memiliki kebermaknaan yang mantap atas akhlaknya sehingga hubungan dengan Tuhannya berjalan dengan baik dan hubungan dengan manusia/alam sekitar berjalan secara harmonis. Agar pembelajaran dapat difahami serta peserta didik dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, perlu adanya model pembelajaran untuk menunjang pelaksanaan agar pembelajaran tentang qidah akhlak berjalan dengan lancar. Dengan menggunakan Model Pembelajaran Tentang Soft Skill tersebut, maka seseorang peserta didik diajarkan agar memiliki kemampuan berkomnikasi dan bersosisalisasi dengan lingkugan sosialnya. Soft skill termasuk pembelajaran yang paling bagus dan cocok untuk meningkatkan kemampuan serta pengembangan yang terdapat dalam diri seseorang.  Serta dalam mengimplementasikan untuk kehidupan sehari hari seseorang akan dilatih kejujurannya. Kepribadian dan kemampuan dasar apabila dikembangkan akan mendukung dalam sosialisai dikehidupan yang nyata. Soft skill sendiri akan menghasilkan kemampuan, etika serta tingkah laku.

 

Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Aqidah Akhlak, Soft Skill

 


Full Text:

PDF 94-120

References


Arie Shandy, Devi. “Representasi Makna Pesan Dakwah Dalam Irik Lagu Tomat (Tobat Maksiat) Pada Album Inat Shalawat Karya Wali Band.” Jurnal Onlie Mahaiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2, 1 (Oktober 2014): 11–13.

Bardi. “Pegaruh Soft Skills Terhadap Ketrampilan Siswa.” Gardan, 1, 4 (Agustus 2014): 26.

———. “Pengaruh Soft Skills Terhadap Ketrampilan Siswa” Gardan. Vol. 4 No. 1, (Agustus 2014): 17.

Darmawati, and Imam Mahadi. “Peningkatan Kemampuan Soft Skills Mahasiswa Biologi FKIP Universitas RIAU Pada Mata Kuliah Genetika Dan Evolusi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).” Biogenesis (Jurnal Pendidikan Sains Dan Biologi), 2,10 (February 2014): 9–11.

Djamaludin, burhan. Konsepsi Tobat. Surabaya: Dunia Ilmu Offset, 1997.

Hamida, Siti, Fitri Rahmawati, and A Jaedun. “Pembelajaran Soft Skill Terintegrasi Bagi Penumbuhan Karakter Pekerja Profesional Bidang Koga.” LPPM UNY Bekerjasama Dengan MPPI, 2, 43 (November 2013): 172.

Hariadi, Bambang. “Pengaruh Penerapan Soft Skill Mahasiswa Melalui Okk Dengan Tata Krama Kehidupan Di Kampus (Saat Perkuliahan).” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1, 2 (March 2015): 1–9.

Haryu. “Soft Skill Dan Character Building Mahasiswa.” Jurnal Tadris STAIN Pamerkasan, 2, 4 (2009): 33.

Herizon, and Fisla Wirda. “Pengembangan Soft Skill Melalui Pendekatan Student Center Learning Di Perguruan Tinggi.” Poli Bisnis, 2, 4 (Oktober 2012): 111.

Kurniawan, Beni. Manajemen Taubat. Bandung: pustaka hidayah, 2012.

Mahfud, Muhamad. “Program Pendidikan Karakter Dan Pemaknaan Pengembangan Soft Skills Di SMK NU Gresik.” Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2, 2 (July 2014): 131–34.

Mulki, Khaerul. “Pelaksanaan Pendidikan Aidah Akhlak Di MTs. Nurul Arofah Kel. Gerantung Kec. Praya Tengah Kab.Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012.” El-Hikmah, 1, 6 (June 2012): 75–77.

———. “Pelaksanaan Pendidikan Aqidah Akhlak Di MTs. Nurul Arofah Nw Kel. Gerantung Kec. Praya Tengah Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2011 / 2012.” El-Hikmah 6 (June 1, 2012): 73.

———. “Pelaksanaan Pendidikan Aqidah Akhlak Di MTs. Nurul Arofah Nw Kel. Gerantung Kec. Praya Tengah Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2011 / 2012.” El-Hikmah 6 (June 1, 2012): 71–72.

Munawir. “Upaya Guru Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Bidang Studi Aqidah Akhlak Di Kelas VII A MTs. AN NAJAH Sesela Gunung Sari Tahun Pelajaran 2011/2012.” El-Hikmah : Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2, 6 (Desember 2012): 52.

Nashikhah, Ma’rifatun. “Peranan Soft Skill Dalam Menumbuhkan Karakter Anak Tpa.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1, 1 (June 2016): 36–38.

Natalina, Mariani, Evi Suryawati, and Susi Susanti. “Profil Soft Skill Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengembangan Program Pembelajaran Biologi Tahun Akademis 2010 / 2011.” Jurnal Biogenesis, 1, 8 (July 2011): 35–36.

Nurhayati. “Akhlak Dan Hubungannya Dengan Aqidah Dalam Islam.” Jurnal Mudarrisuna, 2, 4 (July 2014): 305–6.

Nurmaulidya, Erine, Sudjarwo, and Pargito. “Kegiatan Ektrakurikuler Dan Pembentukan Soft Skill Peserta Didik Di SMA Negeri 6 Bandar Lampung.” Jurnal Studi Sosial Program Pascasarjana P-IPS, 1, 1 (January 2013): 10.

Pardjono, Widarto, and widodo Noto. “Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills Dan Hard Skills Untuk Siswa Smk.”Cakrawala Pendidikan, 3, 3 (November 2012): 414.

Rahmat, Muji, and Widiatmiko. “Pengaruh Soft Skill Terhadap Hasil Belajar Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Kelas X TKR Smk N 1 Puring Kebumen Tahun Pelajaran 2013 / 2014.” Pendidikan Teknik Otomotif, 2, 4 (February 2014): 5.

Rockhimawan, and Mohammad Agung. “Pengembangan Soft Skill Guru Dalam Pembelajaran Sains SD/MI Masa Depan Yang Bervisi Karakter Bangsa.” Jurnal Pendidikan Dasar Islam: Al Bidayyah, 1, 4 (June 2012): 51–55.

Rosana, D, Jumadi, and Pujianto. “Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Pogram Kelas Internasional Melalui Pembelajaran Berbasis Konteks Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Mekanika.” Jurnal Kependidikan IPA Indonesia, 1, 3 (April 2014): 14.

Sadik, M. “Tobat Dalam Prespektif Al-Quran.” Hunafa,Jurnal Studi Islamika: Institut Agma Islam Negeri (IAIN) Palu, 2, 7 (Desember 2010): 211.

Septiawardi. “Analisis Penafsiran Sufistik Tentang Tobat Dalam Pandangan Al- Quran.” Jurnal Kalam, 2, 28 (September 2013): 357–69.

Sitanggang, Nathanael, and Abdul Hamid. “Studi Kapasitas Soft Skills Mahasiswa Di Universitas Negeri Medan.” Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 2, 19 (September 2013): 130.

Situmorang, Benyamin. “Manajemen Pembelajaran Bermuatan Soft Skill Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.” School Education Journal PGSD FIP Unmed, 2, 1 (September 2014): 7–8.

Suharyanti, Chandra, Wiedy Murtini, and Tutik Susilowati. “Pengaruh Proses Pembelajaran Dan Pogram Kerja Praktek Terhadap Pengembangan Soft Skill Mahasiswa.” Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP Universitas Sebelas Maret, 1, 4 (June 2015): 3.

Sutiarso, Sugeng. “Implementasi Lesson Study Melalui Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa Calon Guru Matematika.” Jurnal Pendidikan MIPA, 1, 15 (April 2014): 9–10.

Sutrisno, Sutrisno, and Adjib Karjanto. “Peningkatan Soft Skill Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Melalui Pembelajaran Model Learning Community.” Teknologi Dan Kejuruan, 1, 37 (February 2014): 36.

Syaodih, Eliana. Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Redika Aditama, 2012.

Utaminingsih, Sri. “Pengembangan Soft Skill Berbasis Karir Pada Smk Di Kota Semarang.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 2, VI (Desember 2011): 131.

———. “Pengembangan Soft Skill Berbasis Pada Smk Di Kota Semarang.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 2, VI (Desember 2011): 133.

Utomo, Hardi. “Kontribusi Soft Skill Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan.” Jurnal Ilmiah Among Makarti, 5, 3 (July 2010): 96.

Wagiran, Sudji Munadi, and Syukri Fathudin. “Model Penguatan Soft Skills Dalam Pewujudan Calon Guru Kejuruan Profesional Berkarakter.” Jurnal Kependidikan: Lembaga Penelitian UNY, 1, 43 (Mei 2013): 93–94.

———. “Pengembangan Model Penguatan Soft Skill Dalam Mewujudkan Calon Guru Kejuruan Profesional Berkarakter.” Jurnal Kependidikan : Lembaga Penelitian UNY, 1, 44 (Mei 2014): 101.

Zahraini, and Musbir. “Strategi Pengembangan Soft Skill Bersayriat Islam Pada Siswa SMK Negeri 3 Banda Aceh.” Jurnal Pendidikan, 2, VII (July 2016): 36.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i1.1217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.