Refleksi atas Esensi Alam Semesta dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam

Bima Wahyudin Rangkuti

Abstract


Artikel ini berusaha mengungkap hakikat alam semesta dan implikasinya bagi pendidikan Islam dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Ada beberapa pembahasan dalam artikel ini, yaitu pemahaman alam semesta, asal muasal dan proses penciptaan alam semesta, tujuan penciptaan alam semesta, dan implikasi alam semesta terhadap pendidikan Islam. Semua pembahasan mengenai hal ini ditinjau dari perspektif filsafat pendidikan Islam. Dengan dilatarabelakangi semakin pragamtis dan psositivistiknya cara berpikir dan berperilaku manusia hari ini, diharapkan tulisan ini kiranya akan mengantarkan kepada sesuatu yang esensial tentang alam semesta, khususnya bagi pendidikan Islam. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa dalam segala aspek kehidupan dan dimensinya, manusia selalu mengalami persentuhan dan keterlibatan dengan alam semesta yang kesemuanya merupakan tanda-tanda dari Sang Pencipta, Allah SWT.

Kata Kunci: Alam Semesta, Filsafat Pendidikan Islam


Full Text:

PDF 22-47

References


Adhim, Fauzan (ed.). Filsafat Islam: Sebuah Wacana Kefilsafatan Klasik Hingga Kontemporer. Malang: Literasi Nusantara, 2018.

Aini, Nurul. “Proses Penciptaan Alam dalam Teori Emanasi Ibnu Sina.” dalam Jurnal JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, Vol. 03 No. 2 Tahun 2018.

Akhmansyah, M. “Al-Qur’an dan Al-Sunnah Sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam.” dalam Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol. 08 No. 2 Tahun 2015.

Al-Ahwani, Ahmad Fuad. Filsafat Islam, diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Pustaka Firdaus. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008.

Alim, Alimatus Sa’diyah. “Hakikat Manusia, Alam Semesta, dan Masyarakat dalam Konteks Pendidikan Islam.” dalam Jurnal Penelitian Keislaman, Vol. 15 No. 2 Tahun 2019.

Al-Qaththan, Syaikh Manna. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an, diterjemahkan oleh Aunur Rafiq El-Mazni. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005.

Al-Rasyidin. Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2008.

Arif, Syamsuddin (ed.). Islamic Science: Paradigma, Fakta dan Agenda. Jakarta: Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS), 2016.

Armas, Adnin. “Pandangan Alam-Barat dan Islam.” dalam Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam ISLAMIA, Vol. 12 No. 1 Tahun 2018.

Asad, Muhammad. The Message Of The Quran: Tafsir Al-Quran Bagi Orang-orang yang Berpikir, diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Mizan. Jilid 1. Bandung: Mizan Pustaka, 2017.

Asad, Muhammad. The Message Of The Quran: Tafsir Al-Quran Bagi Orang-orang yang Berpikir, diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Mizan. Jilid 2. Bandung: Mizan Pustaka, 2017.

Asad, Muhammad. The Message Of The Quran: Tafsir Al-Quran Bagi Orang-orang yang Berpikir, diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Mizan. Jilid 3. Bandung: Mizan Pustaka, 2017.

Atabik, Ahmad. “Konsep Penciptaan Alam: Studi Kompratif-Normatif antar Agama-Agama.” dalam Jurnal Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, Vol. 3 No. 1 Tahun 2015.

Boer, T. J. De. History of Philosophy in Islam: Sejarah Filsafat dalam Islam, diterjemahkan oleh Ruslani. Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media, 2019.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Perpektif Filsafat. Jakarta: Kencana, 2014.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015.

Fuad, Kaherul dan Soedarto, “Paradigma Teologi Lingkungan dalam Islam dan Eco-Pesantern.” dalam Jurnal Sosiologika, Vol. 01 No.1 Tahun 2018.

HAMKA. Tafsir Al-Azhar. Jilid 1. Jakarta: Gema Insani, 2015.

HAMKA. Tafsir Al-Azhar. Jilid 2. Jakarta: Gema Insani, 2015.

HAMKA. Tafsir Al-Azhar. Jilid 9. Jakarta: Gema Insani, 2015.

Harahap, Hakim Muda. Rahasia Al-Qur’an: Menguak Alam Semesta, Manusia, Malaikat, dan Keruntuhan Alam. Yogyakarta: Darul Hikmah, 2019.

Hude, Darwis. Logika Al-Qur’an: Pemaknaan Ayat Dalam Berbagai Tema. Jakarta: Eurabia, 2017.

Husaini, Adian. Pendidikan Islam: Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa Depok, 2020.

Ilhamuddin. “Reinterpretasi dan Sinegritas Teori Penciptaan Alam.” dalam Jurnal MIQOT, Vol. 38 No. 2 Tahun 2014.

Jamarudin, Ade. “Konsep Alam Semesta Menurut Al-Qur’an,” dalam Jurnal Ushuluddin, Vol. 16 No. 2 Tahun 2010.

Karim, Abdul. “Sejarah Pekembangan Ilmu Pengetahuan.” dalam Jurnal Fikrah, Vol. 2 No. 1 Tahun 2014.

Kartanegara, Mulyadhi. Lentera Kehidupan: Panduan Memahami Tuhan, Alam, dan Manusia. Bandung: Mizan Pustaka, 2017.

Makanisi, Utsman Qadri. Kalimat Fil Qur’aan: Karena Setiap Kata Punya Cerita, diterjemahkan oleh Kaserun AS. Rahman. Jakarta: Qaf Media Kreativa, 2019.

Maksum, Ali. Pengantar Filsafat: Dari Masa Klasik Higga Postmodernisme. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2019.

Muhammad, Ahsin Sakho. Oase Al-Qur’an. Jilid 3. Jakarta: Qaf, 2018.

Muslih, M. Kholid., et al. Worldview Islam: Pembahasan tentang Konsep-Konsep Penting dalam Islam. Ponorogo: Direktorat Islamisasi Ilmu Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, 2019.

Muthahhari, Murtadha. Manusia dan Alam Semesta: Konsepsi Islam tentang Jagat Raya, diterjemahkan oleh Ilyas Hasan. Jakarta: Lentera, 2002.

Napitupulu, Dedi Sahputra. “Esesensi Alam Semesta Perpektif Filsafat Pendidikan Islam.” dalam Jurnal Pendidikan Islam TAZKIYA, Vol. 06 No. 1 Tahun 2017.

Nasr, Seyyed Hossein. Antara Tuhan, Manusia, dan Alam: Jembatan Filosofis dan Religius Menuju Puncak Spiritual, diterjemahkan oleh Ali Noer Zaman. Yogyakarta: IRCiSod, 2003.

Nasr, Seyyed Hossen. Tiga Mazhab Utama Filsafat Islam, diterjemahkan oleh Ach. Maimun Syamsuddin. Yogyakarta: IRCiSoD, 2020.

Nasution, Harun. Falsafat dan Mistisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 2014.

Nurdin, Ali. Al-Qur’an Solusi Kehidupan. Tangerang Selatan: Yayasan Nurummubin, 2019.

Purwanto, Agus. Ayat-Ayat Semesta: Sisi Al-Qur’an yang Terlupakan. Bandung: Mizan, 2015.

Salminawati. “Etika Pendidik Perspektif Imam Al-Nawawi.” dalam Jurnal Miqot, Vol. 40 No. 2 Tahun 2016.

Sani, Ridwan Abdullah. Al-Qur’an dan Sains. Jakarta: Amzah, 2020.

Schlick, Moritz. Filsafat Alam, diterjemahkan oleh Cuk Ananta Wijaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam: Menguatkan Epistimologi Islam dalam Pendidikan. Yokgyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Sukardjo, M. dan Ukim Komarudin. Landasan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Sumadi, Eko. “Teori Pengetahuan Isyraqiyyah (Iluminasi) Syihabudin Suhrawardi.” dalam Jurnal Fikrah: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Studi Keagamaan, Vol. 03 No. 2 Tahun 2015.

Supriatman, Maman. Kosmologi Islam: Menyingkap Rahasia Penciptaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2020.

Taufik, Muhammad. “Perpektif Filsafat Pendidikan Islam Tentang Alam dan Lingkungan.” dalam Jurnal Herme̅neia: Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, Vol. 06 No. 1 Tahun 2007.

Tyson, Neil deGrasse dan Donald Goldsmith, Asal Mula: Terjadinya Alam Semesta, Galaksi, Tata Surya, dan Kita, diterjemahkan oleh Ratna Satyaningsih. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2019.

Usiono. “Potret Rasulullah Sebagai Pendidik.” dalam Jurnal ANSIRU, Vol. 01 No. 1 Tahun 2017.

Wan Daud, Wan Mohd Nor. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Diterjemahkan oleh Hamid Fahmy, et al. Bandung: Mizan, 2003.

Zalprulkhan. Pengantar Filsafat Islam: Klasik, Modern, dan Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSod, 2019.

Zar, Sirajuddin. Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya. Depok: Rajawali Pers, 2019.

Zarkasyi, Hamid Fahmy. Kausalitas: Hukum Alam atau Tuhan? Membaca Pikiran Religio-Saintifik al-Ghazali, diterjemahkan oleh Burhan Ali dan Yulianingsih Riswan. Ponorogo: UNIDA Gontor Press, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i1.10581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.