PELAKSANAAN PROGRAM TILAWAH ALQURAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN SISWA DI MAS AL MA’SUM STABAT

Muhammad Ishak, Syafaruddin, Masganti Sit

Abstract


Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perumusan program tilawah Alquran dalam meningkatkan kemampuan baca Alquran siswa di MAS al Ma‟sum Stabat, 2) Pelaksanaan program tilawah Alquran dalam meningkatkan kemampuan baca Alquran siswa di MAS al Ma‟sum Stabat, 3) Evaluasi program tilawah Alquran dalam meningkatkan kemampuan baca Alquran siswa di MAS al Ma‟sum Stabat. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu 1) Perumusan program tilawah dilakukan di MAS Al Ma‟sum Stabat pada awal tahun pembelajaran yang didukung oleh berbagai pihak, seperti: kepala madrasah, wakil kepala madrasah guru tilwah, guru-guru, bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa, materi yang diberikan disesuaikan dengan peringatan hari besar Islam dan perayaan besar lainnya, 2) Pelaksanaan pembelajaran program tilawah Alquran dilakukan hari Rabu sampai Jum‟at pada jam 14.30 sampai Shalat „Asar. 3) Proses evaluasi pelaksanaan program tilawah Alquran di MAS Al Ma‟sum Stabat dilakukan setiap pembelajaran dan diakhir semester yang dimana guru tilawah mengadakan tes membaca Alquran secara tilawah.
This research aims to know the 1) The formulation of the qur‟anic recitations of program to improve the student ability of reading qur'an in Madrasah Aliyah Private Al Ma‟sum Stabat, 2) The implementation of the qur‟anic recitations of program to improve the student ability of reading qur'an in Madrasah Aliyah Private Al Ma‟sum Stabat, 3) The evaluation of the qur‟anic recitations of program to improve the student ability of reading qur'an in Madrasah Aliyah Private Al Ma‟sum Stabat. Research methods used are the qualitative approach with descriptive method. The results of this research is 1) The formulation of the qur‟anic recitations of program done in Madrasah Aliyah Private Al Ma‟sum Stabat is in the early years of learning supported by various parties, for example: The Head Of The Madrasa, Deputy Head of the madrasa, teacher's recitations, teachers, with the aim of to improve the student ability of reading qur'an, the material being taught adapted to the major Islamic observances and Another great celebration, 2) The implementation of the qur‟anic recitations of program implemented on the Wednesday to Friday at 14.30 until Praying 'Asr. class X on the Wednesday, class XI on the Thursday and class XII on the Thursday. 3) Process of evaluation of of the qur‟anic recitations of program in Madrasah Aliyah Private Al Ma‟sum Stabat implemented each of the learning and the end of the semester, the teacher held a Koran reading test recitations in recitations.
Kata Kunci: Tilawah Alquran, Kemampuan Membaca Alquran

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

AlQur‟an dan Terjemah, Depok: SABIQ, 2009

Al Imam Abu Zakaria, Riayadhus Shalihin (Jakarta: Pustaka Amani, 1999)

Abdurrohim Hasan dkk, Panduan Praktis Penerapan Kurikulum Pembelajaran Alquran, (Surabaya: Pesantren Alquran Nurul Falah, tt)

Ahmad Lutfi, Pembelajaran Alquran dan Hadits (Jakarta: Departemen Agama RI, 2004)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008)

Hasbulllah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009)

Moh. Chadziq Charisma, Tiga Aspek Kemukjizatan Alquran (Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1991)

Nadhratun Na‟im fi Makarimi Akhlaqi Arrasulil Karim dalam buku ahmad Annuri, Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2010)

Farida Rahim Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Sinar Grafika, 2008)

Kamal Muhammad 'Isa, Manajemen Pendidikan Islam (Jakarta: PT Fikahati Aneska, 1994)

Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia (Jakarta: PT. Hidakarya, 1989)

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 1995), Cet. Ke-3

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012), Cet. Ke-12

Mohammad Surya, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004)

George R Terry, Prinsip-prinsip Manajemen, (Jakarta : Bumi Aksara, 2000)

Anissatul Mufarokah, Strategi Belajar Mengajar (Yogyakarta : Teras, 2009)

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputra Pers, 2002)

Yusuf Al-Qardhawi, Berinteraksi Dengan Al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani Press, 1999)

Muhsin Salim, Ilmu Naghom Al-Qur’an (Jakarta: PT. Kebayoran Widya Rifta, 2014)

Muhammad Nur Abdul Hafidz Suawaid, Mendidik Anak Bersama Nabi, terj. Salafuddin Abu Sayyid, (Solo: Pustaka Arafah, 2003)

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.