PELAKSANAAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MAS YMPI SEI TUALANG RASO KOTA TANJUNG BALAI

Asril Umar

Abstract


Abstract: This study aims to identify and analyze the implementation of communication in improving the performance of teachers and educational personnel in MAS YMPI Sei Tualang Raso Tanjung Balai City, which includes principal communication with foundations, principal communication with staff, headmaster communication with teachers, principal communication with educational personnel, using qualitative methods. There are four findings in this first study, that the principal's communication with the foundation in improving the performance of teachers and educational staff at MAS YMPI Sei Tualang Raso Tanjung Balai City carried out continuously. Second, that the principal's communication with the leadership staff in improving the performance of teachers and educational staff at MAS YMPI Sei Tualang Raso Tanjung Balai City, running well and continuously. Third, that the principal's communication with the teacher in improving the performance of teachers in MAS YMPI Sei Tualang Raso Tanjung Balai City, the principal of the outline of communication is done with guruseperti do enforcement of teacher discipline and motivate teachers to remain eager in improving the quality of education. Communication is very good and effective, good delivery and an emotional approach also kinship implemented by the principal mmencipatakan conducive atmosphere and generate high morale, thus impacting on improving teacher performance. Fourth, that the headmaster communication with the educational staff in improving the performance of educational personnel in MAS YMPI Sei Tualang Raso City Tanjung Balai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pelaksanaan Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan di MAS YMPI Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai, yang meliputi komunikasi kepala sekolah dengan yayasan, komunikasi kepala sekolah dengan staf pimpinan, komunikasi kepala sekolah dengan guru, komunikasi kepala sekolah dengan tenaga kependidikan, dengan menggunakan metode kualitatif. Ada empat temuan dalam penelitian ini pertama, bahwa komunikasi kepala sekolah dengan yayasan dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan di MAS YMPI Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai dilakukan secara berkesinambungan. Kedua, bahwa komunikasi kepala sekolah dengan staf pimpinan dalam meningkatkkan kinerja guru dan tenaga kependidikan di MAS YMPI Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai, berjalan dengan baik dan berkesinambungan. Ketiga, bahwa komunikasi kepala sekolah dengan guru dalam meningkatkkan kinerja guru di MAS YMPI Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai, kepala sekolah secara garis besar komunikasi yang dilakukan dengan guruseperti melakukan penegakan disiplin guru dan memotivasi guru agar tetap bersemangat dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Komunikasi yang terjalin sangat baik dan efektif, penyampaian yang baik dan pendekatan secara emosional juga kekeluargaan yang diterapkan kepala sekolah mmencipatakan suasana yang kondusif dan menimbulkan semangat kerja yang tinggi, sehingga berdampak pada peningkatan kinerja guru. Keempat, bahwa komunikasi kepala sekolah dengan tenaga kependidikan dalam meningkatkkan kinerja tenaga kependidikan di MAS YMPI Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai.
Kata Kunci : Pelaksanaan, komunikasi, Kinerja Guru, Tenaga Kependidikan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ishaq Al-Sheikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman, Tafsir Ibnu Katsir Jilid I-VIII, Jakarta : Pustaka Imam Syafi’i, 2003

Atmosudirjo, Prajudi, Administrasi dan Manajemen Umum, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1982.

Arni, Muhammad, Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara , 2002.

Alo, Liliweri, Perspektif Teoritis Komunikasi Antarpribadi: Suatu Pendekatan ke Arah Psikologi Sosial, Bandung: Citra Aditya Bakti, 1994.

A.W, Suranto, Komunikasi Perkantoran:Prinsip Komunikasi untuk Meningkatkan Kinerja Perkantoran, Yogyakarta: Media Wacana,2005.

Budiyono, Amirullah Haris, Pengantar Manajemen ,Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.

Budyatna, Muhammad dan Leila Mona Ganiem, Teori Komunikasi Antarpribadi, Jakarta: Kencana,2011.

Bungin, Burhan, Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, Dan Diskursus Teknologi Komunikasi Di Masyarakat, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2006.

Dharma, Agus, Manajemen Prestasi Kerja, Jakarta: Rajawali, 1991.

Dennis M, Better Business Communication, London: McGraw-Hill Book Company, 1957.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta, Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsiran Al-Qur’an,1978.

Devies, Ivor K, Pengelolaan Belajar, Jakarta: PT. Rajawali Pers, 1987

Devito, Joseph A, The Interpersonal Communication Book, New York: Harper Collins College Publishers, 1995.

Dharma, Agus, Manajemen Prestasi Kerja, Jakarta: Rajawali, 1991.

Drajat, Amroeni (ed), Komunikasi Islam dan Tantangan Modernitas, Medan: Perdana Mulya Sarana, 2008.

Effendy, Onong Uchjana, Komunikasi teori dan praktek, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009.

Fisher, B. Aubrey, Interpersonal Communication: Where Minds Meet, Belmon Calofornia: Wadsmorth, 1987.

Asril Umar: Pelaksanaan Komunikasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Gibson, Jane W dan Richard M. Hodgetts, Organizational Communication: A Managerial Perspective, Orlando, Florida: Academic Press Inc. 1988.

Hasan, Fuad, Renungan Budaya, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

M Everett Rogers dan F. Floyd, Shoemacher, Memasyarakatkan Ide-Ide Baru, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.

M.Sinaga, Anggiat dan Sri Hadiati, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lembaga Administarsi Negara Republik Indonesia, 2001.

Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, cet. VI, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Mulyasa, Manajeman Berbasis Sekolah,Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2002.

Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa (Jakarta:Rajagrafindo Persada, 2004.

Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.

Rahmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.

Robbbins dan Judge, Perilaku Organisasi, Jakarta : Salemba Empat, 2007.

Siagian, L.D, Organisasi dan Manajemen; Konsep Dasar Struktur, Prilaku dan Kepemimpinan, Medan: Linggom, 1993.

Siswanto, Bedjo, Manajemen Tenaga Kerja, Jakarta: Tarsito, 1997.

Simamora, Henry, Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi III, Jakarta : STIE YKPN, 2004.

Smith, Psikologi of Management, Boston: Allyn and Bacon, 1982.

Sukadi, Guru Powerful Guru Masa Depan, Bandung: Kolbu, 2001.

Stoner, James A.C. terj. Sindoro, A. Manajemen, jilid 2. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer. 2003.

Sulistyorini, Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru, 2001.

Sutisna, Oteng, Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, Bandung : Angkasa, 1983.

Supardi, Kinerja Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Suprihatin, Manajemen Sekolah, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro, 2004.

Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan:Perspektif Sains dan Islam Medan : Perdana Publishing, 2015.

Ukas, Maman, Manajemen Konsep, Prinsip, dan Aplikasi, Bandung : Ossa Promo, 1999.

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2003.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya Jakarta: Grafindo Persada.

Wijaya, I.A. , Prilaku Organisasi, Bandung: Sinar Baru Algensindo,2002.

Wiryanto, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Grasindo, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i3.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.