PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (UPAYA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN SISWA SD NEGERI N0 136917 KOTA TANJUNGBALAI)

Ade Lestari

Abstract


Abstract: Methodologically, this research is a field research with qualitative approach. Data analysis is carried out inductively by drawing conclusions from the facts in the field. Primary data sources are school principals, school committees, administration, teachers and especially teachers of Islamic studies and students. While archival books, activity reports and CTL implementation documents are secondary data. In data collection, the methods used are obsevation, interviews, and documentation. The research utilizes qualitative methods, relying on inductive data analysis. The general finding in this research is the condition of SD Negeri 136917 Tanjungbalai object. Meanwhile, special findings in SD Negeri 136917 Tanjungbalai, namely (1) Planning of the implementation of Contextual Teaching And Learning conducted by teachers of Islamic Religious Education. (2) Implementation of Contextual Teaching And Learning in learning of Islamic Religious Education. (3) Quality of graduates after application of Contextual Teaching And Learnig at SD Negeri 136917 Kota Tanjungbalai. The results of this study are: Whereas the implementation planning of Contextual Teaching and Learning on the learning of Islamic Education conducted by PAI teacher through some preparation. Preparation done by PAI teachers in the form of RPP, Islamic religious book, carton, cassette, laptop and other supporting books as well as materials to be submitted in the form of existing case studies in the community in accordance with the material being discussed will facilitate teachers in implementing CTL strategy and students will also find it easy and understandable to receive lessons and be motivated in learning.
Secara metodologis, penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dilaksanakan secara induktif yakni dengan menarik kesimpulan dari fakta-fakta di lapangan. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, Komite sekolah, tata usaha, guru-guru dan khususnya guru bidang studi agama Islam dan siswa/i. Sedangkan buku arsip, laporan kegiatan dan dokumen pelaksanaan CTL merupakan data sekunder. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian memanfaatkan metode kualitatif, mengandalkan analisis data secara induktif. Temuan umum dalam penelitian ini adalah kondisi objek SD Negeri 136917 Tanjungbalai. Sedangkan, temuan khusus di SD Negeri 136917 Tanjungbalai, yaitu (1) Perencanaan penerapan Contextual Teaching And Learning yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. (2) Pelaksanaan penerapan Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) Kualitas lulusan setelah penerapan Contextual Teaching And Learnig di SD Negeri 136917 Kota Tanjungbalai. Hasil penelitian ini adalah: Bahwa perencanaan penerapan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan oleh guru PAI melalui beberapa persiapan. Persiapan yang dilakukan oleh guru PAI berupa pembuatan RPP, buku paket agama Islam, karton, kaset, laptop dan buku penunjang lainnya serta bahan yang akan disampaikan berupa studi kasus yang ada di masyarakat yang sesuai dengan materi yang sedang dibahas akan memudahkan guru dalam menerapkan strategi CTL dan siswa juga akan merasa mudah dan faham dalam menerima pelajaran dan termotivasi dalam belajar.
Kata kunci : Contextual teaching and learning

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A Sadiman, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfa’atannya, Jakarta Rajawali Press, 1990

Achmad, Patoni,Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Bina Ilmu, 2004

Ahmadi Abu & Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 1995

Al-Abrasyi „Athiyyah Muhammad, Prinsip Prinsip Dasar Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2003

Alwasilah A. Chaedar, Contextual Teaching & Learning, Bandung: Mizan Learning Center MLC, 2006

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002

Bahudji, Pendidikan Islam dan Perubahan Mayarakat, Bandar Lampung: Majalah Akademika, 2000

C.M.Reigeluth dan Merill, M.D, Classes of Instrutional Variabel, Educational Technology,1983

Djamarah Bahri Syaiful dan Aswan zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1997

Hadi Sutrisno, Methode Research.Yogyakarta: Andi Offset, 1989

Halim Haryam, Buku Panduan Penyelenggaraan dan Pengelolaan SD, Surabaya: Pimpinan Wilayah Muslimat Nahdlatul Ulama Jawa Timur, 2004

Hanafiah Nanang Dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Refika Aditama, 2009

Mahmud Eka Muhammad, Mengoptimalkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, (Jurnal Ilmiah tarbiyah: Tulungagung, 2001

Mardalis, Metode Penelitian; Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 2003

Mufarokah Anisatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009

Mulyasa E., Kurikulum Yang Disempurnakan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006

N.S Degeng,. Ilmu Pembelajaran; Taksonomi Variabel, Jakarta: Dirjen Dikti, 1989

Noorhidayat Salamah, Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Ilmiah Tarbiyah: STAINTA, 2001

Nur ali rahman, abdul ghofir ,Muhaimin, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya, Citra Media Karya Anak Bangsa, 1996

Nurhadi, dkk, Pembelajaran Konetekstual dan Penerapan Dalam KBK, Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang, 2003

Nur,Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam I, Bandung: CV Pustaka Setia, 1998

Sriyanti Ida, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Konsep Interaktif, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Pelembamg: Universitas Sriwijaya, 2009

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, cet. 6, Bandung: Alfabeta, 2008

Sulhan Najib, Pembangunan Karakter Pada Anak;Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif ,Surabaya: Intelektual Club, 2006

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS): Beserta Penjelasannya, Bandung: Citra Umbara, 2003

Wena Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Yamin Martinis, Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008

Ade Lestari: Penerapan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran PAI




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i3.1060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.