Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa
Abstract
Stres akademik merupakan tekanan yang dirasakan oleh individu dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Fenomena yang terjadi adalah mahasiswa tidak begitu yakin dengan kemampuan yang dimiliki sehingga menyebabkan stres akademik dalam mencapai tujuan perkuliahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran self-efficacy mahasiswa serta gambaran stres akademik mahasiswa di program studi bimbingan dan konseling. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan koefisiensi variabel self-efficacy dengan stress akademik mahasiswa dikatakan signifikan dan berkorelasi negatif.
Keywords
stres akademik, self-eficacy, signifikansi
Full Text:
PDFReferences
Bandura, A. (1994). Self Efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, 77-81). New York: Academic Press.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy, The Exercise of zControl, new York: W.H. Freeman and Company.
Sarafino, E.P. 2006. Health Psychology Biopsychosocial Interactions (5th ed). USA : John Willey & Sons Inc.
Siregar, I.K., & Yusuf, A.M. (2016). Perbedaan Kebutuhan Berafiliasi Siswa Berprestasi Tinggi dan Siswa Berprestasi Rendah di SMA Negeri se-Kota Binjai dan Implikasinya dalam Pelayanan Pengembangan Bidang Kemampuan Sosial. Jurnal Mediasi, 5(02).
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ilham Khairi Siregar, Sefni Rama Putri















