DESAIN PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TULISAN ARAB BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pembelajaran al-Imla>' dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, (2) Melaksanakan proses implementasi desain pembelajaran pada pembelajaran al-Imla>' dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, (3)dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok
Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan dan (4) Menemukan faktor-faktor
pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan desain pembelajaran pada pembelajaran al-Imla>‘ dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. Pendekatan yang digunakan pada Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan kombinasi dari metode deskriptif-kualitatif dan eksperimen sederhana yaitu R & D (research and delovement). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). Tujuan Instruksional Umum pembelajaran Imla>’, (2). Tujuan Instruksional Khusus pembelajaran Imla>’, (3). Rancangan Strategi pembelajaran Imla>’, (4). Bahan Ajar guru pembelajaran Imla>’, (5). Pengembangan model desain pembelajaran pada pembelajaran Imla>’ .
Full Text:
PDFReferences
Al-Quran dan terjemahannya (Departemen Agama RI), Pusat Pengadaan Kitab Suci Al-Quran, Jakarta, 1989.
Aminy, Nur „Alim Khalil, Ta‟allamu al-„Arabiyyah, Fainnaha min dinikum, Cet ke-,India: Muassasah „Ilmi wa al-Adab, 2015
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama, 2008
Hornby, A.S.. Oxford Advanced Learner‟s Dictionary, United Kingdom: Oxford
University Press, 2015
Romdhoni, Ali, Al-Quran dan Literasi; sejarah rancang bangun ilmu-ilmu
keIslaman, Depok: Literatur Nusantara, 2013.
Ma‟luf , Luis, al-Munjid , Beyrouth: Dar el-Machreq sarl, 2008
Mu‟assasah Najd al-Ta‟limiyyah, al-Syamil fi tadribi al-Muallimin- Taraiq
muqtarihah li tadrisi al-lughah al-„Arabiyah, Qahirah: Dar al-waraq li at-
Tiba‟ah wa al-Nasyr, 2004.
Mubarakfuri, Shaifurraman, ar-Rahiq al-Makhtum: Perjalanan Hidup Rasul yang
Agung Mumammad, Jakarta: Kantor Atase Agama Kerajaan Saudi
Arabia, 2001
Munjiah, Ma‟rifatul, Kaidah-kaidah Imla‟; Teori dan Praktik, Malang: UIN-Maliki
Press, 2015
Pribadi, Benny A., Model Desain sistem pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat, 2009
Thalib, Muhammad, al-Quran al-karim Tarjamah Tafsiriyyah, Cet ke-2,
Yogyakarta: Ma‟had an-Nabawy, 2011
Suparman, Atwi. Desain Instruksional Modern, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2014
Sanipah Faisal. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982
Satori, Jam‟an dkk, Metodologipenelitian Kualitatif, Bandung:Alfabet, 2011
https://www.almaany.com/ar/dict/ar-ar/ إملاء
Yahya Mir Ilmy, Dalil qawa‟id al-Imla‟ wa Maharatuha, Kwait: Wazir al-awqaf wa
syu‟uni al-Islamiyah, 2014
Zarkasyi, Imam, at-Tarbiyah Amaliyah, Ponorogo: KMI Darussalam Gontor, 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1089
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.