DESAIN PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TULISAN ARAB BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH MEDAN

Abdul Aziz S Syamsu Nahar, Mardianto

Abstract


Abstract: This research (1) to know the Instructional al-Imla> 'in improving writing skills for students of Arabic writing in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah Medan, (2) to carry out the process implementation of Instructional in instructional design al-Imla> 'in improving writing skills for students of Arabic writing in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah Medan, (3) Obtaining a result of the implementation of instructional design on Instructional al-Imla> in improving writing skills for students of Arabic writing in Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan and (4) Finding the supporting and hindering factors the on implementation Instructional instructional design al-Imla> in improving writing skills of Arabic writing for students in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah Medan. The results this research from implementation of design Instructional model Dick, Carey and Carey on al-Imla> instructional 'in improving writing skills of Arabic writing for students in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah field is as follows: (1) The purpose of General Instructional al-Imla>, (2) The particular purpose of Instructional al-Imla> (3) .Planning Instructional strategy al-Imla> ‘', (4) .The material Instructional al-Imla> for teacher Subjects>', (5) .The Structure instructional design model on Instructional al-Imla> ‘'.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pembelajaran al-Imla>' dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, (2) Melaksanakan proses implementasi desain pembelajaran pada pembelajaran al-Imla>' dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, (3)dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok
Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan dan (4) Menemukan faktor-faktor
pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan desain pembelajaran pada pembelajaran al-Imla>‘ dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. Pendekatan yang digunakan pada Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan kombinasi dari metode deskriptif-kualitatif dan eksperimen sederhana yaitu R & D (research and delovement). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). Tujuan Instruksional Umum pembelajaran Imla>’, (2). Tujuan Instruksional Khusus pembelajaran Imla>’, (3). Rancangan Strategi pembelajaran Imla>’, (4). Bahan Ajar guru pembelajaran Imla>’, (5). Pengembangan model desain pembelajaran pada pembelajaran Imla>’ .

Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan terjemahannya (Departemen Agama RI), Pusat Pengadaan Kitab Suci Al-Quran, Jakarta, 1989.

Aminy, Nur „Alim Khalil, Ta‟allamu al-„Arabiyyah, Fainnaha min dinikum, Cet ke-,India: Muassasah „Ilmi wa al-Adab, 2015

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama, 2008

Hornby, A.S.. Oxford Advanced Learner‟s Dictionary, United Kingdom: Oxford

University Press, 2015

Romdhoni, Ali, Al-Quran dan Literasi; sejarah rancang bangun ilmu-ilmu

keIslaman, Depok: Literatur Nusantara, 2013.

Ma‟luf , Luis, al-Munjid , Beyrouth: Dar el-Machreq sarl, 2008

Mu‟assasah Najd al-Ta‟limiyyah, al-Syamil fi tadribi al-Muallimin- Taraiq

muqtarihah li tadrisi al-lughah al-„Arabiyah, Qahirah: Dar al-waraq li at-

Tiba‟ah wa al-Nasyr, 2004.

Mubarakfuri, Shaifurraman, ar-Rahiq al-Makhtum: Perjalanan Hidup Rasul yang

Agung Mumammad, Jakarta: Kantor Atase Agama Kerajaan Saudi

Arabia, 2001

Munjiah, Ma‟rifatul, Kaidah-kaidah Imla‟; Teori dan Praktik, Malang: UIN-Maliki

Press, 2015

Pribadi, Benny A., Model Desain sistem pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat, 2009

Thalib, Muhammad, al-Quran al-karim Tarjamah Tafsiriyyah, Cet ke-2,

Yogyakarta: Ma‟had an-Nabawy, 2011

Suparman, Atwi. Desain Instruksional Modern, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2014

Sanipah Faisal. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982

Satori, Jam‟an dkk, Metodologipenelitian Kualitatif, Bandung:Alfabet, 2011

https://www.almaany.com/ar/dict/ar-ar/ إملاء

Yahya Mir Ilmy, Dalil qawa‟id al-Imla‟ wa Maharatuha, Kwait: Wazir al-awqaf wa

syu‟uni al-Islamiyah, 2014

Zarkasyi, Imam, at-Tarbiyah Amaliyah, Ponorogo: KMI Darussalam Gontor, 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.