ELECTRONIC LEARNING (STUDI TENTANG MODEL, KEBIJAKAN, DAN PROBLEMATIKANYA DI INDONESIA)

Yusnaili Budianti, Rahmat Rifai Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model-model penerapan E-Learning, Kebijakan E-Learning di Indonesia, dan problematikanya. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis studi Pustaka. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa model E-Learning jika ditinjau dari jenis pembelajaran terdiri dari Learner-Led E-Learning, Instructor-Led E-Learning, Facilitated E-Learning, Embedded E-Learning, Telementoring dan E-Coaching. Berdasarkan bentuk pembelajarannya model E-learning terdiri dari Pembelajaran Online, Pertemuan Online, Sumber Belajar Online, Penilaian Online. Prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat secara umum, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam upaya pemenuhan layanan pendidikan selama pandemi Covid-19. Beberapa kendala yang dihadapi keterbatasan perangkat e-learning, Kendala Jaringan, kendala Sumber daya Manusia, tidak mampu menyentuh aspek psikologi, tidak memiliki perangkat sendiri, Sulit dalam pengawasan, penguasaan capaian, membatasi ruang gerak


Full Text:

PDF 69-93

References


Al-Attas, Muhammad Naquib. The Concept of Education in Islam. A Framework for an Islamic Philosophy of Education (Kuala Lumpur: a'dib International, 2011)

-------------, Aims and Objectives of Islamic Education, (Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979)

Al-Zarnuzi, Burhanuddin, Ta’lim Muta’allim, Terj. Abdul Kadir Al-Jufri (Surabaya: Mutiara Ilmu, 2009)

Ihsan, Muhammad Shohibul., Agus Ramdani, and Saprizal Hadisaputra, Pengembangan E-Learning pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Jurnal Pijar Mipa, Vol. 14 No. 2 (2019), http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1238.

Cucus, Ahmad., Yuthsi Aprilinda, and Robby Yuli Endra, Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh, Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia Dan Informatika), Vol. 7 No. 2 (2016), http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v7i2.765.

Jamal, Samsul., Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Tambelangan, Jurnal Nalar Pendidikan, Vol. 8 No. 1 (2020), https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13561.

Salehudin, Mohammad, Dampak Covid-19: Guru Mengadopsi Media Sosial sebagai E-Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh, Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol. 10 No. 1 (2020), http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i1.6755.

Arshavskiy, Marina, Instructional Design for E- Learning, (California: Trademarks, 2017).

Hubbard, Rob, The Really Useful Elearning Instruction Manual, (New Jersey: Wiley Publishing, 2013).

Hartanto, Wiwin, Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 10 No. 1 (2016), https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3438.

Setiawardhani, Ratna Tiharita, Pembelajaran Elektronik (E-Learning) dan Internet dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa, Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/21. Vol.1 No. 2 (2013).

Handerson, Allan J., The E-Learning Question and Answer Book; A Survival Guide for Trainers and Business Managers, (New York: Amacom, 2003).

Horton, William and Katherine Horton, ELearning Tools and Technologies, (New Jersey: Wiley Publishing, 2003).

Ghislandi, Patrizia, Elearning: Theories, Design, Software And Applications, (Rijeka: InTech, 2012).

Anderson, Terry (ed), The Theory And Practice Of Online Learning, (Canada: AU Press, 2008).

Yustanti, Ike dan Dian Novita, Pemanfaatan E-Learning bagi para Pendidik di Era Digital 4.0 Utilization of E-Learning for Educators in Digital Era 4.0, dalam Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Persatuan Guru Indonesia (PGRI) Palembang, https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2543. Vol. 1 No. 1 (2019).

Nafi’ah Jamilatun, Adaptasi Pembelajaran E-Learning dan Blended Learning di Era New Normal pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah, Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 3 No. 1 (2021), https://doi.org/10.36835/au.v3i1.476.

Brase, Jan and Wolfgang Nejdl, Ontologies and Metadata for E-Learning, Handbook on Ontologies (Berlin, Heidelberg: Springer, 2004).

Al-Ihwanah, Implementasi E-Learning dalam Kegiatan Pembelajaran PGMI IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Cakrawala: Jurnal Studi Islam Vol. 11 No. 1 (2016), https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.102.

Nasution, Muhammad Irwan Padli, Penggunaan Open Source Software (OSS) untuk Solusi Murah dan Mudah Implementasi E-Learning Perguruan Tinggi, (UIN Sumatera Utara, 2019).

Wa Muna, La Hadisi and, Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (e-Learning)’, al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, Vol 8 No. 1 (2015), http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i1.396.

Pangondian, Roman Andrianto, Insap Santosa, and Eko Nugroho, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0, dalam Mesran (ed.), Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (Sainteks), (Medan: STMIK Budi Darma, 2019), https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122.

Khatimi, Khusnul, Mengenal E-Learning Sebagai Salah Satu Bentuk Kegiatan Pembelajaran, Info Teknik, Vol. 7 No. 2 (2006).

Mustofa, Mokhamad Iklil. et al., Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi, Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 1 No. 2 (2019), http://dx.doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.

Chandrawati, Sri Rahayu., Pemamfaatan E-Learning dalam Pembelajaran, Jurnal Cakrawala Kependidikan, Vol. 8 No. 2 (2010), https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/183.

Allen, Michael W., Designing Successful E-Learning (New Jersey: Wiley Publishing, 2007)

Tim Penyusun, Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru, (Jakarta: Tanoto Foundation, 2020).

Makarim, Nadiem, Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar dari rumah selama Darurat bencana di Indonesi, (Jakarta: Medikbud, 2020).

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i1.10946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.