PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (UPAYA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN SISWA SD NEGERI N0 136917 KOTA TANJUNGBALAI)
Abstract
Secara metodologis, penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dilaksanakan secara induktif yakni dengan menarik kesimpulan dari fakta-fakta di lapangan. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, Komite sekolah, tata usaha, guru-guru dan khususnya guru bidang studi agama Islam dan siswa/i. Sedangkan buku arsip, laporan kegiatan dan dokumen pelaksanaan CTL merupakan data sekunder. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian memanfaatkan metode kualitatif, mengandalkan analisis data secara induktif. Temuan umum dalam penelitian ini adalah kondisi objek SD Negeri 136917 Tanjungbalai. Sedangkan, temuan khusus di SD Negeri 136917 Tanjungbalai, yaitu (1) Perencanaan penerapan Contextual Teaching And Learning yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. (2) Pelaksanaan penerapan Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) Kualitas lulusan setelah penerapan Contextual Teaching And Learnig di SD Negeri 136917 Kota Tanjungbalai. Hasil penelitian ini adalah: Bahwa perencanaan penerapan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan oleh guru PAI melalui beberapa persiapan. Persiapan yang dilakukan oleh guru PAI berupa pembuatan RPP, buku paket agama Islam, karton, kaset, laptop dan buku penunjang lainnya serta bahan yang akan disampaikan berupa studi kasus yang ada di masyarakat yang sesuai dengan materi yang sedang dibahas akan memudahkan guru dalam menerapkan strategi CTL dan siswa juga akan merasa mudah dan faham dalam menerima pelajaran dan termotivasi dalam belajar.
Kata kunci : Contextual teaching and learning
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
A Sadiman, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfa’atannya, Jakarta Rajawali Press, 1990
Achmad, Patoni,Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Bina Ilmu, 2004
Ahmadi Abu & Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 1995
Al-Abrasyi „Athiyyah Muhammad, Prinsip Prinsip Dasar Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2003
Alwasilah A. Chaedar, Contextual Teaching & Learning, Bandung: Mizan Learning Center MLC, 2006
Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
Bahudji, Pendidikan Islam dan Perubahan Mayarakat, Bandar Lampung: Majalah Akademika, 2000
C.M.Reigeluth dan Merill, M.D, Classes of Instrutional Variabel, Educational Technology,1983
Djamarah Bahri Syaiful dan Aswan zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Hadi Sutrisno, Methode Research.Yogyakarta: Andi Offset, 1989
Halim Haryam, Buku Panduan Penyelenggaraan dan Pengelolaan SD, Surabaya: Pimpinan Wilayah Muslimat Nahdlatul Ulama Jawa Timur, 2004
Hanafiah Nanang Dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Refika Aditama, 2009
Mahmud Eka Muhammad, Mengoptimalkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, (Jurnal Ilmiah tarbiyah: Tulungagung, 2001
Mardalis, Metode Penelitian; Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Mufarokah Anisatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009
Mulyasa E., Kurikulum Yang Disempurnakan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006
N.S Degeng,. Ilmu Pembelajaran; Taksonomi Variabel, Jakarta: Dirjen Dikti, 1989
Noorhidayat Salamah, Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Ilmiah Tarbiyah: STAINTA, 2001
Nur ali rahman, abdul ghofir ,Muhaimin, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya, Citra Media Karya Anak Bangsa, 1996
Nurhadi, dkk, Pembelajaran Konetekstual dan Penerapan Dalam KBK, Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang, 2003
Nur,Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam I, Bandung: CV Pustaka Setia, 1998
Sriyanti Ida, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Konsep Interaktif, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Pelembamg: Universitas Sriwijaya, 2009
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, cet. 6, Bandung: Alfabeta, 2008
Sulhan Najib, Pembangunan Karakter Pada Anak;Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif ,Surabaya: Intelektual Club, 2006
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS): Beserta Penjelasannya, Bandung: Citra Umbara, 2003
Wena Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Yamin Martinis, Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008
Ade Lestari: Penerapan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran PAI
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i3.1060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.