Analisis Tingkat Kecemasan Karir Siswa
Abstract
Kecemasan merupakan pengalaman subjektif yang tidak menyenangkan mengenai kekhawatiran atau ketegangan berupa perasaan cemas, tegang, dan emosi yang dialami oleh seseorang. Kecemasan karir sendiri dapat digambarkan sebagai kondisi dimana seseorang tidak mampu membuat keputusan karena situasi intersepsi dalam proses pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, terlihat bahwa terdapat siswa yang cemas dan khawatir dalam memikirkan masa depannya. Mereka kerap mengalami perasaan bingung dan ragu untuk melanjutkan karir yang tepat untuk mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seruway Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang kelas X dan kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa kecemasan karir siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seruway secara keseluruhan berada pada kategori Tinggi dengan skor 68,01. Dengan demikian diharapkan adanya penanganan terhadap masalah tersebut sehingga siswa dapat menyelesaikan masalahnya. Salah satu cara penanganan masalah tersebut adalah dengan layanan bimbingan konseling karir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Flourencia, Fenesha dan Effraim Mirah. 2018. Pengaruh Kecemasan Karir Terhadap Commitment to Career Choice demean Kelekatan Orang Tua sebagai Moderator. 2(1).
Heitler, Susan. “High School and College Student Anxiety: Why the Epidemic?”melalui halaman https://www.psychologytoday.com/ ; diakses pada 3 April 2020.
Koenig, Karl. 2000. Anxiety and Personality Das Konzept Vom Steuernden Objekt Und Seine Anwendungen6. Göttingen.
M, Hartoyo. 2004. Asuhan Keperawatan Klien Anxietas (Kecemasan). Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah.
M., Thai, Unno, S., Montgomery, S., Benitez, B. 2014. The Development and Validation of a Scale of Career Anxiety. Unpublished Manuscript : Northwestern University Evanston.
Manzilati, A. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma, Metode, dan Aplikasi. UB Press.
Muhith, Abdul. 2015. Pendidikan Keperawatan Jiwa ; Teori dan Aplikasi. Andi Offset.
Musfir, Dr. bin Said Az Zahrani. 2005. Konseling Terapi. Gema Insani Pers.
Pohan, R., & Indra, S. 2020. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kegiatan Merespon Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 17-30. doi:http://dx.doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1280
Purwanta, Edi. 2012. “Faktor yang Mempengaruhi Eksplorasi Karier Siswa SLTP”. Jurnal FIP Universitas Negeri Yogyakarta. No. 2.
Putri, R. D., & Sari, S. P. 2018. Implementation of John Holland's Career Theory in Guidance and Counseling. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 126-132.
Setyawan, Febri Endra Budi. 2017. Pedoman Metodologi Penelitian: Statistika Praktis. Zifatama Jawara.
Sitorus, M. W., Badrujaman, A., & Fitri, S. 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Permainan Terhadap Penerimaan Diri Siswa. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 18-23. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1215.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Yilmaz, Funda Nalbantoglu. 2018. Hicran Cetin Gunduz, Career Indecision and Career Anxiety in High School Students: An Investigation Through Structural Equation Modelling. Eurasian Journal of Educational Research, 78(2), 23-42.
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v7i2.8164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Wan Mariah, Yusmami Yusmami, Rizky Andana Pohan
Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :
Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.